Solikhah

CEO Taupasar.

Definisi Marketing Bisnis dan Penjelasan Lengkapnya

Marketing atau yang dalam Bahasa Indonesia adalah Pemasaran merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya dalam sebuah perusahaan. Oleh sebab itu banyak sekali ilmu atau materi pembelajaran yang khusus membahas marketing secara detail dan spesifik. taupasar.com akan coba membekiran pemaparan berbagai definisi, penjelasan dan berbagai jenis marketing yang ada lengkap dengan pemaparannya.




Definisi Marketing Menurut Para Ahli

1. PHILIP KOTLER 

Marketing adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Marketing bisnis adalah praktek individu atau organisasi, termasuk bisnis komersial, pemerintah dan lembaga, memfasilitasi penjualan produk atau jasa kepada perusahaan atau organisasi baik menjual kembali, menggunakannya sebagai komponen dalam produk atau jasa yang di tawarkan, atau menggunakannya untuk mendukung operasi mereka.

Bisnis yang sukses selalu ditandai dengan tingginya angka penjualan. Marketing adalah satu-satunya alasan mengapa sebuah bisnis bisa menghasilkan angka penjualan yang sangat tinggi sementara pesaingnya lebih rendah. Hanya dengan mengenali inti permainan bernama marketing ini kita bisa mendapatkan penjualan yang optiman bagis bisnis kita.

2. BAGOZZI (1974; 1975)

Marketing adalah proses yang memungkinkan adanya pertukaran (exchange) antara dua pihak atau lebih)

3. FIRMANZAH

Marketing adalah ilmu yang dikembangkan dalam dunia bisnis dan ditujukan untuk mengejar keuntungan

4. HERMAWAN KERTAJAYA

Inti marketing ada 3 hal, yaitu positioning - differentiation - brand. Marketing adalah differentiation yang bisa mendukung positioning sebagai strategi dari brand kita.


Dari berbagai pengertian itu bisa kita tarik suatu analisa bahwa Marketing dan Bisnis sangat berkaitan erat dimana suatu produk dari suatu individu/kelompok dapat dikatakan berhasil jika pemasaran/marketing berjalan dengan baik dan maksimal. Dari keberhasilan marketing/pemasaran lah yang menentukan suatu bisnis sukses atau gagal. Jadi marketing adalah sebuah standar / batasan tingkat kesuksesan dari suatu bisnis.


Berbagai Jenis Marketing dan Penjelasannya

1. Telemarketing

Telemarketing (kadang-kadang dikenal sebagai penjualan di dalam, atau telesales di Inggris dan Irlandia) adalah metode pemasaran langsung di mana seorang penjual mengumpulkan sejumlah calon konsumen untuk membeli produk atau jasa, baik melalui telepon atau melalui wajah setelah muka atau Penunjukan Web conferencing dijadwalkan selama panggilan berlangsung.

Online, Situs Web, Hosting, Domain

Telemarketing juga dapat mencakup penjualan dicatat pitches diprogram untuk dimainkan melalui telepon melalui panggilan otomatis. Telemarketing telah datang di bawah api dalam beberapa tahun terakhir, yang dipandang sebagai gangguan oleh banyak orang.

2, Internasional Marketing

Pemasaran Internasional (IM) atau pemasaran global merujuk kepada pemasaran dilakukan oleh perusahaan luar negeri atau di seberang perbatasan nasional. Strategi ini menggunakan ekstensi teknik yang digunakan di negara asal dari suatu perusahaan. Hal ini mengacu pada praktik pemasaran perusahaan-jajaran di perbatasan termasuk identifikasi pasar dan sasaran, pemilihan mode entri, bauran pemasaran, dan keputusan strategis untuk bersaing di pasar internasional.

Statistik, Bagan, Grafis, Bar, Simbol, Panah, Arah

Menurut American Marketing Association (AMA) ". pemasaran internasional adalah proses multinasional perencanaan dan pelaksanaan konsepsi, penetapan harga, promosi dan distribusi ide, barang, dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan individu dan organisasi tujuan ". Berbeda dengan definisi pemasaran hanya kata multinasional telah ditambahkan. Dengan kata sederhana pemasaran internasional adalah aplikasi prinsip-prinsip pemasaran untuk melintasi batas-batas nasional.. Namun, ada crossover antara apa yang sering dinyatakan sebagai pemasaran internasional dan pemasaran global, yang merupakan istilah serupa.

