taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Promosi Apartemen Tidak Optimal Jika Mengandung 9 Hal Ini

Cara Promosi Apartemen Tidak Optimal Jika Mengandung 9 Hal Ini


Apakah cara promosi apartemen yang benar itu sama seperti ketika kita mempromosikan produk makanan atau minuman? Atau apakah seperti mempromosikan warung makan atau café? Tentu tidak. Lebih tepatnya tidak sesederhana produk-produk tersebut.
promosi apartemen

Menyewa apartemen membutuhkan biaya lebih mahal. Setiap orang juga memerlukan waktu yang lebih lama untuk mempertimbangkan apakah mereka akan memiliih meninggalkan tempat tinggal asli mereka untuk menyewa sebuah apartemen. Jadi, untuk dapat merumuskan  cara promosi apartemen yang ampuh untuk meyakinkan konsumen Anda harus berpikir lebih matang.

5 Alasan Orang Lebih Memilih Tinggal di Apartemen


Sebelum membahas bagaimana cara promosi apartemen yang ampuh, Anda perlu tahu lebih dahulu bahwa peminat apartemen tidak pernah surut. Bahkan di jaman modern seperti ini, semakin banyak orang sengaja memilih menyewa tempat tinggal daripada membangun sendiri. Lebih rinci, berikut 5 alasan orang memilih tinggal di apartemen:

1. Tempat Strategis

Salah satu value yang ditawarkan oleh apartemen dan belum tentu terdapat pada jenis hunian lain (seperti kos atau kontrakan) adalah lokasi yang strategis. Umumnya, apartemen terletak di pusat kota, dekat dengan jalan utama, angkutan umum, dan pusat perbelanjaan. Tentu hal ini sangat memanjakan penghuni untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

Di wilayah perkotaan, membangun hunian sendiri di wilayah strategis seperti diatas hampir menjadi mimpi yang mustahil. Entah karena harganya yang sudah hampir tidak lagi masuk akal bagi perseorangan atau justru sudah tidak ada lagi lahan tersedia. 
  
2. Perawatan Mudah

Tiap-tiap apartemen akan menawarkan berbagai pilihan fasilitas untuk para penghuninya. Jika Anda sangat sibuk dan tidak sempat untuk membersihkan apartemen, Anda bisa menggunakan layanan cleaning room. Apartemen Anda akan dibersihkan secara rutin setiap hari sehingga senantiasa nyaman ditempati.

3. Instan dan Ekonomis

Apartemen seringkali menjadi alternatif bagi mereka yang sedang mencari hunian untuk langsung ditempati. Kemudahan untuk menentukan lama penyewaan juga menjadi kemudahan tersendiri karena penghuni bisa menentukan ingin tinggal berapa hari, minggu, bulan, atau berapa tahun.   

4. Fasilitas Premium

Berbeda dengan kamar hotel, bentuk apartemen menyerupai rumah pribadi dalam versi mini. Di dalamnya terdapat ruang santai, televisi, kamar mandi lengkap, balkon dan mini kitchen. Sangat ramah bagi Anda yang hobi memasak atau bermalam bersama teman-teman. Ukuran apartemen juga beragam, mulai dari standart hingga besar.
  
5. Banyak Promosi dan Diskon

Kelebihan apartemen yang terakhir yakni menyediakan banyak promo dan diskon. Ini tentu juga termasuk dalam  contoh kalimat promosi apartemen agar konsumen semakin tertarik untuk mengambil tawaran tersebut. 

Namun event promo ini memang menguntungkan kedua belah pihak, karena konsumen bisa mendapatkan biaya sewa yang lebih murah dan pihak pemilik mendapatkan penghuni baru. Event diskon dan promo ini biasanya diadakan setiap tahun.

Hindari 9 Poin yang Bisa Membuat Promosi Apartemen Kurang Prima

Merasa cara promosi apartemen sudah maksimal tapi hasil belum tidak optimal? Mungkin terdapat masalah pada konten promosi Anda. Namun kini, Anda sudah mampir ke artikel yang tepat. Mari menganalisa teknik promosi tersebut, apakah masih mengandung 9 poin yang bisa menghambat promosi tersebut:

1. Tidak Mempersiapkan Produk Lebih Dahulu

Apakah Anda mempersiapkan apartemen sebaik mungkin sebelum melakukan promosi? Memastikan cat dinding belum pudar? Bagian depan apartemen dalam keadaan bersih dan rapi? Sebagaimana mendandani makanan atau minuman sebelum difoto untuk promosi, hal serupa harus dilakukan kepada apartemen Anda.

Persiapkan sudut-sudut terbaik bangunan apartemen sebelum menampilkannya di banner, brosur, atau postingan media sosial. Jika diperlukan, jangan ragu menyewa fotografer yang mumpuni dan professional untuk memotret bagian terbaik dari apartemen Anda.

2. Lupa Memastikan Fasilitas Sudah Prima

Apakah kunci di setiap pintu kamar berfungsi dengan baik? apakah kran air di setiap ruang apartemen mengalir dengan baik? apakah fasilitas-fasilitas yang tersedia sudah benar-benar ready?

