taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Beberapa Prinsip Etika Komunikasi Dalam Bisnis

Inilah Beberapa Prinsip Etika Komunikasi Dalam Bisnis

Komunikasi bisnis adalah proses pertukaran informasi antar suatu individu atau kelompok kepada individu atau kelompok lainnya dalam dunia bisnis. Komunikasi merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan utamanya dalam dunia bisnis untuk mencegah kesalahpahaman, sehingga tidak muncul berbagai permasalahan bisnis yang terjadi. 
Prinsip Etika Komunikasi
Di dunia bisnis Anda akan berkomunikasi dengan menggunakan berbagai cara, selain dengan berbicara Anda akan berkomunikasi dengan visual, surat, iklan dan lainnya. Semua kegiatan komunikasi di dunia bisnis harus benar-benar memperhatikan prinsip-prinsip komunikasi. Berikut di bawah ini prinsip etika komunikasi dalam bisnis yang perlu Anda pelajari. 

Apa Itu Etika Komunikasi Dalam Bisnis?

Etika komunikasi dalam bisnis sangat penting untuk dipegang bagi Anda para pengusaha atapun karyawan suatu perusahaan. Menggunakan komunikasi bisnis yang etis merupakan kunci dalam membangun hubungan bisnis yang baik, menerapkan nilai-nilai sosial yang positif dan terhindar dari konflik yang rumit. 

Pengertian dari etika komunikasi dalam bisnis adalah kumpulan prinsip atau standar etika dalam dunia bisnis terhadap prilaku individu ataupun perusahaan. Dengan memperhatikan prinsip dan standar etika dalam berkomunikasi akan adanya validitas kebenaran dan kesalahan yang akan dirasakan oleh individu atau perusahaan lainnya. 

Prinsip Etika Komunikasi Dalam Bisnis

Dalam berkomunikasi di dunia ada prinsip-prinsip etika yang perlu Anda pertimbangkan, diantaranya pertama ada kejujuran yang berarti tidaak menyembunyikan dan tidak mengubah suatu informasi ataupun fakta yang terjadi dalam bisnis Anda. Tanggung jawab yang berarti Anda siap mempertanggung jawabkan atas tindakan dan prilaku Anda dalam berkomunikasi. 

Selain dua hal tadi Anda juga harus memperhatikan integritas yang berarti tindakan dan prilaku Anda harus konsisten dan memegang nilai-nilai moral yang baik. Empati yang berarti Anda mampu merasakan dan memahami apa yang terjadi pada orang lain. Sedangkan penghormatan berarti Anda harus bisa menghargai segala jenis perbedaan dalam dunia bisnis.

Etika Berkomunikasi Dalam Berbisnis 

Etika berkomunikasi dalam berbisnis memang cukup banyak. Di bawah ini adalah beberapa etika berkomunikasi dalam berbisnis yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan.

1. Antusias Ketika Berkomunikasi

Ketika ada yang memberikan informasi kepada Anda dalam kegiatan bisnis maka bersikaplah antusias, dengan mendengarkan seksama, menunjukan ketertarikan saat lawan bicara menjelaskan atau menasihati kepada Anda. menyimak dan memberikan pendapat ataupun saran jika informasi yang diberikannya diperlukan pendapat dan saran Anda. 

2. Penggunaan Bahasa yang Sesuai

Pemilihan bahasa dalam berkomunikasi merupakan sorotan utama yang digunakan baik oleh karyawan dan antar karyawan ataupun dengan pimpinan. Dalam berkomunikasi bisnis ada baiknya menggunakan bahasa yang formal  karena akan memberikan kesan saling menghargai antar individu.

3. Menggunakan Bahasa Tubuh dan Wajah yang Sesuai

Dalam berkomunikasi yang akan diperhatikan oleh lawan bicara tidak hanya pemilihan bahasa Anda dalam berinteraksi, melainkan ekspresi wajah ketika lawan berbicara. Perlu kehati-hatian dalam memperlihatkaan bahasa dan ekspresi wajah dan tubuh Anda agar tidak menimbulkan konflik dan menyinggung lawan bicara.

4. Menggunakan Intonasi Suara yang Jelas

Jika Anda ingin komunikasi Anda dengan pimpinan, rekan kerja atau dengan client berjalan lancar, maka kuncinya adalah menggunakan intonasi yang jelas. Karena pesan tidak diterima dengan baik atau bahkan timbul kesalahpahaman ada kemungkinan disebabkan oleh intonasi suara yang tidak jelas. 

5. Tidak Berbicara dengan Arogan

Ketika lawan berbicara didengarkan dengan baik, tatapan mata dan ekspresi waja yang sesuai merupakan kunci berjalannya suatu komunikasi. Tetapi kesuksesan dalam berkomunikasi adalah dalam menanggapi atau ketika Anda memberikan saran terhadap topik yang sedang dibicarakan. Maka hindarilah bersikap arogan ketika Anda berbicara kepada lawan bicara. 

6. Menerapkan Sikap Profesionalisme

Ketika Anda berkomunikasi dengan lawan jenis, bersikaplah profesional. Dengan tidak mencampurkan kehidupan pribadi kedalam pekerjaan, Anda sudah bersikap profesional. Hal ini juga akan membuat Anda lebih dihargai oleh atasan, rekan kerja ataupun rekan bisnis Anda. Tidak bersikap profesional akan mengganggu kinerja dan keberhasilan Anda dalam dunia bisnis. 

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah prinsip etika komunikasi dalam bisnis. Prinsi-prinsip dan etika berkomunikasi di atas harus Anda pertimbangkan dan terapkan untuk kesuksesan dan berjalannya bisnis Anda. Dengan menerapkan hal-hal di atas, bisnis Anda akan semakin profesional dan mudah dikenal dengan etika bisnis yang baik. Semoga informasi di atas bermanfaat dan bisnis Anda berjalan dengan lancar.
Related Posts