taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tidak Menjadi Penghalang Menghasilkan Cuan, Berikut 7 Ide Bisnis Musim Hujan yang Menjanjikan

Tidak Menjadi Penghalang Menghasilkan Cuan, Berikut 7 Ide Bisnis Musim Hujan yang Menjanjikan

Di penghujung akhir tahun ini Indonesia memang lagi diguyur curah hujan yang tinggi, sehingga membuat orang-orang menjadi malas dan susah menjalankan bisnis mereka karena musim hujan.
Ide Bisnis Musim Hujan
Melalui informasi dari BMKG, prakiraan awal musim hujan di Indonesia akan terjadi dari bulan September hingga November 2022. Kemudian diikuti puncak musim penghujan terjadi di bulan Desember 2022 hingga Januari 2023.

Hal inilah kenapa sebagian orang ada yang membenci musim hujan, karena kehadirannya membuat segala aktivitas menjadi terbatas dan menghambat.

Tapi jangan salah, bagi sebagian orang justru musim hujan ini bisa menjadi ladang cuan sehingga bisa maksimalkan dengan membuka berbagai peluang usaha untuk menambah pemasukan kamu. Tidak semua jenis bisnis bisa dilakukan saat musim hujan ini, supaya tidak penasaran berikut ini ada 7 ide bisnis musim hujan yang dapat kamu lakukan untuk menghasilkan cuan yang banyak.

7 Ide Bisnis Musim Hujan

1. Jual Jas Hujan dan Payung

Siapa bilang musim hujan sebagai penghalang untuk mendapatkan cuan, menjual jas hujan dan payung sangat efektif dijadikan ide bisnis musim hujan yang menjanjikan. Perlu kamu ketahui jas hujan dan payung merupakan barang yang paling penting dan dibutuhkan saat musim hujan,  jas hujan sangat dibutuhkan bagi para pengendara bermotor. 

Selain jas hujan, payung juga termasuk barang yang tak kalah penting dibutuhkan saat musim hujan. Permintaan produk payung akan sangat meningkat di musim hujan. Maka dari itu, tidak ada salah nya kamu  memanfaatkan peluang ini dengan mulai menjual payung dan jas hujan untuk mendapat keuntungan kamu.

2. Buka Warung Minuman Tradisional Hangat

Selain kopi dan teh untuk menemani hari-harimu saat musim hujan, beberapa jenis minuman tradisional juga dapat menghangatkan tubuh.

Seperti minuman bandrek, wedang jahe, wedang bajigur, wedang ronde, dan sekuteng yang banyak diminati masyarakat saat musim hujan tiba. Jadi jangan lewatkan peluang ini. Peluang ide bisnis musim hujan ini pastinya jangan sampai kamu lewatkan.

3. Jasa Laundry

Saat musim hujan tiba, membuat pakaian cucian kita semakin lama kering bahkan bisa menjadi sarang penyakit karena pakaian memiliki bakteri karena masih basah dan lembab.

Maka dari itu, adanya jasa laundry ini bisa menjadi ide bisnis musim hujan berikutnya yang pastinya banyak dicari pelanggan. Umumnya pemilik jasa laundry ini memiliki mesin cuci dan pengering yang lebih canggih. Sehingga bisa membersihkan dan mengeringkan pakaian lebih cepat.

Maka tak heran jika jasa laundry sangat dibutuhkan saat di musim hujan sehingga pakaian mereka bisa dicuci dan dipakai tepat waktu. Meski tak perlu mengandalkan sinar matahari. Membuka bisnis laundry ini  membutuhkan modal usaha yang cukup. Karena perlu berinvestasi pada mesin cuci, pengering, dan alat lain untuk merawat pakaian pelanggan kamu.

Kamu bisa mematok harga per jenis pakaian atau per kilogram. Selain itu,  bisa juga menyediakan layanan antar saat membuka jasa laundry. Sehingga membuat pelanggan kamu mendapatkan pakaiannya kembali usai laundry tanpa harus ke tokomu.

4. Alas Kaki Tahan Air

Musim hujan datang membuat sepatu kesayangan kamu mau tidak mau ikut basah bahkan kotor, apalagi beraktivitas dengan sepatu atau sendal yang basah menjadi sarang bakteri untuk kaki kamu.

