taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Menjadi Agen Tiki dengan Syarat Terbaru

Panduan Cara Menjadi Agen Frenchise Tiki Beserta Syarat Lengkapnya

Cara menjadi agenTiki – PT. Citra Van Titipan Kilat atau lebih dikenal dengan sebutan Tiki merupakan jasa layanan pengiriman barang yang sudah memiliki lebih dari 500 pusat layanan. Tiki sudah berdiri sejak tahun 1970 yang berpusat di Kota Jakarta. Anda bisa mengirimkan paket berupa barang atau bentuk lainnya melalui Tiki karena menjangkau seluruh daerah di Indonesia maupun mancanegara.

cara daftar agen tiki terbaru

Dilihat dari tahun berdirinya perusahaan ini, maka sudah dipastikan bahwa Tiki memiliki pengalaman mengantarkan paket sudah berpuluhan tahun lamanya. Sehingga, tidak aneh apabila Tiki sudah memiliki ratusan armada pesawat serta alat transportasi lain untuk mendukung pengiriman paket. Kini Tiki membuka lowongan untuk setiap orang yang ingin menjadi agen Tiki di seluruh Indonesia. Untuk persyaratan yang mesti dipersiapkan, Anda bisa menyimak informasinya seperti di bawah ini.

Persyaratan Lengkap Menjadi Agen Tiki


  1. Fotocopi akte perusahaan yang telah disahkan oleh Departemen Kehakiman dan perubahannya jika ada, minimal berbentuk CV.. Kemudian, nama pemohon harus sudah terdaftar sebagai direktur usaha pada akte perusahaan yang bersangkutan.
  2. Fotocopy identitas diri pemohon berupa KTP
  3. Fotocopy surat ijin domisili
  4. Fotocopy SIUP
  5. Fotocopy NPWP Perusahaan
  6. Pas fotho berwarna pemohon menggunakan background merah dengan ukuran 3x4  sebanyak 3 lembar dan ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar juga
  7. Denah dan foto lokasi bangunan bagian luar, dalam dengan ukuran postcard
  8. Surat pernyataan tidak sedang bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman barang lainnya, ditandangani di atas materai 6000


Cara Menjadi Agen Tiki Paling Mudah dan Cepat

1. Mendatangi Kantor Tiki Terdekat


Setelah Anda mengumpulkan semua persyaratan yang diminta, maka Anda harus memasukkan persyaratan itu dalam sebuah dokumen agar tidak hilang atau mudah terpisahkan. Jika sudah, silakan segera kunjungi kantor Tiki terdekat dan melakukan proses pendaftaran untuk menjadi agen Tiki.

Cara menjadi agen Tiki pertama ini biasanya Anda diharuskan untuk membayar sejumlah biaya-biaya seperti, safety deposit senilai 10 juta termasuk uang jaminan dan akan dikembalikan jika kontrak telah berakhir. Lalu, ada juga biaya ijin pendirian dan logistik senilai Rp. 3.000.000. Biaya ini terdiri dari SIPJT, Neonsign 1x1 meter, BTTKB, stiker, plastik, poster dan masih banyak lagi. Anda juga harus menandatangani surat pernyataan pra PSK di atas materai 6000.

Baca juga : Cara Mudah Menjadi Agen J&T Express Terbaru

2. Mencari Lokasi Strategis

Cara menjadi agen Tiki kedua adalah Anda harus menentukan lokasi yang strategis agar mudah dijangkau oleh banyak orang. Lokasi strategis untuk agen Tiki ini biasanya harus berada di pinggir jalan, mudah diakses kendaraan roda empat, memiliki jalan dua arah, serta tidak boleh masuk ke dalam gang.

Gerai Tiki yang akan digunakan harus dibangun secara permanen atau tembok mesti di plester dengan warna cat khas Tiki. Lalu, untuk luas ruangannya sendiri minimal 3x3 meter serta memiliki lahan parkir luas, minimal cukup untuk 2-3 mobil.

Untuk tampilan gerainya sendiri, Anda harus menjadikan bangunannya sesuai dengan standar Tiki, yaitu wajib memakai glasses, menggunakan AC, menggunakan cat sesuai standar Tiki, adanya stiker yang sudah disiapkan oleh Tiki sendiri.

Gedung atau gerai Tiki harus memiliki fasilitas telepon, mesin fax, dan kelengkapan ATK. Jangan lupa untuk menyediakan timbangan digital dengan kapasitas minimal 3 kilogram, serta timbangan kasar dengan kapasitas minimal 150 kilogram.

3. Menyiapkan Sumber Daya Manusia

Cara menjadi agen Tiki selanjutnya adalah Anda harus menyiapkan sumber daya manusia atau SDM-nya. Untuk agen yang baru berdiri, Anda memerlukan minimal 2 SDM dengan pendidikan minimal SLTA sederajat.

SDM yang dibutuhkan harus memiliki sertifikasi lulus training yang telah diikuti dan diadakan oleh Tiki Pusat. Kemudian, SDM tersebut harus bersedia melakukan free pick up atau melakukan penjemputan kiriman barang kepada pelanggan yang ada di sekitar lokasi gerai.

Calon pegawai atau karyawan yang akan Anda pilih harus memiliki tampilan yang menarik, wajib mengenakan seragam Tiki dan atribut pendukungnya. Bukan hanya itu saja, calon karyawan wajib memiliki kesehatan jasmani serta rohani.

Baca Juga : Cara Menjadi Agen JNE Express Terbaru

4. Jadwal Buka gerai

Cara menjadi agen Tiki yang terakhir adalah Anda harus siap mematuhi aturan jadwal operasional, yaitu buka setiap Senin sampai Jumat, mulai pukul 08.00 – 21.00 WIB. Kemudian, untuk hari Sabtu dibuka mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB. Sementara hari Minggu dan tanggal merah dikondisikan dengan gerai atau sesuai intruksi dari Tiki.

Jika sudah setuju dengan berbagai aturan dan ketentuan yang sudah diberikan oleh pihak Tiki, maka Anda sudah bisa mengoperasikan gerai Anda dan menjadi agen Tiki untuk jasa pelayanan pengiriman barang. Usahakan untuk bisa memenuhi target penjualan selama 6 bulan berturut-turut agar gerai yang Anda miliki bisa bertahan lama serta mendapatkan pandangan baik dari perusahaan Tiki.

Itulah informasi terkait cara menjadi agen Tiki beserta persyaratannya dengan lengkap untuk dijadikan sebagai referensi bagi Anda yang ingin menjadi seorang agen pada jasa pengiriman barang.

Penulis : Yulianti Dewi

Related Posts