taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mengelola Bisnis Barbershop Agar Semakin Berkembang dan Menguntungkan

Cara Mengelola Bisnis Barbershop Agar Semakin Berkembang dan Menguntungkan

Merawat rambut tidak hanya dibutuhkan oleh kaum perempuan yang biasa dilakukan di salon. Tentunya laki-laki pun bisa menikmati perawatan untuk rambut mereka melalui barbershop yang kini banyak berkembang dan dibutuhkan.
Cara Mengelola Bisnis
Banyaknya entrepreneur yang berbondong membangun bisnis pangkas rambut khusus pria, ini bisa menjadi dua pertanda. Pertama, peluang usahanya memang luas sehingga orang-orang tertarik mengelolanya. Kedua, persaingannya pun tidak bisa dianggap sepele. 

Meskipun begitu, keuntungan tetap bisa Anda rasakan jika menerapkan cara mengelola bisnis barbershop.

Jadi, meskipun kompetitor barbershop tidak sedikit, Anda bisa menikmati penghasilan menjanjikan apabila usahanya dikelola dengan baik sehingga lebih berkembang serta dikenal banyak orang.

12 Cara Mengelola Bisnis Barbershop dari Awal Hingga Berkembang


1. Berangkat dari Passion dan Peluang

Menjalankan bisnis tidak bisa dilakukan begitu saja, meskipun pada dasarnya dipilih berdasarkan keinginan hati. Akan lebih baik jenis usaha ini dijalankan ketika Anda memang memiliki atensi lebih dalam bidang barbershop. Dengan passion yang sesuai, maka diharapkan ke depannya bisnis dijalankan sepenuh hati tanpa adanya tekanan dan beban yang berarti.

Selain dari minat, pebisnis biasanya mengawalinya dengan membuat analisis usaha. Minimal analisis sederhana memang perlu dilakukan untuk membentuk kesiapan, baik secara material, fisik, maupun mental. Dari sini Anda pun bisa melihat bagaimana peluang bisnis barbershop di wilayah tertentu.

2. Atur Nama dan Logo yang Unik

Harus ada sesuatu yang unik untuk membedakan layanan Anda dengan yang lainnya. Dan barbershop bukanlah sekedar tempat pangkas rambut biasa. Di masa ini, layanan dalam sebuah barbershop semakin modern mngikuti perkembangan dan minat customer masa kini.

Salah satu cara mengelola bisnis barbershop agar lebih meyakinkan dapat dibuat nama tempat dan logo yang unik. Bukan hanya itu, pemberian nama dan logo terbukti bisa membantu tempat usaha lebih mudah diingat oleh para pelanggan.

Nama dan logo juga berguna sebagai branding agar bisnis Anda dipandang baik oleh calon customer. Anda bisa menggunakan jasa profesional untuk membuat logo menarik. Sementara penentuan nama barbershop masih bisa dilakukan sesuai ide dan kreatifitas pribadi.

3. Adopsi Konsep yang Keren

Untuk semakin menambah minat calon customer, Anda juga bisa mengusung konsep yang keren dan cocok untuk barbershop. Sebagai rekomendasi, bisa menerapkan nuansa maskulin yang kesannya cocok untuk pria, atau nuansa kasual yang membuat pelanggan lebih nyaman.

Konsep yang diinginkan bisa terbentuk dari pemilihan desain interior yang tepat. Selain itu berikan pula nuansa ruangan yang nyaman dengan penambahan beberapa furnitur pelengkap dalam tempat pangkas rambut pria.

4. Pilih Barber Staff Handal

Salah satu strategi efektif untuk memajukan usaha juga ada pada tenaga kerjanya. Dalam hal ini, Anda perlu merekrut barber staff profesional dengan keahlian dan pengalaman baik. 

Tidak masalah jika hanya memiliki sedikit staff barber saja, asalkan kemampuannya menjanjikan maka hasilnya tidak akan mengecewakan.

Bahkan memang pada dasarnya perekrutan staff memang perlu disesuaikan secukupnya saja, sesuai anggaran untuk upah kerjanya.

5. Tingkatkan Keterampilan

Bukan hanya dari kemampuan orang lain, cara mengelola bisnis barbershop selanjutnya juga tergantung skill diri terutama ketika Anda akan turut andil sebagai barberman sekaligus pemilik. Agar memiliki daya saing dan selalu diminati, maka caranya dengan meningkatkan keterampilan.

Karena hasil kerja yang baik akan dirasakan oleh customer, sehingga sangat mungkin ke depannya orang tersebut menjadi pelanggan tetap di barbershop kita. 

