taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis dan Tahapan Proses Bisnis Finance

Inilah Pengertian, Fungsi, Jenis-jenis dan Tahapan Proses Bisnis Finance

Setiap membangun suatu usaha pasti akan menghadapi berbagai tantangan dan hambatan bisnis yang berbeda-beda. Maka sangat dibutuhkan rancangan bisnis yang matang untuk menjalankannya. Dalam proses kegiatan bisnis Anda perlu dimulai dengan merancang tujuan dan strategi bisnis. Rancangan tersebut akan memudahkan  Anda dalam menentukan langkah dan pengelolaan bisnis. 
Tahapan Proses Bisnis
Pembuatan rancangan bisnis hingga sukses adalah bagian dari proses bisnis. Pembuatan rancangan ini sangat penting untuk Anda lakukan. Termasuk juga bagi Anda yang akan memulai bisnis Finance. Ada berbagai tahapan dan jenis proses bisnis yang perlu Anda fahami khususnya bagi pengusaha finance. Berikut di bawah ini proses bisnis finance yang wajib Anda fahami. 

Apa yang Dimaksud dengan Proses Bisnis Finance?

Setiap kegiatan bisnis yang bisa mengantarkan pada tujuan bisnis adalah apa yang dimaksud dengan proses bisnis. Setiap kegiatan bisnis tersebut haruslah memiliki ketentuan dan syarat tertentu. Setiap kegiatan atau proses tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, tetapi memiliki tujuan yang sama yakni mengembangkan dan mewujudkan visi dan misi perusahaan. 

Weske berpendapat bahwa  proses bisnis adalah kegiatan bisnis yang dapat dijalankan baik dengan bantuan sistem informasi maupun secara manual. Sedangkan menurut Rainer proses bisnis adalah aktivitas bisnis yang menghasilkan produk dan jasa yang dapat diperjualbelikan yang semuanya saling berhubungan. 

Jenis-jenis Proses Bisnis

Bagi Anda pebisnis pemula, ada 3 jenis proses bisnis finance yang wajib Anda tahu. Yakni proses primer, proses sekunder dan proses manajemen. Proses primer adalah semua aktivitas bisnis yang berhubungan dengan operasional yang menghasilkan nilai produk.  Dalam proses primer sendiri ada 3 proses yaitu produksi, marketing dan pelayanan kepada pelanggan. 

Tahap-tahap dalam proses bisnis primer akan memudahkan Anda dalam menawarkan produk kepada masyarakat. Sedangkan dalam proses sekunder tidak menghasilkan produk seperti di proses primer. Akan tetapi dalam proses ini Anda harus menyiapkan suatu lingkungan yang akan mendukung proses primer dalam bisnis Anda yang harus selaras dengan operasional perusahaan. 

Adapun dalam proses manajemen merupakan proses yang akan melibatkan pengawasan dan pemantauan mengenai manajemen. Proses ini juga akan melibatkan rencana strategis hingga pengelolaan operasional. Semuanya ini harus sesuai dengan tujuan perusahaan yang ingin dicapai. 

Fungsi Proses Bisnis Finance

Sebelum Anda mengetahui Tahapan-tahapan dalam proses bisnis yang perlu Anda tahu terlebih dahulu adalah fungsi dari proses bisnis itu tersendiri. Fungsi yang pertama adalah dapat membantu Anda dan karyawan ketika mendapati suatu permasalahan sehingga dapat segera dipecahkan dan ditemukan solusinya ketika kegiatan usaha sedang berlangsung. 

Fungsi yang kedua adalah dapat menginformasikan pelanggan Anda seputar produksi dan kapan suatu barang dapat tersedia dan diluncurkan. Fungsi yang ketiga adalah dapat memberikan pemahaman kepada karyawan Anda seputar tugas dan capaian hasil kerjanya. 

Tahap-tahap dalam Proses Bisnis Finance

Dalam proses bisnis ada beberapa tahap yang wajib Anda tahu dan butuh untuk dikerjakan segera. Khususnya dalam proses bisnis finance. Berikut di bawah ini tahap-tahap proses bisnis  yang wajib Anda tahu dan fahami.

1. Proses Menganalisis dan Merancang Kegiatan Bisnis

Dalam tahap awal, seorang pengusaha pemula harus mempersiapkan rangcangan-rangcangan kegiatan yang harus dikerjakan dalam satu periode tertentu, misalnya dalam satu bulan. Hal ini sangat penting agar kegiatan-kegiatan Anda dan para karyawan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan perusahaan. 

Hal yang perlu dianalisis dan dirancang contohnya mengenai menemukan nama dan brand perusahaan, mencari lokasi usaha yang strategis, pembukuan keuangan, cara dan strategi promosi produk dan jasa, cara melayani pelanggan, dan lainnya. 

2. Proses Menentukan Keputusan

Setelah Anda menganalisis dan merancang kegiatan-kegiatan apa saja yang harus dilakukan dengan waktu tertentu. Selanjutnya adalah proses menentukan keputusan. Proses ini mempertimbangkan yang berkaitan dengan biaya operasional dan efisiensi waktu sesuai dengan kebutuhan dan pengaruh terhadap kegiatan perusahaan.

3. Proses Pelaksanaan Rancangan Kegiatan

Setelah merancang dan memutuskan aktivitas perusahaan, selanjutnya adalah pelaksanaan rancangan tersebut. Jangan sampai rancangan kegiatan yang telah dibuat dan diputuskan menjadi sia-sia dan hanya sekedar wacana. 

4. Proses Evaluasi

Proses bisnis selanjutnya adalah melakukan evaluasi atas kegiatan-kegiatan yang telah terlaksana. Proses evaluasi ini bisa dilakukan satu bulan sekali, satu minggu sekali atau satu periode tertentu sesuai dengan target yang ingin dicapai. Lakukan evaluasi pada setiap kegiatan dan karyawan Anda. dan evaluasi apakah targetnya tercapai atau tidak.  

Simak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah pengertian, fungsi, jenis dan tahapan dalam proses bisnis finance yang wajib Anda fahami dan praktekan. Hal-hal di atas akan membantu Anda dalam mengembangkan dan mengelola bisnis dan karyawan perusahaan Anda sehingga tercapainya tujuan dan target perusahaan setiap periode tertentunya.  Semoga informasi di atas bermanfaat dan membantu Anda menjalankan bisnis. 
Related Posts