taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menghitung Keuntungan Bisnis Ayam Petelur Bagi Pemula

Cara Menghitung Keuntungan Bisnis Ayam Petelur Bagi Pemula

Saat ini Anda memiliki banyak pilihan jenis bisnis diberbagai bidang usaha. Salah satunya di bidang usaha ayam, Anda bisa memulai bisnis ayam petelur. Usaha ayam petelur merupakan salah satu jenis usaha yang menjanjikan di tahun 2023. 
Cara Menghitung Keuntungan Bisnis Ayam
Anda bisa memulainya dengan modal yang tidak terlalu besar. Meskipun modalnya kecil keuntungan yang akan kamu dapat justru besar. Pengusaha ayam petelur harus mengetahui cara bagaimana menghitung keuntungan dari bisnisnya. Berikut di bawah ini cara menghitung keuntungan bisnis ayam petelur.

Cara Menghitung Keuntungan Bisnis Ayam Petelur 

Anda yang pemula dalam memulai bisnis bisa mencoba bisnis yang satu ini. Ada banyak pengusaha ayam petelur yang sukses menjalankan usahanya. Tentunya mereka memiliki cara dan strategi khusus dalam menjalankan usahanya. Salah satu strategi yang mereka miliki adalah cara menghitung keuntungan. Maka di bawah ini cara menghitung keuntungan bisnis ayam petelur bagi pemula. 

1. Mengetahui Modal yang Dimiliki

Bagi seorang pengusaha pemula modal adalah yang sangat penting sebelum memulai usaha. Pastikan Anda membuat catatan berapa dan apa saja yang dijadikan modal untuk menjalankan usaha ayam petelur. Modal ini menjadi patokan apakah bisnis ayam petelur Anda berkembang ataukah malah merosot. 

Jika modal Anda terus bertambah, maka usaha Anda semakin berkembang. Modal ini awalnya bisa menggunakan tabungan yang Anda miliki, namun semakin lama Anda bisa menambah modal dari keuntungan yang didapat dari bisnis petelur. 

2. Mengetahui dan Mencatat Semua jenis Pengeluaran

Kegiatan usaha tidak akan lepas dari yang namanya pengeluaran. Setiap bulannya Anda pasti akan mengeluarkan dana untuk kegiatan usaha Anda. Misalnya membeli bibit ayam, perlatan, gaji karyawan dan lainnya. Pastikan Anda membuat jurnal khusus untuk pengeluaran. 

Jurnal khusus pengeluaran akan mempermudah Anda dalam mengetahui pengeluaran apa saja yang terjadi dalam satu bulan kegiatan usaha. Sehingga kedepannya Anda bisa meminimalisir jenis-jenis pengeluaran yang tidak penting atau yang dapat dikurangi bujet pengeluarannya. 

3. Mencatat Detail Pemasukan

Selain mencatat modal dan pengeluaran usaha, cara menghitung keuntungan bisnis ayam petelur juga penting untuk mencatat detail pemasukan dari usaha yang Anda jalankan. Pemasukan didapatkan dari semua kegiatan penjualan produk dalam usaha petelur Anda. 

Sama halnya dengan pengeluaran, Anda juga harus mencatat semua jenis-jenis transaksi pemasukan. Hitung berapa keuntungan yang Anda dapatkan setiap kali terjadi penjualan produk Anda. Dengan hal ini akan mempermudah Anda dalam menghitung berapa banyak keuntungan yang Anda dapatkan selama satu bulan kedepan. 

4. Menghitung Harga Pokok Produksi

Usaha ayam petelur merupakan termasuk usaha penjualan produk dagang. Maka bagi seorang pengusaha penting sekali untuk mengetahui harga pokok produksi dari setiap item barang dagangnya atau dalam jangka satu bulan menjalankan usaha. Berikut di bawah ini contoh menghitung harga pokok produksi dari bisnis ayam petelur.

Misalnya Anda memiliki 100 ekor ayam, satu ayam membutuhkan 100 gram pakan perhari. Maka ubah terlebih dahulu gram pakan ke bentuk harga. 100 gram dikali 100 ekor ayam, maka menjadi 10.000 gram pakan yang dibutuhkan. Jika dalam 1 kg nya seharga Rp. 6.000 maka dalam satu hari harga pokok produksi dari 100 ekor ayam sebesar Rp. 60.000.

Baik ketika mengalami keuntungan ataupun ketika mengalami kerugian cara menghitung harga pokok produksinya pun sama. Tinggal mengurangi harga jual dengan harga pokok produksi di atas. Nanti akan diketahui berapa keuntungan atau kerugian yang Anda dapatkan dalam satu hari bahkan satu bulan penuh selama menjalankan usaha ayam petelur. 

5. Menghindari Hutang

Berhutang dengan bunga yang kecil untuk bisnis mungkin menjadi solusi cepat ketika Anda membutuhkan modal yang cukup besar yang tidak Anda miliki. Tapi hal ini akan berpengaruh buruk tehadap bisnis Anda kedepannya. 

Meskipun bunga dari berhutang kecil, namun ketika Anda mengalami kerugian dan tidak bisa membayar hutang Anda. Maka hutang Anda akan semakin bertambah dan menumpuk. Sehingga Anda tidak bisa menyelesaikan hutang Anda yang kian bertambah. Jadi solusinya adalah dengan menghindari hutang hanya untuk menambah modal bisnis ayam petelur. 

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 5 cara menghitung keuntungan bisnis ayam petelur bagi pemula. Bisnis Anda dijamin akan sukses menghasilkan keuntungan puluhan juta rupiah per bulan dengan menjalankan cara-cara di atas. Tentunya semuanya perlu waktu yang tidak instan, Anda hanya perlu bersabar dan terus memperbaiki cara Anda dalam menjalan bisnis ayam petelur tersebut. 
Related Posts