Persimpangan ini merupakan hasil dari proses internasionalisasi. Penulis Amerika dan Eropa Banyak melihat pemasaran internasional sebagai perpanjangan sederhana ekspor, dimana 4P bauran pemasaran adalah hanya diadaptasi dalam beberapa cara untuk mempertimbangkan perbedaan pada konsumen dan segmen. Kemudian berikut bahwa pemasaran global mengambil pendekatan yang lebih standar untuk pasar dunia dan memfokuskan pada kesamaan, dengan kata lain kesamaan dalam konsumen dan segmen.

3. Internet Marketing

Pemasaran Internet, juga dikenal sebagai pemasaran digital, pemasaran Web, pemasaran online, pemasaran pencarian atau e-marketing, adalah pemasaran (umumnya promosi) produk atau jasa melalui Internet.Internet marketing dianggap luas dalam lingkup karena tidak hanya mengacu pada pemasaran di Internet, tetapi juga mencakup pemasaran dilakukan melalui e-mail dan media nirkabel data pelanggan Digital dan customer relationship management elektronik (eCRM).

Email, Newsletter, Pemasaran, Online, Komunikasi, Mail

Sistem juga sering dikelompokkan bersama di bawah internet marketing. Internet marketing ikatan bersama aspek kreatif dan teknis dari Internet, termasuk desain, pengembangan, iklan, dan penjualan. Internet marketing juga mengacu pada penempatan media bersama berbagai tahapan dari siklus keterlibatan pelanggan melalui pemasaran mesin pencari (SEM ), optimasi search engine (SEO), banner iklan di situs web tertentu, pemasaran email, dan Web 2.0 strategi.

4. Turbo Marketing

Kecepatan merupakan kekhasan untuk zaman ini.Zaman ini adalah zaman serba cepat, maka dalam situasi ekonomi yang turbulen dan tak pasti sekalipun, butuh strategi, turbo marketing. Mengupas cara-cara memasarkan dan menanggapi keinginan pelanggan sehingga ia dekat dengan kita.

Superhero, Gadis, Kecepatan, Pelari, Berjalan, Lampu

Kecepatan merspons adalah kunci untuk menangguk hasil. Nilai-nilai turbo ini pantas diterapkan dalam kiprah apapun, termasuk dalam hidup dan bisnis. Apalagi di abad ini telah terlihat tanda-tanda yang mengarah ke strategi cepat. Menjadi keharusan bahwa lebih cepat daripada pesaing merupakan unsur penting dalam memproduksi, melayani, memasarkan, dan mengirim produk. Itulah Turbo Marketing.

5. Word of Mouth (WOM)

Dari mulut ke mulut (juga dikenal sebagai viva voce ) mengacu pada komunikasi lisan dan informasi yang lewat dari orang ke orang. Mendongeng adalah bentuk tertua dari kata-komunikasi-mulut di mana satu orang memberitahu orang lain dari sesuatu, apakah peristiwa nyata atau sesuatu yang dibuat.

Megafon, Pengeras Suara, Pembicara, Suara, Pengumuman

Tradisi lisan merupakan bahan budaya dan tradisi ditularkan dari mulut ke mulut (oral) dari satu generasi lain. Mendongeng dan tradisi lisan merupakan bentuk dari mulut ke mulut yang memainkan peran penting dalam cerita rakyat dan mitologi.

Bentuk lain yang penting dari mulut ke mulut adalah sejarah lisan -. rekaman, pelestarian dan interpretasi informasi sejarah, berdasarkan pengalaman pribadi dan pendapat pembicara pelestarian sejarah lisan adalah bidang yang berhubungan dengan perawatan dan pemeliharaan oral bahan sejarah yang dikumpulkan dari mulut ke mulut, format apapun mereka mungkin masuk Sebuah area yang penting bagi pemasaran disebut kata-pemasaran-mulut, yang mengandalkan kredibilitas menambahkan komunikasi orang-ke-orang, rekomendasi pribadi.