Pastikan iklan Anda menyebutkan seluruh fasilitas-fasilitas tersebut. Itu akan menjadi pertimbangan utama para konsumen untuk memilih apartemen Anda dibandingkan apartemen lain. Melakukan pengecekan secara rutin juga menunjukkan komitmen Anda dalam merawat apartemen tersebut sebaik mungkin.   

3. Iklan Hanya Fokus Kepada Harga  
 
Harga yang murah memang efektif menyita perhatian para calon konsumen, namun aspek itu bukan satu-satunya. Perhatian utama Anda harus tetap pada fasilitas, pelayanan, dan keseluruhan keunggulan yang apartemen tawarkan bagi para penghuni. 

Terus menekankan promosi pada harga termurah akan mengundang penghuni law budget yang sesungguhnya hanya ingin mencoba (biasanya tidak menetap lama).

Contoh promosi apartemen ideal menyeimbangkan keduanya. Jadi, selain menawarkan   harga yang sedang murah, paparkan juga fasilitas apa saja yang Anda persembahkan   untuk para penghuni.

4. Memasang Terlalu Banyak Tulisan Pada Iklan

Minimalisir penggunaaan huruf-huruf pada iklan, gunakan seperlunya saja. Misalkan pada brosur, gunakan huruf untuk judul, menyebutkan fasilitas, harga, lokasi, contact person, dan kalimat persuasi.

Sebaliknya, cantumkan foto ruang-ruang terbaik pada apartemen Anda dengan sejelas mungkin. Setiap orang akan lebih tertarik mengetahui tampilan apartemen daripada membaca keterangan yang dicantumkan. Jangan lupa desain pamflet. Banner, reklame, atau postingan promosi dengan kualitas terbaik.

5. Brosur atau Spanduk Terlalu Datar

Sebelum memasarkan iklan, mintalah pendapat kepada orang-orang sekitar apakah iklan tersebut sudah mencolok? Sudah menarik? Dan nyaman dipandang mata? Karena permainan warna serta tata letak desain juga memiliki pengaruh yang besar.

Salah satu strategi untuk membuat spanduk Anda memiliki daya tarik yang tinggi adalah dengan bekerjasama dengan public figure sebagai model promosi Anda. meskipun harus menambah anggaran biaya, hal ini sangat efektif meningkatkan minat orang untuk melirik iklan promosi Anda. 

Tentu peningkatan minat untuk mengenal apartemen membuka peluang lebih besar bagi mereka untuk memutuskan memilih hunian tersebut.

6. Hanya Terpaku Pada Satu Cara Promosi

Jangan sampai hanya terpaku pada satu cara promosi, misalkan dengan membuat papan reklame saja atau update postingan di media sosial saja. Cara-cara ini kemungkinan besar sudah dilakukan juga oleh para pesaing Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membuat terobosan-terobosan baru.

Contoh cara mengiklankan apartemen yang bisa Anda coba adalah pola menjemput bola, misalkan dengan membagikan kupon undian dengan hadiah menginap di apartemen. Mengadakan acara seminar atau study tour yang melibatkan apartemen Anda sebagai tempat menginap, atau mengadakan event-event lainnya.

7. Tidak Rutin Dalam Membuat Postingan Produk

Tahukah Anda? keaktifan Anda dalam memposting iklan menentukan kemunculan iklan tersebut di beranda para followers. Ini adalah algoritma yang dicanangkan oleh Instagram ataupun Facebook. Jadi semakin intens Anda memposting, semakin besar pula peluang Anda bisa muncul di beranda utama.  

8. Melupakan Kerjasama

Selain membuat promosi ke khalayak masyarakat umum, jangan lupa menggunakan strategi lain yaitu kerjasama dengan perusahaan atau lembaga-lembaga sekitar. Jika pintar melakukan negosiasi dan mengoptimalkan pelayanan, kerjasama ini memiliki keuntungan yang sangat besar.

Misalnya bekerjasama dengan perusahaan tertentu. Ketika karyawan atau pekerja di perusahaan tersebut menyewa apartemen Anda, akan mendapatkan potongan pembayaran berapa persen.

9. Melupakan Kontrol Pelayanan

Control pelayanan adalah sarana Anda untuk membuat penghuni tetap bertahan. Sekilas nampaknya hal ini tidak ada hubungannya dengan cara promosi apartemen. Namun sesungguhnya sangat berhubungan.

Ketika Anda berhasil membuat para penyewa puas, mereka dengan suka rela akan merekomendasikan apartemen Anda kepada teman-teman mereka.  Tanpa harus mendatangi orang satu per-satu, penyewa lah yang mencari Anda.

Sejumlah informasi di bawah ini, juga bisa dijadikan tambahan informasi bagi Anda semua, agar bisa mendapatkan tambahan informasi tentunya.

Baca juga:




Demikian beberapa cara promosi apartemen yang baik dan ampuh. Semoga bermanfaat dan jangan menyerah untuk mencoba.

Penulis: Hanifah Saifuddin
Related Posts