taupasar.com

we read, we create and we share it.

12 Cara Mengembangkan Usaha Buatan Tangan di Media Sosial yang Efektif

12 Cara Mengembangkan Usaha Buatan Tangan di Media Sosial yang Efektif

Jika saat ini Anda memiliki usaha buatan tangan, namun bingung cara mengembangkan usaha buatan tangan tersebut. Maka, salah satu cara efektif yaitu menggunakan media sosial. Tentu saja, pemasaran di media sosial memberikan menawarkan banyak manfaat untuk menghubungkan Anda dengan konsumen yang lebih efektif.
Cara Mengembangkan Usaha
Usaha buatan tangan sendiri termasuk kegiatan usaha yang fokus, inovasi dan kreasi. Dikutip dari laman kemenperin.go.id, industri kreatif masih menjadi industri yang dianggap potensial dan Indonesia kaya akan budaya dan tradisi yang dapat menjadi sumber kreativitas.

Berikut 12 Cara Mengembangkan Usaha Buatan Tangan 

Bagaimana cara mengembangkan usaha buatan tangan di media sosial yang efektif? Untuk mengetahui jawaban tersebut, Anda perlu menyimak ulasan berikut ini:

1. Menentukan Tujuan 

Ketika menggunakan media sosial untuk mengembangkan usaha kerajinan tangan, awali dengan menentukan tujuan terlebih dahulu. Misalnya, menentukan tujuan target audiens. Penting bagi Anda menetapkan tujuan supaya bisa memilih media sosial yang tepat.

2. Memilih Target Audiens yang Tepat

Selanjutnya, penting memilih target audiens yang tepat. Hal ini sepertinya jarang diperhatikan para pelaku usaha baru. Salah satu kesalahan paling banyak dilakukan pebisnis baru di media sosial yaitu terlalu mementingkan jumlah pengikut, tidak jarang yang membeli follower.

Padahal hal tersebut tidak ada kecenderungan menarik orang menjadi tertarik dengan konten di media sosial Anda. Pastikan saja, konten media sosialnya sudah menyasar audiens tepat yang sesuai dengan kelompok target pasar yang sudah Anda tentukan. 

3. Memilih Media Sosial Sesuai Kebutuhan

Saat akan menjalankan cara mengembangkan usaha buatan tangan di media sosial, maka Anda perlu memilih dulu media sosial mana yang sesuai kebutuhan. Misalnya, Anda dapat memilih Facebook sebagai platform jika pasarnya cukup luas.

Facebook menjadi platform yang bisa digunakan untuk menarik perhatian konsumen. Namun, hal ini tentu harus melihat target pelanggan sebelum memilih Facebook sebagai media sosial pilihan bisnis kerajinan tangan Anda.

4. Melengkapi Profil Media Sosial

Salah satu hal penting yang bisa membangun yaitu tampilan atau image sosial Anda. Walaupun, tampilan media sosial akan dilihat sebentar, namun tidak jarang tampilan yang rapi, terlihat bagus juga membuat orang lebih tertarik dan penasaran dengan produk yang sedang Anda jual.

Oleh sebab itu, mulai dengan melengkapi profil media sosial dengan mencantumkan informasi lengkap, mulai dari alamat toko, nomor telepon, situs e-commerce dan lain-lain. Apabila diperlukan, Anda juga bisa  menyewa jasa seseorang profesional seperti pembuatan konten, bidang design, dan lainnya.

5. Menentukan Konten yang Tepat

Sebelum membuat konten, tentukan dulu konten yang tepat sesuai dengan usaha jualan kerajinan tangan yang sedang Anda jalankan. Misalnya, Anda bisa membuat konten tutorial pembuatan kerajinan yang menarik.

Anda pelu membuat konten yang dapat menarik perhatian pelanggan, bahkan kalau bisa yang akan membuat mereka membagikan konten tersebut. Buat konten unik atau cerita yang masih ada hubungannya dengan produk yang sedang Anda jual.

6. Upload Dengan Konsisten

Jika ingin sukses mengembangkan usaha di media sosial, cara selanjutnya yaitu update postingan atau membuat konten secara konsisten.

Upload semua produk yang Anda jual. Sesekali tidak ada salahnya menandai beberapa teman di media sosial. Semakin banyak teman yang mengetahui postingan, maka lebih cepat dikenal orang. Namun ingat, jangan sering menandai teman karena mungkin beberapa akan tidak suka. Yang penting konsisten membuat konten dan upload di media sosial guna menarik perhatian.