6. New Wave Marketing

Menonton Tv, Layar, Layar Datar, Kepala, Ombak, Monitor

New Wave Marketing sesungguhnya merupakan dekonstruksi terhadap pendekatan marketing tradisional yang bersifat “vertikal”. Pendekatan vertikal yang saya maksud adalah pendekatan pemasaran yang menggunakan media massa seperti seperti TV, Radio, Koran, dan sebagainya; arahnya one-way sehingga tidak memungkinkan terjadinya interaksi intens antara brand dengan konsumen; dan sifatnya “one-to-many” sehingga tidak bisa fokus . Dalam pendekatan ini konsumen menjadi semacam “obyek penderita” yang dijadikan target market oleh si marketer.

7. Viral Marketing

Viral marketing dan periklanan virus adalah istilah-istilah mengacu pada teknik pemasaran yang menggunakan jaringan sosial yang sudah ada untuk menghasilkan peningkatan brand awareness atau untuk mencapai tujuan pemasaran lainnya (seperti penjualan produk) melalui replikasi diri proses virus, analog dengan penyebaran virus atau virus komputer. Hal ini dapat disampaikan dari mulut ke mulut atau ditingkatkan oleh efek jaringan Internet. Viral promosi dapat berupa klip video, permainan interaktif Flash, advergames, ebooks, software brandable, gambar, atau pesan teks.

Wow, Mulut, Polka, Pop Art, Seni, Polka Dot

Tujuan dari pemasar tertarik untuk membuat program viral marketing yang sukses adalah untuk membuat pesan virus yang menarik bagi individu dengan potensi tinggi jaringan sosial (SNP) dan yang memiliki probabilitas tinggi yang disajikan dan disebarkan oleh individu-individu dan pesaing mereka dalam berkomunikasi dengan orang lain .

The "viral marketing" istilah juga telah digunakan pejoratively untuk merujuk pada kampanye pemasaran stealth-penggunaan bermoral online astroturfing dikombinasikan dengan iklan undermarket di pusat perbelanjaan untuk menciptakan kesan dari kata spontan antusiasme mulut.


8. Mass Marketing

Pemasaran massal adalah strategi cakupan pasar di mana perusahaan memutuskan untuk mengabaikan perbedaan segmen pasar dan pergi setelah seluruh pasar dengan satu tawaran. Ini adalah jenis pemasaran (atau mencoba untuk menjual melalui persuasi) suatu produk kepada khalayak luas. Idenya adalah untuk menyiarkan pesan yang akan mencapai jumlah terbesar orang-orang mungkin.

Seleksi, Individu, Pilih, Tampilkan, Tangan, Jari, Saya

Secara tradisional pemasaran massal telah difokuskan pada radio, televisi dan surat kabar sebagai media yang digunakan untuk mencapai khalayak luas. Dengan mencapai paparan penonton terbesar mungkin untuk produk dimaksimalkan. Dalam teori ini secara langsung akan berkorelasi dengan jumlah yang lebih besar dari penjualan atau membeli untuk produk.

9. Niche Marketing
Sebuah ceruk pasar merupakan bagian dari pasar di mana suatu produk tertentu adalah fokus, sehingga ceruk pasar mendefinisikan fitur produk tertentu yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar tertentu, serta kisaran harga, kualitas produksi dan demografi yang dimaksudkan untuk dampak
setiap produk tunggal yang dijual dapat didefinisikan oleh pasar niche.

Lemon, Jeruk, Buah, Juicy, Asam, Latar Belakang, Citric

Sebagai catatan khusus, produk yang ditujukan untuk khalayak demografis yang luas, dengan harga yang rendah yang dihasilkan (karena elastisitas harga dari permintaan), dikatakan berasal dari mainstream niche-dalam praktek disebut hanya sebagai mainstream atau permintaan yang tinggi. Demografi sempit mengakibatkan harga tinggi karena prinsip yang sama. Sehingga untuk berbicara, Pasar Niche adalah pasar yang sangat khusus yang mencoba bertahan di tengah persaingan dari perusahaan super banyak.

