taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Berkomunikasi Dengan Orang Baru Kenal Dan Manfaatnya Untuk Karir Anda

Tips Berkomunikasi Dengan Orang Baru Kenal Dan Manfaatnya Untuk Karir Anda 

Berinteraksi dengan orang yang baru dikenal memang bukanlah perkara mudah. Tak sedikit yang sering merasa kikuk dan bingung bagaimana cara yang baik untuk memulainya. Meski demikian, berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal bisa memberikan banyak hal positif.
Tips Berkomunikasi Dengan Orang Baru
Salah satunya Anda bisa mendapatkan relasi baru, hal tersebut bisa menjadi sangat menguntungkan. Terlebih jika orang yang baru Anda kenal merupakan orang dengan background yang luar biasa. Bukan tidak mungkin Anda bisa menjalin hubungan yang baik bukan?

Memang bukanlah perkara mudah memulai percakapan dengan orang yang baru dikenal. Banyak orang yang seringkali merasa bingung hingga mati kutu dan tidak tahu harus melakukan apa.

Jika Anda termasuk orang yang demikian, maka ada baiknya Anda menyimak informasi yang akan disampaikan pada artikel kali ini. Tips berkomunikasi dengan orang baru kenal di bawah ini siapa tahu bisa membantu Anda mengatasi perasaan canggung hingga merasa kikuk ketika berinteraksi tersebut.

Tips Berkomunikasi Dengan Orang Baru Kenal

1. Kumpulkan Keberanian Diri

Memulai sesuatu hal tentu akan terasa semakin mudah jika Anda memiliki keberanian yang cukup untuk memulainya. Begitu juga ketika hendak berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal. Sebelum mengambil Langkah lanjutan lainnya, cobalah untuk mengumpulkan keberanian yang cukup.

Apabila Anda merasa diri Anda sudah cukup berani untuk lanjut ke Langkah lainnya maka lakukanlah Langkah lanjutan tersebut. Berbekal keberanian yang telah dikumpulkan sebelumnya, proses komunikasi yang dilakukan akan terasa lebih menyenangkan.

2. Tunjukan Keberanian Dan Kepercayaan Diri Anda

Tips berkomunikasi dengan orang baru kenal selanjutnya adalah dengan menunjukan semua kepercayaan diri dan keberanian yang telah Anda kumpulkan sebelumnya. Dengan menunjukkan kedua hal ini di awal proses komunikasi yang Anda jalin, Anda akan merasa lebih luwes dan leluasa untuk memulai percakapan.

Pun demikian juga ketika obrolan dimulai, Anda akan merasa lebih mudah untuk bertanya kepada lawan bicara yang baru Anda kenal tersebut. Lebih dari itu, hal ini juga akan memberikan kesan yang baik untuk Anda dari orang yang Anda ajak bicara.

3. Berikan Pertanyaan Sederhana

Karena Anda dan lawan bicara merupakan dua pihak yang pada dasarnya baru kenal, maka melontarkan sejumlah pertanyaan yang sifatnya sederhana dan tidak memberatkan lawan bicara sangat dianjurkan. Sangat tidak mungkin bukan jika Anda memulai percakapan dengan orang baru menggunakan sejumlah pertanyaan yang mendalam?

Hal tersebut justru akan membuat lawan bicara Anda tidak nyaman, karena biasanya orang baru kenal hanya akan saling melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang tidak terlalu personal. Anda bisa memulai dengan pertanyaan perihal apa saja yang tengah booming saat ini. Dengan begitu, pertanyaan lanjutan dan obrolan bisa lebih mengalir.

4. Perhatikan Kontak Mata

Ini menjadi salah satu poin yang tak kalah penting dari sebelumnya. Dalam hal berkomunikasi berkontak mata dengan lawan bicara tentu menjadi sebuah keharusan. Biasanya interaksi akan lebih terasa menarik jika Anda menatap mata lawan bicara. 

Meski dalam hal ini Anda melakukan interaksi dengan orang baru kenal dan merasa kurang cukup percaya diri untuk menatap kedua matanya, namun percayalah hal ini akan menjadi Langkah yang sangat baik. Dengan melakukan kontak mata tersebut, lawan bicara akan merasa sangat dihargai dan didengarkan ketika mereka menyampaikan gagasannya.

