Solikhah

CEO Taupasar.

Apa yang dimaksud Upselling, Cross selling atau Downselling?

Apa teman - teman pernah mendengar mengenai upselling, cross selling atau downselling? Dimana kira-kira mendengar istilah itu?

Bagi dunia sales atau penjualan tentunya tidaklah asing dengan tiga istilah tadi. 3 Teknik ini adalah yang biasa digunakan para marketer (dan salesman) untuk meningkatkan Average Order Value (AOV).bisnis mereka.

Foto : pixabay
Kira kira apa maksudnya ya?⁣

1. Up Selling : Upaya menawarkan barang dengan harga lebih mahal daripada barang yang mau dipesan oleh calon pembeli di awal transaksi. ⁣

Ilustrasi sederhana,
Misalnya kita sedang ada disebuah toko handphone di counter, kita dari awal sebenarnya ingin membeli Hp dengan budget 2,5 juta rupiah, namun saat tiba di toko kita ditawari Hp merek lain atau spesifikasi lebih tinggi dengan harga 3,2 juta rupiah misalnya. Itu tadi contoh teknik up selling.

2. Cross Selling : Cross selling adalah upaya menawarkan produk lain yang bisa melengkapi produk utama yang hendak dibeli oleh calon pembeli. ⁣

Ilustrasi sederhana,
Misal Hp yang ditawarkan jadi kita beli, sangat mungkin kita ditawarkan casing atau anti gores. Hal itu bertujuan supaya satu orang bisa transaksi lebih banyak barang di satu toko, Teknik inilah yang disebut cross selling.

Baca juga : Apa Perbedaan Sales dan Marketing?

3. Down Selling : upaya menawarkan barang dengan harga yang lebih murah daripada barang yang mau dipesan oleh calon pembeli di awal transaksi.⁣

Ilustrasi sederhana,
Masih dalam pengandaian beli Hp. Misalnya Hp yang ingin kita beli ternyata harganya terlalu tinggi. Supaya kita tetap membeli Hp, pemilik toko menawarkan alternatif merek atau tipe Hp yang berbeda, tentunya yang sesuai budget kita. Nah, cara ini disebut down selling.

Fsoto : pixabay
Down selling ini berbeda dengan diskon. Apa beda downselling dengan diskon? diskon itu membuat harga produk yang ingin dibeli lebih murah, sedangkan downselling memberikan alternatif produk lain yang sesui dengan kemampuan calon pembeli. Teknik down selling ini juga sering disebut teknik yang bisa menggugurkan loyalitas pelanggan.

Jadi, saat kita sedang menawarkan produk atau jasa, ketiga teknik ini mungkin bisa kita gunakan.

Penulis : Sigit Ardho