Dalam prakteknya, produk vendor dan bisnis perdagangan sering disebut sebagai penyedia utama atau sempit demografi penyedia ceruk pasar (bahasa sehari-hari diperpendek menjadi penyedia pasar hanya niche). Penyedia modal kecil biasanya memilih ceruk pasar dengan demografi sempit sebagai ukuran untuk meningkatkan margin keuntungan mereka.Namun demikian, kualitas produk akhir (rendah atau tinggi) tidak tergantung pada elastisitas harga permintaan, melainkan lebih terkait dengan kebutuhan spesifik bahwa produk ini ditujukan untuk memuaskan dan dalam beberapa kasus dengan pengenalan merek dengan yang vendor ingin menjadi terkait (misalnya, prestise, kepraktisan, menghemat uang, kemahalan, hati nurani planet lingkungan, listrik, & c.).

10. Business to Business Marketing

Pemasaran Bisnis ke Bisnis (B2B) adalah perusahaan pemasaran langsung utama yang mengkhususkan diri dalam memimpin generasi, generasi permintaan dan retensi pelanggan. Kami menyebarkan kampanye menyerukan keluar atas nama beberapa organisasi bangsa yang paling dihormati.Kami telah menjadi perusahaan pemasaran langsung pilihan bagi perusahaan dengan produk yang kompleks dan jasa yang dipasarkan kepada para pengambil keputusan tingkat tinggi.

Sungai Singapura, Kaki Langit, Bangunan, Air

Solusi pemasaran langsung kami membantu klien kami meningkatkan penjualan melalui program-program strategis dirancang memimpin generasi. Apakah program panggilan keluar adalah untuk menghasilkan dan memenuhi kualifikasi prospek baru, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, melakukan survei pemasaran atau mengundang peserta untuk acara, B2B adalah B2B kreatif dan kuat yang mendapat mitra pemasaran hasil.

11. Business to Consumer Marketing

Berbicara tentang pemasaran B2C, ini adalah salah satu kampanye pemasaran yang rumah bisnis dapat digunakan untuk publikasi barang dan jasa. Untuk ini perusahaan dapat mempekerjakan orang yang bisa menjangkau masyarakat umum sebagai wakil perusahaan. Perwakilan ini dapat mengatasi pelanggan di tempat umum, seperti pusat perbelanjaan atau kabupaten dan membuat mereka sadar tentang produk dan jasa perusahaan dengan mendistribusikan selebaran yang berisi informasi perusahaan atau dengan menyerahkan berbagai bentuk materi promosi. wakil perusahaan juga melakukan pemasaran pintu ke pintu untuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan.

Wanita, Perbelanjaan, Gaya Hidup, Cantik, Dewasa, Tas

Semua faktor ini membuat B2C salah satu pemasaran yang paling efektif modus komunikasi. pemasaran B2C juga melibatkan iklan melalui koran, televisi dan radio untuk komunikasi yang lebih baik. Mode ini memberikan perusahaan dengan strategi pemasaran yang lebih baik konsumen yang dapat bekerja pada untuk membangun pasar yang lebih besar untuk produk dan layanan dan dengan demikian mencapai tujuan menguntungkan.

Internet marketing B2C merupakan salah satu strategi pemasaran konsumen yang paling canggih yang merevolusi dunia bisnis. Ini tidak hanya membantu dalam mengembangkan kontak langsung antara rumah konsumen dan bisnis tetapi juga memungkinkan pengusaha untuk mengiklankan dan menjual produk dan jasa secara mudah. Sekarang hari dengan kemajuan Internet, pengusaha dapat menggunakan berbagai strategi periklanan online yang membantu untuk memenuhi bagian yang lebih luas dari potensi pasar global. strategi periklanan online seperti PPC dan Podcast dihitung di antara kampanye promosi yang paling efektif untuk setiap bisnis. Iklan ini dapat ditampilkan di situs berbagai search sehingga mereka dilihat oleh banyak orang pada saat yang sama.

Membuat menyadari penawaran perusahaan melalui website juga membantu rumah bisnis untuk berhasil memenuhi pemirsa potensial. Juga, fasilitas belanja online yang disediakan melalui situs web membuat pelanggan di availing fasilitas dan membeli produk tanpa membuang waktu dan uang tambahan untuk mengunjungi setiap toko fisik untuk melakukan pembelian diinginkan.Hal ini tidak cukup hanya mendirikan usaha, bisnis juga harus berkembang dan menghasilkan keuntungan. Untuk memenuhi tujuan tersebut, berbagai strategi digunakan untuk publisitas yang baik.

