taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Langkah Cara Promosi Jasa Service Komputer, Dijamin Jadi Langganan

10 Langkah Cara Promosi Jasa Service Komputer, Dijamin Jadi Langganan


Bingung bagaimana cara memperlakukan client agar mereka nyaman? bagaimana membuat para client secara sukarela melakukan cara promosi jasa service komputer Anda? Jangan khawatir lagi, Berikut merupakan langkah-langkah memanjakan client agar kembali berlangganan menggunakan jasa Anda.
promosi jasa servis komputer

Sejumlah Langkah Mentreat Client


1. Pasang Lokasi Usaha di Google

Cara promosi jasa servis komputer pertama, pasang alamat usaha Anda di Google. Tidak sedikit orang yang menggunakan Google sebagai sarana mencari toko atau jasa servis. Menggunakan mesin pencarian Google ini sangat menguntungkan karena hasil pencarian secara otomatis akan menunjukkan lokasi yang paling dekat dan terjangkau.

Itulah alasan banyak orang memanfaatkan Google. Oleh karena itu, selain memperkenalkan jasa secara manual atau offline, kesempatan ini tidak boleh Anda lewatkan. Lalu bagaimana cara mendaftarkan alamat usaha di Google? Berikut caranya:
  • Tulis ‘Google bisnisku’ di kolom pencarian Google. Kemudian klik.
  • Klik bagian ‘kelola sekarang’ di pojok kanan atas.
  • Silahkan login dengan akun Google Anda. Jika belum memiliki akun Google, silahkan buat akun terlebih dahulu di opsi ‘buat akun’.
  • Setelah login, mulai masukkan identitas tempat service Anda secara terperinci.
  • Ketika sudah input alamat, klik selanjutnya
  • Anda akan diminta untuk menetapkan titik lokasi dari alamat tersebut di maps. Jika sebelumnya alamat tersebut sudah ada di Google maps, maka tidak perlu menentukan lokasi lagi.
  • Langkah selanjutnya, pilih kategori bisnis Anda.
  • Input nomor telepon cs Anda ke dalam kolom. Jika ada website, sertakan URL website di dalamnya.
  • Langkah selanjutnya adalah verifikasi. Pilih opsi ‘lanjutkan’. Dan lakukan verifikasi.
Demikian cara mendaftarkan usaha service ke Google dalam rangka memudahkan calon konsumen menemukan tempat usaha Anda.

2. Pasang Papan Nama yang Besar di Depan Toko 

Poin penting lainnya, pastikan lokasi jasa mudah dikenali. Letakkan nama lokasi sejelas mungkin di tempat yang paling mudah dipandang. Upayakan agar siapapun yang lewat di depan lokasi Anda hafal dengan toko tersebut, sehingga usaha Anda menjadi lebih mudah dicari.

Selain nama toko harus jelas, sertakan juga banner atau papan nama yang menjelaskan apa saja jasa yang Anda tawarkan. Misalkan, maintenance, ganti baterai, install ulang, dan lain sebagainya. Jika masih memungkinkan, cantumkan juga apa saja keunggulan dari jasa Anda.

3. Ajak Client untuk Menganalisa Permasalahan Komputer

Sebagai seorang teknisi, tentu Anda mengetahui dengan pasti bahwa client sangat mungkin tidak sepaham Anda terkait permasalahan laptop atau komputer mereka. Oleh karena itu, mereka akan sangat tertarik ketika Anda mengajak mereka berdiskusi tentang permasalahan perangkat tersebut.

Perlakuan seperti ini dijamin akan meningkatkan kesan kredibel Anda di hadapan client. Kemampuan dalam menjelaskan permasalahan membuat mereka akan mempercayai Anda dan bahkan terpancing untuk bertanya lebih jauh. Komunikasi semacam ini akan membangun chemistry tersendiri antara Anda dan client.

Jika sudah demikian, dijamin tidak akan ada yang bisa menggeser posisi Anda di hati mereka ketika mereka membutuhkan bantuan seputar permasalahan komputer.

4. Berikan Mereka Rekomendasi

Tidak masalah untuk memberikan rekomendasi tindakan kepada client selama itu memang bertujuan baik. Misalkan saja, dari permasalahan komputer mereka, Anda mengetahui bahwa perangkat tersebut sudah waktunya mendapatkan service maintenance atau perlu melakukan install ulang.

Anda bisa menawarkan kepada mereka untuk sekaligus melakukan perbaikan tersebut. SIfatnya tentu saja opsional, jadi Anda tidak boleh memaksa atau melakukan tindakan sepihak, kendati tujuannya baik.