Kemampuan seorang barberman tidak hanya sekedar memangkas rambut biasa, lebih dari itu secara tak langsung Anda dituntut peka akan tren model rambut pria terkini, serta mampu memberikan style yang sesuai dengan karakter wajah pelanggan.

6. Utamakan Service yang Baik

Dalam bisnis yang baik, kita perlu memprioritaskan customer. Penilaian dan kesan dari pelanggan memang penting serta dapat berpengaruh pada branding barbershop. 

Agar tercipta suasana yang nyaman saat pelanggan ingin memangkas rambut, Anda bisa memberikan aura yang positif serta penyambutan yang ramah terhadap mereka.

7. Sediakan Paket Layanan Full

Jangan sampai disepelekan, kita bisa mengusung cara mengelola bisnis barbershop dengan menyajikan layanan yang super lengkap. Seperti yang diketahui bahwa kini orang-orang mendatangi barbershop bukan hanya untuk pangkas rambut saja.

Anda bisa menyajikan paket lengkap full service. Dimana selain potong rambut, mereka juga bisa mencukur jenggot, kumis, mewarnai rambut dan menatanya dengan style tertentu, hingga pijat rambut.

8. Bangun Bisnis di Lokasi Tepat

Pemilihan lokasi juga bisa menjadi salah satu faktor penentu ramai atau tidaknya usaha yang dijalani. Maka tak heran banyak orang menganggap taktik bisnis agar laris adalah dengan memilih tempat yang strategis. Tentunya hal ini juga berlaku sebagai cara mengelola bisnis barbershop.

Hal yang paling umum dalam cara memilih tempat usaha, dinataranya pastikan wilayah tersebut selalu ramai terutama dilalui kalangan target pasar. Atau bangun di daerah pusat bisnis.

9. Terapkan Harga yang Pas dan Bersaing

Selanjutnya Anda juga perlu menetapkan dan menerapkan daftar harga jika customer memilih barbershop Anda. Dalam menentukan harga pun tidak sembarangan, dan ada tekniknya. Agar berdaya saing dengan kompetitor, biasakan untuk melakukan riset harga pasar terlebih dahulu.

Selain itu sesuaikan saja harga yang pas untuk layanan barbershop yang diberikan. Yaitu memperhitungkan penggunaan produk dan pengeluaran.

Bahkan dalam strategi tertentu, pemilik banyak memilih pemberian harga promo sebagai langkah awal mengenalkan bisnis kepada customer. Nantinya setelah branding bisnis baik dan banyak yang mempercayai barbershop Anda, harga normal bisa dipasangkan.

10. Selalu Merinci Pengeluaran dan Pemasukan

Demi kemajuan dan tujuan bersama, cara mengelola bisnis barbershop lainnya yaitu secara konsisten melakukan perincian akan pengeluaran serta pemasukan. Dengan pembukuan atau pencatatan yang baik, Anda pun bisa melakukan perhitungan dengan baik.

Diantaranya pengeluaran bisa lebih terkontrol dengan baik, maupun pemasukkan bisa dimanfaatkan kembali sesuai kebutuhan.

11. Buat Pemasaran yang Efektif

Yang paling penting selanjutnya dalam bisnis adalah pemasarannya. Tentunya dengan iklan atau marketing yang efektif, usaha bisa semakin berkembang karena memberikan feedback yang membuat barbershop terus kedatangan customer. Pemasukan pun bisa mengalir deras dan hasilnya dapat dipakai untuk mengembangkan usaha.

Anda bisa merekrut tenaga kerja yang handal dalam pemasaran. Bahkan dengan adanya konten maker, Anda bisa mengikuti tren membuat video kreatif seputar barbershop atau vlog yang mendokumentasikan customer Anda serta memperlihatkan hasilnya.

12. Manfaatkan Hasil untuk Mengembangkan Usaha

Terutama jika bisnis masih seumur jagung, sarannya jangan terlalu terpaku pada penghasilan untuk dinikmati oleh pribadi. Agar stabil dan maju, sebagian besar pemasukkan bisa difokuskan untuk pengembangan bisnis. 

Tentunya hal seperti iti tidak akan berlangsung selamanya. Ketika usaha Anda sudah maju, maka penghasilan pun bisa semakin besar.

Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya pada sejumlah artikel berikut ini.

Baca juga:





Demikian cara mengelola bisnis barbershop yang terbukti efektif untuk membuatnya semakin berkembang dan didatangi banyak customer.
Related Posts