Di antara berbagai strategi pasar bisnis, pemasaran B2B yaitu bisnis untuk pemasaran bisnis dan pemasaran bisnis B2C yaitu untuk pemasaran konsumen yang sedang terus dibicarakan. Sebuah perdebatan terus-menerus selama dua telah menciptakan B2B vs B2C situasi pemasaran di dunia bisnis. Meskipun tujuan dari keduanya adalah sama yaitu pengembangan usaha dan untuk menghasilkan keuntungan tetapi pendekatan mereka berbeda. Sedangkan transaksi B2B dengan transaksi antara dua bisnis, strategi pemasaran B2C membantu usaha di rumah langsung menargetkan pelanggan.

12. Consumer to Consumer Marketing (C2C)

Dari mulut ke mulut (juga dikenal sebagai viva voce) atau C2C mengacu pada komunikasi lisan dan informasi yang lewat dari orang ke orang. Mendongeng adalah bentuk tertua dari kata-komunikasi-mulut di mana satu orang memberitahu orang lain dari sesuatu, apakah peristiwa nyata atau sesuatu yang dibuat. tradisi lisan merupakan bahan budaya dan tradisi ditularkan dari mulut ke mulut (oral) dari satu generasi lain . Mendongeng dan tradisi lisan merupakan bentuk dari mulut ke mulut yang memainkan peran penting dalam cerita rakyat dan mitologi.

Minuman, Coffee Shop, Bisnis, Kesepakatan, Koneksi

Bentuk lain yang penting dari mulut ke mulut adalah sejarah lisan -. rekaman, pelestarian dan interpretasi informasi sejarah, berdasarkan pengalaman pribadi dan pendapat pembicara pelestarian sejarah lisan adalah bidang yang berhubungan dengan perawatan dan pemeliharaan oral bahan sejarah yang dikumpulkan dari mulut ke mulut, format apapun mereka mungkin masuk. Sebuah area yang penting bagi pemasaran disebut kata-pemasaran-mulut, yang mengandalkan kredibilitas menambahkan komunikasi orang-ke-orang, rekomendasi pribadi.
             
13. Goverment Marketing

Obama, Barack Obama, Presiden, Pria, Presiden Obama

B2G (Bisnis kepada Pemerintah) pemasaran yang memerlukan strategi yang berbeda dari B2C (Business to Consumer) dan B2B (Business to Business) pemasaran. Minor salah langkah yang mungkin mudah diperbaiki dalam kampanye pemasaran B2C dan B2B dapat menyebabkan masalah besar ketika pemasaran kepada pemerintah. Siklus penjualan untuk pemasaran B2G juga memerlukan kesabaran; Paman Sam jarang membuat keputusan snap.

Di sisi lain, pemerintah federal adalah agen pembelian terbesar di dunia, dan Departemen Pertahanan (DoD) instansi yang bertanggung jawab untuk lebih dari pembelian dibandingkan instansi lain. Ketika pemerintah federal adalah klien Anda, Anda tidak akan pernah khawatir tentang klien Anda akan keluar dari bisnis atau melewatkan kota tanpa membayar faktur Anda. Dan badan-badan DoD membeli barang dan jasa dari ribuan perusahaan dari berbagai ukuran setiap tahun, terlepas dari ekonomi.

14. Ambush Marketing


Ambush marketing dapat didefinisikan sebagai strategi pemasaran dimana pengiklan mengasosiasikan dirinya dengan, dan oleh karena itu memanfaatkan, peristiwa tertentu tanpa harus membayar biaya sponsor. Macmillan Kamus Inggris penyergapan mendefinisikan pemasaran sebagai strategi pemasaran di mana merek bersaing menghubungkan sendiri dengan suatu acara olahraga besar tanpa membayar biaya sponsor.

Menurut McCarthy, pemasaran penyergapan adalah jenis pemasaran oleh perusahaan yang bukan sponsor resmi dari suatu peristiwa, tetapi yang menempatkan iklan dengan menggunakan acara tersebut, untuk mendorong pelanggan untuk memperhatikan iklan. Dari perspektif teoretis., pemasaran penyergapan mengacu pada upaya perusahaan untuk memanfaatkan reputasi, goodwill, dan popularitas dari suatu peristiwa tertentu dengan membuat sebuah asosiasi dengan itu, tanpa otorisasi atau persetujuan dari yang diperlukan pihak.

