taupasar.com

we read, we create and we share it.

Apa Saja Bisnis yang Akan Bertahan 10 Tahun ke Depan? Inilah Jawabannya!

Apa Saja Bisnis yang Akan Bertahan 10 Tahun ke Depan? Inilah Jawabannya!

Di era yang terus berubah dan penuh tantangan ini, banyak pengusaha atau calon wirausahawan yang bertanya-tanya tentang bisnis yang akan bertahan 10 tahun ke depan itu apa saja? Bisnis ini diharapkan memiliki potensi bertahan dalam jangka waktu panjang.
Bisnis yang Akan Bertahan 10 Tahun
Apalagi saat ini kemajuan teknologi, perubahan tren konsumen, dan juga persaingan yang semakin ketat penting untuk memilih bisnis yang memiliki pondasi kuat, sehingga mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Nah, pada artikel ini kami akan membahas mengenai jenis bisnis apa saja yang diharapkan berkembang dalam waktu 10 tahun ke depan.

7 Bisnis yang Akan Betahan 10 Tahun ke Depan

Terdapat beberapa jenis bisnis yang memiliki potensi bertahan dalam jangka waktu 10 tahun ke depan. Berikut ini beberapa contohnya :

1. E-commerce

E-commerce telah menjadi salah satu industri yang mengalami pertumbuhan pesat dalam beberapa tahun terakhir, dan tren ini diperkirakan akan berlanjut dalam 10 tahun ke depan. Apalagi jumlah pengguna internet juga terus meningkat di seluruh dunia. Semakin banyak orang yang terhubung secara online, maka semakin besar pasar potensial bagi bisnis ini.

Dalam 10 tahun ke depan, akses internet yang lebih luas dan cepat akan memungkinkan lebih banyak orang melakukan pembelian online. Pola belanja konsumen juga mengalami pergeseran signifikan menuju pembelian online. Lebih banyak orang yang lebih nyaman dan terbiasa berbelanja melalui platform e-commerce.

Jika Anda tertarik dengan bisnis ini, penting untuk memperhatikan aspek-aspek keamanan data, kepercayaan konsumen, logistik yang efisien, dan pelayanan pelanggan yang baik. Untuk memastikan kesuksesan bisnis e-commerce dalam jangka waktu panjang, Anda juga harus terus berinovasi mengikuti tren pasar, dan menawarkan pengalaman belanja yang lebih baik bagi konsumen.

2. Pendidikan Online

Kenapa pendidikan online? Sebab, pendidikan online memberikan aksebilitas bagi seseorang yang sebelumnya sulit mengakses pendidikan tradisional, seperti mereka yang tinggal di daerah terpencil atau memiliki keterbatasn fisik, dengan pendidikan ini lebih fleksibel secara waktu dan tempat, sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan jadwal dan kebutuhannya.

Selain itu, pendidikan online memungkinkan konsep pembelajaran seumur hidup yang penting dalam dunia yang terus berkembang. Seseorang dapat mengakses kursus, pelatihan, dan sumber belajar lainnya secara online untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kapanpun.

Contoh pendidikan online yaitu Anda dapat menawarkan kursus atau pelatihan dalam suatu bidang yang dikuasai. Sediakan materi pembelajaran dalam bentuk video, presentasi, tes dan tugas yang bisa diakses peserta didik secara mandiri.

3. Industri Makanan dan Minuman

Bisnis yang akan bertahan 10 tahun ke depan yaitu industri makanan dan minuman. Permintaan akan makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak akan berkurang dalam jangka waktu lama, meskipun trend dan preferensi konsumen dapat berubah seiring waktu, namun kebutuhan dasar untuk makanan dan minuman akan selalu ada.

Contohnya, bisnis restoran yang fokus pada makanan sehat akan terus menjadi pilihan populer di masa depan. Restoran menawarkan pilihan menu sehat, organik dan ramah lingkungan akan menarik konsumen yang peduli dengan kesehatan.

Dengan gaya hidup sibuk, masyarakat juga semakin mengandalkan makanan siap saji dalam pengirimannya. Bisnis yang menyediakan makanan berkualitas tinggi, baik siap saji sehat atau makanan khas lokal yang dikemas dengan praktis akan tetap menjadi pilihan di masa depan.