5. Jangan Lupa Senyum

Tips berkomunikasi dengan orang baru kenal lainnya adalah tersenyum. Senyum bisa memberikan kesan diri yang ramah. Terlebih ketika Anda baru kenal dengan seseorang dan merasa cukup kikuk untuk mulai berkomunikasi, maka tersenyum bisa membuat suasana lebih mencari dan kecanggungan pun bisa terhindari.

6. Rileks Dan Kuasai Situasi

Rileks, tenang dan penguasaan situasi yang baik juga bisa melancarkan proses komunikasi yang Anda lakukan. Meski akan terasa cukup sulit untuk melakukan hal ini dengan orang baru, tetapi percayalah jika Anda berhasil melakukannya, maka dampak luar biasa bisa Anda rasakan.

Santay dan rileks saja ketika berbicara dan cobalah untuk bisa menguasai situasi pada saat melakukan interaksi tersebut. Dengan demikian, Anda bisa menhindarkan diri dari kesalahan ucap atau kurang nyambung ketika diajak komunikasi dengan orang baru tersebut.

7. Tunjukan Ketertarikan Anda

Memulai interaksi atau komunikasi dengan orang baru pasti bermula dari ketertarikan bukan? Ketika Anda memiliki kesempatan untuk kemudian berkomunikasi dengan satu sama lain, maka cobalah untuk menunjukkan ketertarikan Anda kepada lawan bicara.

Hal ini bisa dilakukan dengan menunjukkan gestur dan mimic wajah yang baik. Ketertarikan seseorang bisa dilihat dari gestur yang ditonjolkan ketika komunikasi berlangsung. Untuk membuat lawan bicara merasa nyaman dan lebih tertarik untuk berinteraksi dengan Anda,maka coba lebih perhatikan poin yang satu in iya.

8. Cari Tahu Kesamaan Anda

Dengan mencoba mencari tahu kesamaan Anda dengan lawan bicara, maka proses komunikasi yang dilakukan bisa terjalin cukup lama. Seseorang akan semakin tertarik berkomunikasi jika memiliki kesamaaan antara satu dengan yang lainnya. Begitu juga bagi Anda, meski baru kenal sekalipun, taka da salahnya untuk mencari tahu hal apa yang sekiranya sama-sama digemari.

Keuntungan Berkomunikasi Dengan Orang Baru Kenal

1. Menambah Relasi

Menambah relasi bisa menjadi salah satu keuntungan dari berkomunikasi dengan orang baru kenal. Hal ini tentunya bisa membawa peluang yang lebih besar bagi Anda, contohnya dalam karir. Jika lawan bicara Anda merupakan orang dengan background yang mencengangkan maka siapa sangka Anda bisa mendapatkan relasi bisnis atau peluang karir yang lebih besar lagi.

2. Menambah Wawasan

Pada umumnya setiap orang pasti memiliki kemampuan atau penguasaan skill tertentu. Jika kemudian Anda mencoba berkomunikasi dengan orang baru, dan kebutulan orang tersebut merupakan orang yang expert di bidang tertentu, maka bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan wawasan baru dari bidang yang ia kuasai. Hal ini akan membuat Anda semakin berwawasan, terlebih jika skill tersebut merupakan hal yang cukup asing bagi Anda.

3. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik bukanlah hal yang mudah. Oleh karena itulah, memiliki kesempatan untuk berkomunikasi dengan orang baru kenal akan membuat Anda menjadi terbiasa. Dengan begitu, secara tidak Anda sadari kemampuan berkomunikasi yang Anda miliki bisa lebih terlatih.

Semakin terlatih dan baik cara berkomunikasi yang Anda miliki, maka akan semakin baik juga peluang yang bisa mendatangi Anda nanti. Seseorang dengan kemampuan komunikasi yang baik, pasti akan dibutuhkan oleh banyak pihak. Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengimprove karir Anda tentunya.

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Dengan mengikuti sejumlah tips berkomunikasi dengan orang baru kenal di atas tadi, Anda bisa lebih merasa percaya diri dan terhindar dari rasa bingung ketika hendak melakukan interaksi tersebut. Tips di atas juga bisa Anda manfaatkan dalam dunia kerja yang baru saja Anda jajaki. 
Related Posts