15. Community Marketing

Komunitas pemasaran adalah strategi untuk melibatkan penonton dalam prospek, aktif non-intrusif dan percakapan pelanggan. Sedangkan strategi komunikasi pemasaran seperti iklan, promosi, PR, dan penjualan semua berfokus pada mencapai pelanggan, Komunitas Marketing berfokus pada kebutuhan pelanggan yang ada. Ini menyelesaikan empat hal untuk bisnis:

     * Menghubungkan pelanggan dengan prospek yang ada
     * Menghubungkan prospek dengan satu sama lain
     * Menghubungkan perusahaan dengan pelanggan / prospek untuk memperkuat loyalitas
     * Menghubungkan pelanggan dengan pelanggan untuk meningkatkan adopsi produk, kepuasan, dll

Ada dua jenis pemasaran komunitas:
     * Organik (dibuat oleh pengguna tanpa intervensi perusahaan)
     * Sponsored (dibina dan diselenggarakan oleh perusahaan)

Recent membangun skeptisisme di kalangan konsumen sebagai hasil dari iklan terang-terangan dan komunikasi tidak etis lainnya telah mempengaruhi keberhasilan bentuk disponsori Masyarakat Pemasaran. Melanjutkan sukses dalam strategi pemasaran komunitas telah ditemukan dalam menarik dan budidaya masyarakat alam yang terbentuk di sekitar produk / jasa.

16. Multilevel Marketing

Multi-level marketing (MLM) merupakan suatu strategi pemasaran di mana kekuatan penjualan kompensasi tidak hanya untuk penjualan mereka secara pribadi menghasilkan, tetapi juga untuk penjualan orang lain mereka merekrut, menciptakan downline distributor dan hirarki dari berbagai tingkat kompensasi.

Istilah lain untuk MLM termasuk pemasaran jaringan, dan pemasaran rujukan, tidak menjadi bingung dengan pemasaran rujukan sebenarnya. Paling umum, tenaga penjualan diharapkan untuk menjual produk langsung ke konsumen melalui referral hubungan dan firman pemasaran mulut. Sebagai hasilnya,. beberapa orang conflate MLM dengan penjualan langsung, MLM meskipun hanya satu jenis penjualan langsung.

Perusahaan MLM telah menjadi subjek sering kritik serta target tuntutan hukum. Kritik telah difokuskan pada kesamaan mereka untuk skema piramida ilegal, menetapkan harga produk, awal yang tinggi biaya awal, penekanan pada perekrutan tenaga penjualan rendah-berjenjang atas penjualan aktual, mendorong jika tidak memerlukan tenaga penjualan untuk membeli dan menggunakan perusahaan produk, eksploitasi potensi hubungan pribadi yang digunakan sebagai target penjualan baru dan merekrut, skema kompensasi yang kompleks dan kadang-kadang berlebihan, dan teknik pengkultusan yang beberapa kelompok digunakan untuk meningkatkan antusiasme anggotanya dan pengabdian.

Tidak semua perusahaan MLM beroperasi dengan cara yang sama, dan MLM kelompok telah terus-menerus menyangkal bahwa teknik mereka apa pun kecuali praktek bisnis yang sah. Kebalikan dari MLM adalah single-level marketing. Dalam pemasaran satu tingkat, tenaga penjual dihargai untuk menjual produk, tetapi tidak untuk merekrut atau mensponsori penjual lainnya.

17. Cloud Marketing

Nuansa Cloud Computing dan Software sebagai Service (SaaS) telah mengubah cara mengelola bisnis infrastruktur dengan cara yang tak terhitung banyaknya. Dengan outsourcing software perusahaan / infrastruktur hardware dan tenaga kerja yang diperlukan untuk mengembangkan dan mempertahankan itu, perusahaan mampu menanggung biaya overhead yang lebih sedikit. Jadi, lebih mudah bagi perusahaan untuk lebih fokus pada kegiatan bisnis sehari-hari, bukan pemeliharaan internal. Selain itu, penyedia SaaS mampu mengalokasikan seluruh waktu dan sumber daya untuk menyesuaikan infrastruktur yang paling cocok untuk perusahaan.