Dalam industri makanan dan minuman harus terus beradaptasi dengan tren pasar, menjaga kualitas produk, dan memperhatikan kebutuhan konsumen supaya bisnis terus bertahan dalam jangka waktu lama.

4. Pariwisata

Minat terhadap perjalanan dan eksplorasi destinasi baru terus tumbuh di kalangan masyarakat. Banyak orang semakin menghargai pengalaman dan petualangan yang ditawarkan oleh pariwisata. Itulah kenapa dalam 10 tahun ke depan, permintaan pariwisata juga diprediksi akan terus meningkat, terutama dari segmen masyarakat yang memiliki pendapatan lebih untuk rekreasi dan penjelajahan.

Disamping itu, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga telah mengubah cara orang merencanakan, memesan, dan mengakses pemesanan tiket, reservasi akomodasi, dan aktivitas wisata menjadi lebih mudah dan cepat.

Anda dapat memulai agensi perjalanan wisata yang menawarkan paket perjalanan lengkap, termasuk akomodasi, transportasi, dan aktivitas wisata. Ada beberapa ide wisata lainnya yaitu tour operator, homestay, atau menyelenggarakan kegiatan yang terkait dengan kuliner.

5. Industri Hiburan Digital

Industri digital merupakan segmen industri yang berfokus pada produksi, distribusi, dan konsumsi konten hiburan melalui platform digital. Hal ini mencakup berbagai bentuk hiburan seperti film, acara TV, musik, permainan video, podcast, buku elektronik, komik digital, dan konten kreatif yang dapat diakses melalui smartphone atau komputer.

Beberapa faktor kenapa industri hiburan digital diprediksi akan terus bertahan bahkan hingga 10 tahun ke depan diantaranya permintaan akan konten digital saat ini terus meningkat seiring perkembangan teknologi dan akses internet yang semakin luas.

Masyarakat semakin bergantung pada platform digital untuk mengakses hiburan seperti film, acara TV, podcast, buku elektronik, dan video. Dalam bisnis ini, Anda dapat menghasilkan konten digital yang menarik dan bekerja sama dengan mereka yang memiliki produk.

6. Industri Mode

Industri mode terkait dengan produksi, desain, pemasaran pakaian, aksesoris dan lain-lain. permintaan akan produk mode terus ada, karena pakaian dan aksesoris merupakan kebutuhan dasar manusia. Orang akan membutuhkan pakaian baik untuk melindungi atau mengekspresikan diri. Walaupun tren berubah, namun permintaan akan mode akan tetap ada.

Sebagai ide bisnis mode, Anda dapat fokus pada pakaian berkelanjutan yang meliputi bahan ramah lingkungan. Ini berarti menggunakan serat alami seperti katun organik, rami atau sutra yang tumbuh tanpa penggunaan pestisida kimia.

Perhatikan juga produk produksinya, pertimbangkan penggunaan energi dan air secara efisien, pengurangan limbah dan penggunaan bahan kimia yang aman. Dengan diproduksi secara baik dapat memastikan umur pakai yang lebih lama.

7. Energi Terbarukan

Energi terbarukan juga dikenal dengan sebagai energi bersih yang diperoleh dari sumber daya alam yang dapat diperbaharui melalui proses alam yang terus berlanjut, seperti sinar matahari, angin, air, panas bumi, dan biomassa.

Contohnya, pembangkit listrik tenaga angin. Bisnis ini bergerak dalam pengembangan, pembangunan, dan operasionalisasi turbin angin untuk menghasilkan energi listrik dari tenaga angin. Hal ini meliputi pembangunan pariwisata angin, pariwisata pantai dan pembangunan proyek angin di darat.

Atau konsultasi energi terbarukan yang menyediakan jasa konsultasi untuk membantu seseorang, perusahaan atau pemerintah dalam memahami, merencanakan dan mengimplementasikan solusi energi terbarukan.  

Dapatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:

1. 

2.

3.

4.

Menjelang masa depan yang tidak pasti, ada beberapa bidang bisnis yang akan bertahan bertahan 10 tahun ke depan. Namun, penting untuk diingat bahwa jaminan kesuksesan di bisnis apapun. Perubahan teknologi, tren pasar, perubahan kebijakan dan faktor-faktor lain dapat mempengaruhi keberhasilan bisnis dalam jangka panjang. Semoga berhasil ya!
Related Posts