taupasar.com

we read, we create and we share it.

Apa Sajakah Cara Sukses Bisnis di Marketplace?

Apa Sajakah Cara Sukses Bisnis di Marketplace?

Ketika orang-orang lebih memilih untuk melakukan segala sesuatu dengan digital, karena memiliki akses yang mudah dan cepat hanya mengandalkan kuota internet. Termasuk juga aktivitas berbelanja yang lebih memilih lewat online. Maka jualan online di marketplace merupakan peluang bisnis yang sangat besar. 
Cara Sukses Bisnis
Berjualan adalah kegiatan menjemput rezeki yang bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang gelar atau dari keturunan keluarga tertentu. Siapa saja bisa jadi pengusaha. Zaman sekarang orang-orang lebih menyukai sesuatu yang mudah dan serba cepat. 

Contohnya berbelanja tanpa keluar rumah, hanya mengandalkan ponsel semua barang pesanan bisa sampai rumah dengan cepat dan aman. Maka berjualan online sangat menjanjikan untuk menghasilkan profit hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Berbisnis di marketplace perlu tahu dan belajar seputar tips dan caranya, berikut ini cara sukses bisnis di marketplace yang wajib kamu pelajari.

Cara Sukses Bisnis di Marketplace

1. Tetapkan Supplier yang Tepat untuk Berjualan di Marketplace

Berbisnis pasti akan membutuhkan produk hasil perusahaan lain, tidak bisa kita menghasilkan semua bahan-bahannya sendiri. 

Misalnya saja kamu akan membuka usaha pakaian hasil jahitan sendiri, pasti akan membutuhkan kain, benang, jarum, mesin jahit dan lainnya untuk menunjang suksesnya kegiatan produksi jualanmu. Apalagi jika kamu akan menjual produk jadi, pasti akan sangat membutuhkannya.

Bekerjasama dengan beberapa supplier adalah jawaban untuk memudahkan kamu mendapatkan bahan-bahan untuk produksi yang murah dan mudah. Semua perusahaan dibidang apapun pasti akan menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya. 

Pilihlah supplier yang menjual produknya dengan harga yang murah namun berkualitas, dan aksesnya dekat dengan perusahaan kamu, sehingga akan mengurangi biaya pengiriman.

2. Tetapkan Aplikasi Marketplace Pilihan

Saat ini ada banyak sekali aplikasi marketplace yang bisa kamu pilih. Sebut saja ada Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, OLX, dan lainnya. Setiap marketplace menawarkan keuntungan dan syarat yang berbeda kepada sellernya. Misalnya aturan dan syarat untuk pendaftaran menjadi seller, biaya admin, peraturan gratis ongkir, peraturan promo dan lainnya. 

Kamu bisa mempelajarinya melalui website dari marketplace tersebut, untuk kemudian dibandingkan dan menentukan marketplace pilihan yang tepat. Setelah itu tinggal mempersiapkan untuk pendaftaran menjadi seller di marketplace tersebut.

3. Mempersiapkan dan Membuat Toko di Marketplace

Sebelum melakukan promosi toko online, pastinya kamu harus benar-benar membuat toko di marketplace yang keren dan tentunya mengikuti aturan sesuai dengan yang diberikan marketplace tersebut. Kamu  harus mempersiapkan dari segi dokumen, foto produk, branding toko, deskripsi produk dan lainnya. 

Dokumen yang harus kamu siapkan diantaranya KTP, rekening bank, nomor handphone, dan alamat Email. 4 hal tadi wajib kamu siapkan untuk mendaftar menjadi seller di marketplace. Semua marketplace pasti akan meminta data-data tersebut yang valid dan jelas.

Foto produk di marketplace harus diusahakan hasilnya jelas dan perbedaan warna atau lainnya dari aslinya hanya sedikit. Misalnya jika kamu menjual produk kerudung maka harus dipastikan bahwa warna di foto hampir sesuai dengan aslinya. Setelah semuanya siap kamu sudah bisa membuat toko online di marketplace pilihan kamu. 

Mempermudah kamu dalam transaksi di marketplace, seperti cek mutasi dan cek saldo, kamu harus menggunakan aplikasi bank yang akan mempermudah kamu dalam bertransaksi. 

Membuka toko online di marketplace juga harus mempersiapkan deskripsi produk yang jelas. Misalnya mengenai ukuran, ketebalan produk, dan lainnya. Hal ini untuk mempermudah pelanggan dalam membayangkan produk yang akan dibelinya. 

4. Mempelajari Aturan dan Fitur-Fitur di Aplikasi Marketplace

Setiap marketplace memiliki aturan dan fitur yang berbeda, untuk pemula seharusnya mempelajari fitur-fiturnya terlebih dahulu. Fitur-fitur tersebut biasanya memiliki tujuannya tertentu, misalnya fitur untuk proses order dan pengiriman, fitur pencairan dana, fitur retur, fitur pengembalian dana, fitur produk, fitur resi pengiriman, fitur iklan, dan fitur lainnya.