5. Berikan Penawaran Kepada Client, Apakah Mereka Ingin Bertanya

Setelah menjelaskan permasalahan komputer dan rekomendasi apa yang Anda tawarkan, coba tanyakan kepada mereka tentang pendapat mereka. Misalnya:

“apakah ada yang ingin ditanyakan lagi, kak?. Silahkan”
“Kalau ada yang masih dibingungkan, bisa saya jelaskan lagi kok kak”
“kalau kakak mau bertanya-tanya seputar komputer, silahkan”

6. Minta Setiap Pelanggan untuk Memberikan Penilaian Bintang

Mesin pencarian Google menggunakan jumlah impresi dan penilaian positif terhadap suatu toko atau jasa untuk mengatur peletakan daftar urutan pencarian. Jadi, semakin banyak penilaian baik yang jasa dapatkan, semakin tinggi pula peringkatnya di hasil pencarian.

Oleh karena itu, minta kepada client Anda untuk memberikan penilaian toko melalui Google. Karena pelayanan sudah maksimal, tentu Anda tidak perlu khawatir lagi mereka akan memberikan penilaian yang buruk.

7. Selesaikan Pekerjaan Tepat Waktu

Salah satu kekecewaan client kepada perusahaan jasa yang paling umum terjadi adalah kemoloran waktu penyelesaian. Meskipun hal ini lazim terjadi di berbagai tempat, tentu tidak bisa dimaklumi begitu saja. Menyelesaikan pekerjaan tidak tepat waktu sangat merugikan client, terutama apabila jadwal mereka padat dan sangat membutuhkan perangkat tersebut.

Rasanya pelayanan terbaik pun tidak akan ada gunanya jika tidak ditunjang dengan tanggung jawab dan profesionalitas yang baik dari seorang teknisi. Jika perlu, bentuk devisi khusus yang bertugas untuk mengawasi masing-masing teknisi dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tepat.

8. Lakukan Pengecekan Terlebih Dahulu Sebelum Diserahkan Kembali

Sebelum client membawa pulang barang mereka, lakukan inisiatif untuk mengecek terlebih dahulu untuk memastikan bahwa perangkat sudah berfungi dengan baik dan tidak ada sesuatu apapun yang tertinggal. Jika ada garansi, sampaikan kepada mereka ketentuan-ketentuannya.

Langkah ini sebagai sebuah antisipasi untuk menghindari adanya ketidakpuasan dari client. Seahli apapun teknisi, mereka tetaplah manusia yang berpotensi melakukan kesalahan dan keluputan. Oleh karena itu, pengecekan ulang adalah step yang tidak boleh dilewatkan.

9. Berikan Potongan Harga dengan Cara Menarik

Siapa bilang jasa service komputer tidak bisa memberikan potongan harga? Tentu saja bisa. Misalnya melalui pengumpulan kupon undian berhadiah, mengerjakan challenge untuk mendapatkan potongan harga, atau trik-trik anti-mainstream lainnya.

Ini merupakan salah satu strategi mendapatkan pelanggan yang ampuh. Menjalin komunikasi dan humor dengan pelanggan akan menciptakan keakraban tersendiri sehingga antara keduanya tidak hanya terikat hubungan antara client dan penyedia jasa, namun juga pertemanan.

10. Jangan Sungkan-Sungkan untuk Meminta Mereka Kembali

Tips promosi jasa servis terakhir ialah dengan mengucapkan kalimat selamat tinggal yang eksplisit. Semisal:

“jika terdapat keluhan-keluhan terkait komputer, jangan lupa menghubungi kami ya kak”
“hati-hati, semoga selamat sampai tujuan. Semoga puas dengan pelayanan kami ya kak”.

Tentu ucapan-ucapan demikian tidak bermaksud mengharapkan agar perangkat mereka akan mengalami kerusakan kembali, melainkan menekankan bahwa Anda selalu siap untuk melayani dan menyelesaikan permasalahan perangkat mereka.

Penggunaan intonasi yang ramah dan friendly sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman client terhadap ucapan Anda.

Tidak hanya artikel di atas, Anda juga bisa menyimak sejumlah pilihan artikel di bawah ini, masih terkati dengan promosi jasa yang kamu miliki.

Baca juga:





Demikian, 10 langkah mendapatkan hati client berbekal cara promosi jasa servis komputer yang bisa segera Anda praktekkan. Jangan ragu untuk mengeksplorasi kreatifitas untuk menarik perhatian client. Misalkan dengan mendekorasi ruangan sebaik mungkin sehingga membuat mereka selalu nyaman.

Penulis: Hanifah Saifuddin

Related Posts