-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Apa Itu Google Ads dan Alasan Penggunaannya dalam Bisnis

Google Ads adalah program periklanan online lewat platform atau media perusahaan resmi Google. Melalui Google Ads, Anda dapat membuat iklan online untuk menjangkau orang-orang tepat pada saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Apa Itu Google Ads - pixabay

Akun Google Ads dikelola secara online, sehingga Anda dapat membuat dan mengubah kampanye iklan kapan saja, termasuk teks iklan, setelan, dan anggaran. Dengan berkembangnya bisnis digital dan online market, melakukan aktivitas promosi dengan media ini adalah salah satu pilihan yang sangat disarankan.

Jika melihat trend bisnis modern saat ini banyak memakai website atau situs resmi, maka google ads adalah salah satu strategi membuat web kita lebih banyak dijangkau target pasar.

Berikut alasan kenapa kenapa Google Ads adalah saran tepat untuk promosi bisnis kita:

1. Biaya yang dibebankan jelas - Pay per Click (PPC)

Google Ads memakai perhitungan PPC (Pay per Click) untuk menghitung biaya iklan Anda dan biaya beriklan akan otomatis dikonversi ke pengunjung menurut harga kliknya. Artinya biaya sebenarnya kita bisa estimasi dari awal

google ads - pixels
Contoh sederhana, misal kita melakukan beriklan lewat Google Ads dengan target audience masuk 1000 orang misalnya. Maka biaya yang kita kalkulasi adalah jumlah target dikalikan dengan nilai PCP.

2. Mendapatkan Pengunjung Sesuai dengan Target Bisnis Anda

Ads akan menampilkan iklan Anda menurut kata kunci yang ditargetkan. Contohnya, jika Anda memiliki usaha rental mobil dan menarget kata kunci ‘cetak undangan tangerang’, maka visitor yang datang ke website Anda melalui Ads adalah mereka yang melakukan pencarian sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan.

google ads - pixels

Bagaimana bisa? itulah kecanggihan robot google. Dengan semua data dan algoritma yang dia punya, bisa dengan mudah memetakan target yang kita inginkan. Bukan hanya dari wilayah, bisa profesi, jenis kelamin hingga usia.

3. Reputasi Website Meningkat Seiring dengan SEO Website

google ads - pixels
Beriklan di Ads akan menguntungkan karena pencarian kata kunci yang banyak dicari untuk optimalisasi SEO tersebut nantinya akan di index oleh Google. Mengapa jadi mudah terindex? Google akan melakukan index otomatis kepada semua mitra yang beriklan di tempatnya. Hasil indexnya pun bisa lebih cepat daripada kita index manual via webmastertools.

4. Dapat Menjangkau Orang Tanpa batas


Informasi mengenai produk dan layanan Anda bisa diketahui oleh orang dari seluruh dunia. Tapi Anda harus paham mengenai persaingan pasar dan analisa web yang baik, dan pemilihan kata kunci yang tepat. Jangan lupa, Buatlah konten yang menarik.


google ads - pixels

Manfaat ini banyak dirasakan oleh banyak produsen makanan dan pertanian kalau di Indonesia. Kopi adalah salah satu produk yang bisa Go Global salah satunya lewat maraknya promosi lewat Google Ads.

5. Meningkatkan Potensi Omset Penjulan

Ads memang tidak dapat menjamin omset suatu produk pasti akan meningkat, namun efek jangka pendek atau jangka panjangnya pasti akan terasa. Parameter utama dari efektifitas Google Ads adalah penjualan, meskipun banyak juga yang tidak menjadikan itu sebagai pedoman.

google ads - pixels
Namun tidak bisa dipungkiri bahwa penjualan masih menjadi acuan penting bagi banyak pelaku bisnis kenapa mereka mau mau beriklan.

6. Branding dan Brand Awareness

Banyak yang menganggap brand adalah aset penting saat ini dalam bisnis. Hal ini juga sekaligus menjawab pertanyaan mengapa banyak brand beriklan lewat google ads namun tidak fokus pada closing penjulan?

google ads - pixels

Jawaban sederhananya karena mereka ingin konten promosi dan konten penjualan itu berbeda konsep. Khusus untuk promosi pasti yang dikejar salah satunya adalah brand awareness.


Penulis : Sigit Ardho
Related Posts