Maka tidak ada salah nya kamu menjual barang tahan air terutama untuk alas kaki sebagai ide bisnis musim hujan seperti sepatu boots, sehingga saat melakukan aktivitas di luar ruangan kaki kamu tetao kering dan bersih.

Agar sepatu yang kamu jual bisa lebih menarik lagi, sediakan juga berbagai model dan ukuran dari calon pembeli. Pilihlah alas kaki yang memang nyaman saat dipakai dan tidak sakit apabila digunakan saat berjalan.

Kamu juga bisa menyesuaikan sepatu tersebut berdasarkan gender dengan warna yang cocok dan menarik untuk pria atau wanita. Selain itu, cobalah untuk pilih alas kaki yang memiliki teknologi anti slip agar tidak licin saat dikenakan.

5. Tanaman Pengusir Nyamuk

Tahukah kamu, saat musim hujan tiba bisa membuat sarang nyamuk di rumah kamu sehingga kamu bisa terjangkit penyakit malaria bahkan DBD. menjalankan usaha jual tanaman pengusir nyamuk menjadi ide bisnis musim hujan yang belum banyak orang yang tahu, padahal jenis bisnis ini memiliki peluang besar dan menjanjikan.

Kondisi hujan membuat timbulnya genangan air yang menjadi media berkembang biak para nyamuk. Hal inilah yang menjadi penyebab jumlah nyamuk lebih banyak dibandingkan musim kemarau.
Jadikan momen ini sebagai peluang untuk berjualan tanaman pengusir nyamuk. Ada beragam jenis tanaman yang bisa kamu pilih untuk dijual, seperti lavender, serai wangi, rosemary, dan lain-lain.

Untuk memulai bisnis ini kamu bisa membeli sejumlah bibit tanaman dan menyemai pada media gembur dan lembab. Umumnya harga bibit tak lebih dari Rp 700 per 25 pcs.

6. Jual Makanan Berkuah

Saat musim hujan datang makanan berkuah dan hangat menjadi pilihan banyak orang, sehingga membuat suasana lebih sejuk meskipun dinginnya dari musim hujan. Musim hujan juga membuat perasaan lapar terus menghantui, karena dalam  cuaca dingin dan berangin inilah yang membuat rasanya sangat pas menyantap makanan yang berkuah dan panas. 

Ada berbagai jenis makanan yang bisa kamu jadikan ide bisnis musim hujan ini seperti bakso, mie ayam, mie kuah, soto, hingga berbagai macam sup. Buat kamu yang tertarik dengan bisnis ini,  dapat memulai dengan modal yang tak terlalu besar kurang lebih Rp 6 jutaan atau Rp 4 jutaan, kamu sudah bisa memulai bisnis makanan ini sebagai ladang cuan.

7. Bisnis Camilan

Selain makanan yang berat berat, sebagian orang juga bisa menjadikan camilan ini sebagai ide bisnis musim hujan. Apalagi bisnis ini termasuk yang sangat menjanjikan. Biasanya, saat musim hujan membuat seseorang lebih mudah lapar sehingga keinginan untuk makan lebih meningkat dari hari biasnya.

Dengan mengonsumsi camilan ini bisa menjadi solusinya saat kamu dilanda lapar saat musim hujan. Kamu juga dapat memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis makanan ringan sehingga bisa menambah pemasukan kamu.

Ada banyak jenis camilan yang bisa kamu coba untuk dijual. Misalnya gorengan yang nikmat disantap saat hangat atau aneka keripik renyah yang pedas.

Simak juga sejumlah artikel menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Nah, itulah 7 rekomendasi ide bisnis musim hujan yang dapat kamu lakukan sebagai ladang cuan kamu, semoga informasi ini bisa menjadi referensi kamu yang sedang mencari ide bisnis musim hujan.
Adanya keberhasilan dan kegagalan dalam berbisnis itu ditentukan oleh seberapa baik yang kamu rencanakan pada awalnya. 

Jadi, dalam memulai bisnis, fleksibilitas harus selalu diperhatikan. Kamu bisa buka jasa online, mengingat terbatasnya aktivitas orang untuk pergi ke luar.
Related Posts