taupasar.com

we read, we create and we share it.

Seperti Apa Usaha Food Truck? dan Contoh Konsepnya yang Recomended Bagi Anda

Seperti Apa Usaha Food Truck? dan Contoh Konsepnya yang Recomended Bagi Anda

Analisis usaha food truck dapat menjadi pencerahan bagi Anda yang masih bingung hendak membuka usaha apa. Karena usaha kuliner merupakan salah satu usaha yang selalu diminati dan berkembang sepanjang waktu. Karena selama masih hidup manusia pasti memerlukan makanan.
Usaha Food Truck
Bisa dikatakan usaha ini merupakan sebuah usaha yang tidak pernah mati dan senantiasa kaya aka inovasi.  Salah satu inovasinya adalah mengenai konsep usaha yang diterapkannya, dan salah satunya yang sedang hits di Indonesia adalah usaha food truck.

Sekilas Mengenal Usaha Food Truck yang Makin Marak

Sebenarnya food truck sendiri bukanlah sesuatu yang baru, terutama bagi orang yang tinggal di kota-kota besar. Misalnya di Bandung, Jogja, Jakarta, Semarang, Surabaya dsb. Keberadaan kuliner dengan food truck ini sudah memberikan warna baru dalam dunia kuliner Indonesia.

Hal ini terjadi akibat memenuhi kebutuhan masyarakat kota besar yang cenderung dikejar oleh waktu. Sehingga sangat menyukai hal-hal yang praktis, yang tidak banyak menghabiskan waktu dalam mendapatkan makanan yang disukai.

Food truck biasanya menggunakan konsep makanan cepat saji yang fresh dan penataan yang cantik. Berdasarkan analisis usaha food truck, mayoritas usaha ini adalah menawarkan menu makanan dan minuman yang praktis dan tidak merepotkan konsumennya. Sehingga dapat dikatakan peluang usaha kuliner food truck masih sangat baik.

Peluang Usaha Food Truck yang Layak Dipertimbangkan

Sebelum pada akhirnya menjadi salah satu trend yang berkembang di Indonesia, food truck sudah lebih dulu menjadi trend dan berbagai belahan dunia. Terutama di kota-kota negara Amerika dan Eropa, serta merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan.

Akibat dari globalisasi, tidak heran kalau pada akhirnya Indonesia tidak ketinggalan jaman dengan fenomena bisnis yang satu ini. Sehingga sekarang hampir di setiap sudut kota besar di Indonesia dapat menemukan food truck dengan mudah.

Berdasarkan analisis usaha food truck, kebanyakan yang menyukai kulineran ala food truck ini adalah anak-anak muda yang masih senang nongkrong dengan teman-temannya. Karena memberikan pengalaman baru dalam menikmati kuliner yang santai dan asyik.

Rata-rata konsep usaha ini cukup disukai masyarakat dan respon yang positif dari konsumen. Bisa dibuktikan dari banyaknya jumlah pengunjung dan jam operasional yang cukup singkat. Baru saja buka tidak lama kemudian sudah beres-beres karena makanan yang dijajakan habis dalam waktu yang cepat.

Hal yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Memulai Usaha Food Truck

Food truck memang langkah paling mudah untuk memulai usaha kuliner yang Anda impikan. Namun sebelum memulainya Anda harus mempersiapkan beberapa hal penting agar dapat berjalan dengan lancar.

Sesuai dengan analisis usaha food truck, maka beberapa hal penting yang harus diketahui adalah lokasi, menu, dan pemasaran. Dimana ini merupakan bagian integral dari usaha food truck sehingga sebelum memulai usaha ini Anda harus mengetahui mengenai perizinan usahanya.

Serunya lagi, food truck ini sudah melakukan perubahan cara pemasaran usaha kuliner dengan menggunakan pemasaran digital, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Berkat revolusi ini sehingga dapat menjangkau pelanggan dengan cara-cara baru dan inovatif.

Tiga hal penting yang dapat Anda ketahui tentang usaha food truck adalah sebagai berikut:

1. Lokasi

Hal paling menguntungkan dari food truck dibandingkan dengan restoran biasa adalah caranya membawa makanan ke konsumen. Meskipun cukup fleksibel, tidak lantas dapat berjualan dimana saja ada beberapa perizinan yang harus didapatkan.

2. Makanan lebih beragam

Kalau pada awal kemunculannya di Indonesia, food truck lebih mengusung konsep makanan western alias makanan ala barat. Sekarang food truck di Indonesia menyajikan beragam makanan yang lebih variatif, mulai menu khas Indonesia sampai dengan makanan ala Jepang dan Korea.