7. Memberikan Postingan Testimoni

Selain meng-upload konten dan postingan, testimoni juga bisa menarik perhatian konsumen. Beberapa biasanya membutuhkan bukti jika produknya memang disukai pembeli lain.

Oleh sebab itu, jika produk sudah berhasil terjual dan mendapatkan testimoni, beberapa bisa Anda posting di media sosial. Tidak hanya penilaian positif saja, tapi juga testimoni yang kurang memuaskan dari konsumen, dan perlihatkan bagaimana Anda dapat menghandle permasalahan tersebut.

8. Sering Menyapa dan Memberikan Promosi Khusus

Ketika mengerjakan cara mengembangkan usaha buatan tangan di media sosial, Anda harus sering menyapa dan memberikan promosi kepada teman atau pelanggan. Ini mungkin terdengar sepele, dan sayangnya banyak pebisnis yang kurang memperhatikan sapaan di media sosial. 

Ketika menyapa, Anda dapat melakukan pendekatan internal kepada pelanggan agar membeli barang yang sedang dijual. Promosi juga bisa menjadi kunci sukses produk terjual dengan cepat. Lakukan promosi ketika berjualan di media sosial. Promosi bisa dibagikan secara langsung ke media sosial. Semakin sering memberikan promosi, produk Anda akan cepat dikenal orang. 

9. Mengaktifkan Pemberitahuan dari Media Sosial

Media sosial memberikan kemudahan bagi kita, termasuk para pebisnis dalam menjalankan usahanya. Ketika mengembangkan usaha buatan tangan di media sosial, kamu harus selalu mengaktifkan pemberitahuan yang digunakan untuk berbisnis tersebut.

Biasanya, waktu online konsumen tidak sama dengan jam kerja secara normal. Konsumen bisa kapan saja menghubungi Anda. Dengan selalu mengaktifkan pemberitahuan dari media sosial, maka komen atau chat masuk bisa cepat tertangani. Jika mulai kewalahan membalas pesan dari konsumen dari media sosial, gunakan admin profesional untuk membantu pekerjaan Anda.

10. Menggunakan Hashtag Tepat

Hashtag di media sosial fungsinya agar orang lain mudah menemukan usaha atau produk yang buatan tangan Anda. Gunakan hashtag yang tepat dengan menambahkan tanda pagar yang diletakkan di awal tanpa spasi. Contohnya, #usahabuatantangan, #kerajinanbuatantangan, dan lain-lain. 

Nah, dengan menggunakan hashtag tersebut, maka konten atau postingan yang diupload di media sosial Anda akan terlihat dan masuk dalam kumpulan konten dengan konten lain yang memiliki hastag sama. Cara ini juga membuat audiens lebih mudah melihatnya diluar pengikut kita.

11. Menggunakan Iklan di Media Sosial

Salah satu kunci pemasaran efektif di media sosial dengan menggunakan iklan. Tujuannya untuk mencari audiens, dan memungkinkan yang mengunjungi produk juga lebih banyak.

Misalnya, menggunakan iklan di Facebook. Jaringan di media sosial ini sangat luas dan digandrungi para pengikutnya sampai sekarang. Oleh sebab itu, kenapa memasang iklan di Facebook masih menjadi cara efektif mengembangkan usaha. Di Facebook, Anda dapat menemukan banyak pengguna yang sesuai dengan target konsumen Anda. 

12. Membuat Target Iklan yang Baik

Terakhir, untuk membangun usaha buatan tangan di media sosial dengan membuat target iklan yang baik. Salah satu keuntungan berjualan di media sosial yaitu platform iklannya yang kokoh.

Ketika sudah membuat konten dan post secara berkala, selanjutnya juga targetkan iklan dengan baik untuk memaksimalkan pemanfaatan dana iklan yang sudah dikeluarkan. Targetkan iklan berdasarkan demografis, lokasi, jenis kelamin, usia, minat pelanggan, perilaku pelanggan, dan lainnya.

Simak juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Media sosial merupakan salah satu tempat sebagai cara mengembangkan usaha buatan tangan yang efektif asalkan konsisten menjalankannya. Semoga berhasil ya! 

Penulis: Erisa Agustira
Related Posts