Hasil akhirnya adalah infrastruktur yang lebih baik dan mengurangi biaya-lebih kurang. Jadi mengapa tidak berlaku bahwa filsafat yang sama untuk pemasaran produk melalui saluran mitra?Awan Pemasaran tradisional pemasaran + Software sebagai Service. Ini terdiri dari migrasi semua aset pemasaran ada online di konsol disesuaikan. Menempatkan aset online ini membuat mereka mudah bagi semua pihak yang terlibat untuk membuat, memodifikasi, menggunakan dan berbagi. Dari perspektif saluran, tidak ada satu (VAR juga vendor) harus memiliki pengalaman atau pelatihan dengan teknologi yang mendukung mereka. Ini semua didukung oleh pihak ketiga yang ditujukan untuk pemeliharaan platform.

18. Digital Marketing

Digital Marketing adalah mempromosikan merek menggunakan segala bentuk saluran periklanan digital untuk menjangkau konsumen. Ini sekarang termasuk televisi, Radio, internet, mobile, sosial media pemasaran dan bentuk lain dari media digital. Sementara pemasaran digital ini mencakup banyak teknik dan praktek yang terkandung dalam kategori Internet Marketing, ia meluas melampaui ini dengan termasuk saluran lain yang dapat digunakan untuk mencapai orang-orang yang tidak memerlukan penggunaan Internet. Sebagai akibat dari ketergantungan-non di Internet, bidang pemasaran digital mencakup seluruh host elemen seperti seluler, telepon sms / mms, menampilkan / iklan banner dan digital outdoor.

Sebelumnya dipandang sebagai layanan yang berdiri sendiri di dalam dirinya sendiri, sering dilihat sebagai sebuah domain yang dapat dan tidak mencakup sebagian besar, jika tidak semua, dari daerah pemasaran yang lebih tradisional seperti Direct Marketing dengan memberikan metode yang sama dalam berkomunikasi dengan penonton namun dalam mode digital. Digital sekarang sedang diperluas untuk mendukung "pelayanan" dan "keterlibatan" dari pelanggan.

19. Proximity Marketing

Jarak pemasaran adalah distribusi lokal nirkabel konten iklan yang berhubungan dengan tempat tertentu. Transmisi dapat diterima oleh individu di lokasi yang yang ingin menerima mereka dan memiliki peralatan yang diperlukan untuk melakukannya. Distribusi mungkin melalui siaran lokal tradisional, atau lebih umum secara khusus ditujukan untuk perangkat dikenal di daerah tertentu.

Lokasi perangkat mungkin akan ditentukan oleh:

  • Telepon selular berada dalam sel tertentu
  • Sebuah Bluetooth atau perangkat WiFi sedang dalam jangkauan pemancar.
  • Internet Sebuah perangkat berkemampuan dengan GPS memungkinkan untuk permintaan konten lokal dari server Internet.
Komunikasi dapat lebih ditargetkan untuk kelompok tertentu dalam suatu lokasi tertentu, untuk konten misalnya dalam wisata hot spot hanya dapat didistribusikan ke perangkat yang terdaftar di luar area lokal. Komunikasi dapat baik spesifik waktu dan tempat, misalnya konten di tempat konferensi tergantung pada acara dalam penyelesaian. Penggunaan kedekatan pemasaran meliputi distribusi media di konser, informasi (weblinks fasilitas lokal), game dan sosial aplikasi, dan iklan.

20. Cross Media Marketing

Cross media pemasaran adalah sebuah bentuk lintas promosi di mana perusahaan promosi berkomitmen untuk melampaui iklan tradisional dan memutuskan untuk memasukkan banding tambahan untuk produk mereka yang ditawarkan.

Materi yang dapat dikomunikasikan oleh media massa seperti e-mail, huruf, halaman web, atau sumber merekrut lainnya. Metode ini bisa sangat sukses untuk penerbit karena pemasaran meningkatkan keuntungan iklan dari pengiklan tunggal. Selain itu, taktik ini menghasilkan penghubung yang baik antara pengiklan dan penerbit, yang juga meningkatkan keuntungan.

21. Guerrilla Marketing

Konsep pemasaran gerilya diciptakan sebagai sistem yang tidak konvensional dari promosi yang mengandalkan waktu, tenaga dan imajinasi daripada anggaran pemasaran yang besar. Biasanya, gerilya kampanye pemasaran yang tak terduga dan tidak konvensional, berpotensi interaktif, dan konsumen ditargetkan di tempat-tempat tak terduga.