3. Mengandalkan social media

Kebanyakan para pelaku usaha Food truck mengandalkan social media untuk membesarkan usahanya. Berdasarkan analisis usaha food truck, media sosial sangat berpengaruh untuk aktivitas iklan dan pemasaran.

Karena beberapa media sosial seperti Facebook dan Twitter memungkinkan pengusaha food truck melakukan postingan harian sekaligus membagikan lokasi. Kemudian untuk platform lain seperti Instagram dapat digunakan untuk berbagi foto dan video menu untuk para pelanggan.

Menggunakan kemajuan teknologi ini akan dapat membuat food truck dapat terhubung dengan seluruh konsumen dimanapun berada. Sehingga dapat dikatakan langka inis angat efektif dalam mempercepat perkembangan usaha yang dilakukan.

Inspirasi Konsep Food Truck di Indonesia 

Beberapa variasi menu yang disukai banyak orang untuk dijadikan inspirasi menu food truck ini perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis food truck. Pastikan juga konsepnya seperti apa yang ingin Anda terapkan pada food truck Anda. Beberapa ide makanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Es Krim

Rekomendasi yang pertama adalah es krim yang merupakan makanan yang disukai oleh semua orang, baik tua maupun muda. Sehingga berjualan menu es krim dengan sedikit variasi yang unik akan membuka peluang sukses dengan cepat lebih terbuka.

2. Burger

Jaman sekarang banyak orang yang menyukai makan burger saat mendadak merasa lapar dalam perjalanan. Kareena burger termasuk jajanan yang banyak dijadikan jualan oleh pedagang lain, maka Anda dapat membuat menu unik yang berbeda, misalnya burger sehat, burger double cheese dan lain sebagainya.

3. Barbekyu

Makanan yang dipanggang atau barbekyu juga merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang. Menu ini juga salah satu menu yang sering digunakan oleh para pengusaha food truck seperti bakso bakar, sosis bakar atau sate.

Perkiraan Modal Usaha Food Truck 

Setelah mempelajari berbagai hal mengenai food truck di atas maa sekarang saatnya mulai mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan. Untuk dapat membangun gerai food truck Anda sendiri maka Anda membutuhkan perkiraan modal usaha food truck sebagai berikut:

1. Rincian Modal Bisnis Food truck

Agar dapat memulai usaha food truck, maka Anda memerlukan modal awal agar usaha dapat segera dijalankan. Dibawah ini adalah beberapa gambaran modal awal usaha bisnis food truck yang perlu Anda ketahui dengan detail.
  • Modal peralatan dan perlengkapan food truck:
  • Mobil box: Rp 70 juta
  • Fast food display hangat: Rp 5 juta
  • Alat untuk masak (deep fryer, wajan besar, dll): Rp 4 juta
  • Soda Maker: Rp 2 juta
  • Kompor gas + selang regulator: Rp 1 juta
  • Kulkas mini: Rp 1,5 juta
  • Meja dan kursi: Rp 4 juta
  • Peralatan untuk makan (piring, gelas, sendok): Rp 1,5 juta
  • Stok bahan makanan: Rp 2 juta
  • Genset: Rp 3 juta
  • Total investasi awal (DI) sekitar Rp 94.000.000,00
  • Biaya untuk operasional: Rp 3 juta / bulan
  • Upah karyawan: Rp 1,5 juta / bulan
  • Biaya lain-lain: Rp 2 juta / bulan
  • Total biaya operasional (TB) Rp 6.500.000,00
Perhitungan diatas tidaklah mutlak hanya sebagai gambaran saja, karena berbagai peralatan dapat menggunakan yang ada di rumah. Sehingga tidak perlu beli baru agar dapat menghemat anggaran.

2. Perhitungan Keuntungan

Kemudian mengenai perkiraan perhitungan BEP (Break Event Point) yang dapat diperoleh gambarannya adalah sebagai berikut:
  • Omzet 1 bulan: Rp 30.000.000,00
  • Total biaya operasional (TB): Rp 6.500.000,00
  • Laba (Omzet-TB) Rp 23.500.000,00
  • Omset 1 bulan 30 juta jika perkiraan penjualan yang didapatkan dalam satu hari mencapai 1 juta 
Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikianlah analisis usaha food truck yang dapat Anda pelajari sebelum memulai usaha ini. Sehingga dapat menjalankan usaha dengan baik dan lancar, selamat mencoba!
Related Posts