taupasar.com

we read, we create and we share it.

Simak 5 Tips dan Cara Jualan Motor Second Agar Cepat Laku

Simak 5 Tips dan Cara Jualan Motor Second Agar Cepat Laku

Memiliki kendaraan roda dua seperti motor memang menjadi suatu kenyamanan tersendiri untuk melakukan berbagai aktifitas diluar rumah. Sebab dengan menggunakan kendaraan berupa motor lebih cepat mobilitasnya dibandingkan dengan mobil atau bahkan angkutan umum. 
Cara Jualan Motor
Selain ramping dan mudah untuk dikendarai, juga tidak mudah terjebak macet sehingga sangat membantu untuk menemani kegiatan luar Anda. 

Akan tetapi seiring berjalannya waktu pasti akan menjumpai masa jenuh atau ingin mengganti motor terbaru. Hal ini menjadi dilema yang cukup mengganggu terlebih jika ingin menjual motor yang sudah terpakai atau second tersebut. Padahal bagi sebagian orang lebih memilih membeli motor bekas dibandingkan dengan motor baru untuk menyesuaikan budget yang dimiliki. 

Keuntungan Membeli Motor Second Terawat

Motor second atau bekas sebenarnya tidak terlalu mengganggu jika memang sebelumnya dibawa oleh pemilik yang gemar merawatnya. Sebab dengan membeli motor second atau bekas dapat meminimalisir budget yang dimiliki terlebih jika budget terbatas. Salah satu cara untuk lebih mudah dalam pembelian adalah dengan mengambil manfaat secara utuh dan tidak mengganggu keuangan lainnya.

Misalkan jika ingin memiliki kendaraan motor namun Anda memiliki dana yang minim, solusinya adalah dengan membeli baru dengan cara kredit dan membeli motor bekas alias motor second.

Keuntungan pembelian motor second dibandingkan baru tapi kredit adalah meringankan beban di bagian biaya pengeluaran ke depannya. Jika membeli second dengan cash maka akan meringankan beban Anda sebab tidak diberatkan dengan mencicil bulanan sebagaimana sistem kredit.

Akan tetapi untuk memilih membeli motor second atau bekas pastikan Anda mengetahui bagaimana kondisi motor tersebut. Apakah masih dangan layak pakai atau tidak, bisa Anda lihat dan teliti terlebih dahulu untuk mendapatkan pilihan terbaik agar nantinya motor bekas tersebut dapat bertahan lama dan nyaman.

Tips dan Cara Jualan Motor Second

Diantara beberapa jenis usaha yang banyak diminati adalah dengan melakukan jualan motor second atau motor bekas. Sebab di era sekarang ini sudah banyak yang ingin mengikuti trend. 

Sehingga lebih cepat memutuskan untuk menjual mobil bekas untuk membeli model terbaru, padahal kondisi motor masih sangat baik. Untuk itu bisa dijadikan ladang penambah penghasilan bagi Anda yang ingin melakukannya.

Untuk memulai usaha jualan motor second atau bekas bisa dilakukan dengan mudah dan pastinya butuh banyak informasi yang Anda perlukan. Mulai dari mesin maupun kondisi motor yang baik untuk dijadikan barang dagangan atau stok yang akan diperjualbelikan. 

1. Cek Kondisi Motor Secara Menyeluruh

Tips pertama bagi Anda yang ingin menjual motor secara pribadi tau untuk stok bisa dilakukan pengecekan secara menyeluruh di bagian motor yang akan dijual. 

Setidaknya hal ini sebagai upaya pembenahan bagian motor yang kurang pas agar nantinya dapat mendongkrak harga jual dari motor tersebut. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membenahi bagian mana saja yang perlu diganti agar pembeli merasa puas dan Anda pun akan lega saat mendengarnya.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal datang ke bengkel, lalu menanyakan bagian mana saja yang perlu dibenarkan atau diganti, maka pihak bengkel akan mengecek nya secara rinci dan selanjutnya akan menginformasikan kepada Anda sebagai pemberian informasi dan meminta persetujuan. 