Tujuan pemasaran gerilya adalah untuk menciptakan sebuah konsep, yang unik menarik dan pemikiran untuk menghasilkan buzz, dan akibatnya gilirannya virus. Istilah ini diciptakan dan didefinisikan oleh Jay Conrad Levinson dalam bukunya Guerrilla Marketing. Istilah ini telah memasuki kosakata populer dan buku teks pemasaran.

Pemasaran gerilya melibatkan pendekatan yang tidak biasa seperti pertemuan mencegat di tempat umum, jalan hadiah produk, stunts PR, atau pemasaran yang tidak konvensional dimaksudkan untuk mendapatkan hasil maksimal dari sumber daya yang minimal. Pendekatan yang lebih inovatif untuk pemasaran gerilya sekarang menggunakan cutting edge teknologi mobile digital untuk terlibat konsumen dan menciptakan pengalaman merek terlupakan.

22. Affiliate Marketing

Afiliasi pemasaran adalah praktik pemasaran di mana sebuah bisnis imbalan satu atau lebih afiliasi untuk setiap pengunjung atau pelanggan yang dibawa oleh usaha sendiri affiliate marketing. Contohnya termasuk situs penghargaan, di mana pengguna dihargai dengan tunai atau hadiah, untuk menyelesaikan suatu penawaran, dan rujukan orang lain ke situs. Industri ini memiliki empat pemain inti: pedagang (juga dikenal sebagai 'retailer' atau 'merek'), jaringan, penerbit (juga dikenal sebagai 'affiliate'), dan pelanggan.

Pasar telah tumbuh di kompleksitas untuk menjamin tingkat sekunder pemain, termasuk lembaga manajemen afiliasi, super-afiliasi dan khusus vendor pihak ketiga.Afiliasi pemasaran tumpang tindih dengan metode pemasaran Internet lainnya ke beberapa derajat, karena afiliasi sering menggunakan metode iklan biasa. Metode-metode termasuk search engine optimization organik, dibayar pemasaran mesin pencari, pemasaran e-mail, dan dalam beberapa arti tampilan iklan. Di sisi lain, afiliasi kadang menggunakan teknik yang kurang ortodoks, seperti menerbitkan tinjauan produk atau jasa yang ditawarkan oleh pasangan.

23. Direct Mail Marketing

Pemasaran langsung adalah bentuk iklan yang mencapai penonton tanpa menggunakan jalur formal tradisional iklan, seperti TV, surat kabar atau radio. Bisnis berkomunikasi langsung ke konsumen dengan teknik iklan seperti brosur, distribusi katalog, surat promosi, dan iklan jalanan.Langsung Periklanan merupakan sub-disiplin dan jenis pemasaran.

Ada dua karakteristik definisi utama yang membedakannya dari jenis lain pemasaran. Yang pertama adalah bahwa ia mengirimkan pesan secara langsung kepada konsumen, tanpa menggunakan intervensi media komunikasi komersial. Karakteristik kedua adalah prinsip inti dari sukses Periklanan mengemudi tertentu "ajakan untuk bertindak." Aspek pemasaran langsung melibatkan penekanan pada dilacak, terukur, respon positif dari konsumen (dikenal hanya sebagai "respon" dalam industri) tanpa medium.

Jika iklan meminta prospek untuk mengambil tindakan tertentu, misalnya memanggil nomor telepon gratis atau mengunjungi situs web, maka usaha tersebut dianggap iklan respon langsung.Pemasaran langsung banyak digunakan oleh perusahaan menengah kecil untuk ukuran dengan anggaran iklan yang terbatas yang tidak memiliki pesan merek yang diakui dengan baik. Sebuah kampanye iklan dilaksanakan dengan baik langsung dapat menawarkan pengembalian positif terhadap investasi sebagai pesan tidak tersembunyi dengan branding overcomplicated. Sebaliknya, iklan langsung lurus ke titik; menawarkan produk, layanan, atau kejadian, dan menjelaskan bagaimana untuk mendapatkan produk yang ditawarkan, layanan, atau peristiwa.

Referensi : berbagai sumber jurnal pemasaran
Editor : Sigit Utomo