Setiap bulan marketplace selalu menawarkan promosi yang menarik. Sebagai seller penting sekali untuk mempelajari promo-promo yang sering ditawarkan mereka. Misalnya promo gratis ongkos kirim, sebagai seller penting sekali untuk mempelajari promo-promo tersebut.

5. Menetapkan Harga Produk yang Wajar

Membuka toko online artinya kamu harus siap menghadapi kompetitor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini akan mempengaruhi tingkat penjualan kamu.

Beberapa pelanggan akan mempertimbangkan harga dan biaya pengiriman sebelum mereka memutuskan untuk membeli produknya. Agar sukses bisnis di marketplace maka tetapkanlah harga produk yang wajar. Kamu bisa mempelajari harga produk dari seller lainnya agar menemukan harga yang wajar.

6. Menjaga Reputasi Toko

Pembelian di marketplace seorang pelanggan akan selalu diminta untuk memberikan penilaian dan saran kepada seller. Penilaian ini biasanya berupa bintang, jika mereka puas mereka akan memberikan penilaian hingga bintang 5, jika mereka tidak puas sama sekali mereka akan memberikan penilaian satu bintang saja.

Banyak faktor mereka memberikan penilaian terhadap toko kamu. Faktor tersebut diantaranya dari kualitas produk yang mereka dapatkan, pengemasan produk, proses pengiriman, kecepatan merespon pertanyaan dan komplain mereka dan lainnya. 

7. Memperbanyak Produk

Berjualan satu produk saja tidak membuat tingkat penjualan yang banyak. Hal ini menjadi acuan beberapa perusahaan yang akhirnya memilih untuk menjual produk yang bervariasi. Contohnya saja perusahaan Unilever, yang menjual berbagai jenis produk kebutuhan sehari-hari. 

Memperbanyak varian dan jenis produk di Toko online juga bisa mempengaruhi pelanggan ketika mereka membeli salah satu produk dari toko kamu. Misalnya kamu menjual pakaian dan kebutuhan wanita. Maka ketika mereka berniat membeli kerudung misalnya, bisa saja mereka akan menambahkan pembeliannya dari produk kamu yang lain.

8. Menjaga Kualitas Produk yang Baik dan Bagus 

Berjualan haruslah menjual produk yang bagus, jika ada kecacatan sebaiknya diberikan deskripsi dalam katalog toko online kamu. Menjaga produk dalam berjualan online sangatlah penting, jika produk yang kamu jual terdapat cacat sedikit saja, siap-siap saja toko online kamu akan diberikan bintang yang jelek. 

Cara sukses bisnis di marketplace dengan menjaga kualitas produk adalah hal yang harus kamu lakukan. Jika toko online kamu terus mendapatkan bintang yang jelek dikarenakan produk yang tidak berkualitas bagus maka siap-siap saja pihak marketplace akan menutup toko online kamu.

9. Tanggapi Semua Pesan dari Pelanggan

Beberapa pembeli akan banyak bertanya melalui pesan kepada toko online kamu. Tanggapilah semua pertanyaan tersebut dengan ramah dan jelas kepada mereka. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan dalam berjualan online di marketplace adalah tips jualan di marketplace dan kunci sukses menghasilkan penjualan yang banyak setiap bulannya. 

Semakin banyak penjualan maka omzet dan keuntungan yang kamu dapatkan dari berjualan produk di marketplace akan semakin besar pula. Maka jagalah komunikasi dengan pelanggan agar tingkat penjualan pun semakin meningkat.

10. Mempelajari Teknik Promosi di Marketplace 

Berjualan di marketplace juga penting sekali untuk melakukan promosi. Misalnya setiap akhir bulan beberapa marketplace selalu membuka peluang untuk seller melakukan promosi dengan mengadakan gratis ongkir dan lainnya. 

Cara promosi di marketplace bisa dengan mengambil kesempatan mengikuti promo akhir bulan di marketplace, untuk menghasilkan tingkat penjualan yang besar setiap akhir bulan. 

Promosi ini akan menjaga produk dan toko kamu agar berada di halaman awal marketplace tersebut. Berada di halaman awal marketplace tentu akan mempermudah pelanggan menemukan toko online kamu, dengan begitu kamu memiliki kesempatan untuk menghasilkan penjualan yang besar.

Dapatkan tambahan informasi pada sejumlah artikel pilihan berikut ini.

Baca juga:





Informasi 10 cara sukses bisnis di marketplace di atas sangat penting sekali untuk kamu lakukan. Jika kamu ingin sukses dari bisnis online cara di atas adalah cara yang sangat ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu dan toko online kamu semakin berkembang ya. 
Related Posts