Terkait harganya pun bisa Anda ketahui langsung sehingga akan lebih mudah nantinya dalam menentukan harga jual nya.

2. Surat-surat Yang dimiliki Lengkap

Langkah kedua adalah memastikan bahwa surat-surat bawaan motor sudah ada alias dalam kondisi aman dan baik. Surat-surat tersebut nantinya menjadi salah satu acuan kapan pembelian, harga beli awal, dan sebagainya. 

Sebagaimana penjualan emas, penjualan motor juga membutuhkan STNK sebagai bukti bahwa motor bukan merupakan motor yang ilegal sehingga layak untuk diperjualbelikan secara baik dan aman.

Selain kelengkapan surat STNK, pastikan Anda juga rutin membayar pajak tahunan yang dikenakan kepada pemiliknya. Sebab sebagai pertimbangan biasanya jika Anda tidak rutin membayar pajak, maka nantinya akan menumpuk dan menjadikan calon customer Anda berpikir dua kali.

Karena hal tersebut akan mengganggu pembayaran pajak selanjutnya. Maka dari itu untuk mendapatkan harga yang seimbang, pasti akan ada upaya yang lebih juga untuk mengimbangi nya.

3. Tawarkan dengan Harga yang Lebih Rendah dari Pasaran

Penentuan harga merupakan hak Anda secara utuh jika melakukan penjualan motor second atau motor bekas. Sebagai salah satu penunjang penjualan agar cepat laku, maka salah satu caranya adalah dengan memberikan harga sedikit lebih rendah dari harga pasaran. 

Anda bisa menurunkan 50 - 100 ribu dari harga yang beredar di pasaran. Dengan begitu maka konsumen akan mudah tertarik dengan motor dagangan Anda. 

Hal ini berlaku di berbagai proses jual beli apapun, salah satu cara untuk mendongkrak penjualan adalah dengan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kompetitor. Akan tetapi pastikan pemberian harga tidak menjadikan Anda rugi terlalu besar karena sudah memberikan pelayanan dengan memberikan kondisi motor terbaik Anda. 

4. Pilih Platform Penjualan yang tepat

Salah satu upaya untuk mempercepat dalam penjualan adalah dengan menjualnya melalui showroom atau dealer terdekat yang ada di sekitar Anda. Akan tetapi biasanya proses tersebut cenderung memberikan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan melakukan penjualan secara mandiri. 

Karena Anda bisa menentukan harga lebih tinggi sesuai dengan harga penjualan motor second di pasaran.

Untuk melakukan penjualan secara mandiri, Anda bisa memanfaatkan adanya marketplace apa saja baik Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli dan lain sebagainya. Berikan keterangan sesuai dengan kondisi motor Anda dengan jelas.

Agar bisa memberikan kemudahan kepada calon konsumen untuk menentukan pilihan pada motor Anda. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menawarkan motor second agar cepat laku dengan mudah dan jelas. 

5. Lakukan Pemasangan Iklan di Moment yang Pas

Adapun cara jualan motor second terakhir adalah dengan rutin survei harga di pasaran. Selain itu,  sebagai upaya untuk mengetahui naik turunnya harga motor second juga sebagai cara untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemasangan iklan penjualan motor yang pas dan tepat. 

Sebab seringkali harga jual sepeda motor second mengalami pasang surut yang mana akan menyesuaikan penjualan dan penghasilan Anda.

Aktifitas mengecek harga motor second atau bekas ini cenderung mudah-mudah sulit, maka dari itu perlu dilakukan secara berkala agar nantinya Anda dapat mempertimbangkan perlu tidaknya menaikkan atau menurunkan harga motor yang Anda jual. 

Adakalanya jika memang pasar sedang tinggi maka bisa dijual dengan harga tinggi, begitu pun sebaliknya. Penjualan motor bekas ini juga dapat mengikuti trend yang ada.

Anda juga masih bisa mendapatkan informasi lainnya yang tak kalah menarik pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Beberapa cara dan tips jualan motor second tersebut dapat dijadikan pilihan langkah yang pas untuk dilakukan. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan serta kemauan Anda.
Related Posts