Solikhah

CEO Taupasar.

Bagaimana Cara Membuat Iklan SEM di Google Adwords?

- taupasar.comBagaimana Cara Membuat Iklan SEM di Google Adwords?

Mungkin sebagian dari kita bertannya - tanya dariana Google mendapatkan penghasilan?
Salah satu jawabannya adalah dari iklan yang mereka publikasikan. Jenis iklan google sangat beraneka ragam, ada yang berbentuk text, image juga video. Dan penghasilan terbesar google adalah dari iklan textnya atau biasa di sebut SEM (Search Engine Marketing).

Seo, Sem, Google, Pemasaran, Optimasi, Web, Bisnis


Dengan pengguna yang begitu banyak dan hampir menjadi pilihan utama seseorang dalam mencari informasi, Google adalah media iklan yang sangat disarankan bagi dunia bisnis dan marketing. Ditambah dengan segala robot cerdas mereka yang bisa menterjemahkan audience yang tertaget membuat google begitu powerfull.

Sebelum terlalu jauh membahas SEM, Apa sebenarnya itu SEM dan SEO?


Saat sudah tahu SEM, lalu bagaimana membuat iklan di Google? taupasar.com akan mencoba membuat tutorial cara membuat iklan di Google. Sebelumnya apakah anda sudah tau jenis iklan textnya? Penjelasan secara singkatnya, ketika anda mencari sesuatu di google.com dengan kata kunci apapun, sebagai contoh anda mencari smartphone dan di hasil pencarian ada logo "ads" nah itu adalah iklan di google.


Bayangkan setiap hari ada lebih dari jutaan orang mencari sesuatu di google dengan berbagai kata kunci, dan ada berbagai iklan yang tampil disitu, anda bisa bayangkan berapa penghasilan google. Untuk lebih jelasnya

gambar ini adalah contoh iklan google.com






Jika diliat gambar diatas, untuk kata kunci "Belanja Online" saja ada lebih dari 8 iklan yang tampil.

Nah jika anda sudah mengetahui salah satu jenis iklan Google ini, kita biasakan sebut dengan nama SEM ( Search Engine Marketing), maka sekarang saatnya kita membuat iklan kita tampil di google. Baiklah berikut tutorial cara membuat iklan di Google.


1.) Gmail atau Custome Domain


Langkah pertama untuk bisa membuat iklan di google adalah anda harus mempunyai akun gmail. Disini saya tidak akan membuat tutorial membuat gmail, karena saya anggap pembaca sudah mempunyai akun gmail. Setelah itu bukalah url ini www.adwords.google.com






,
anda masukan email anda dan website, blogspot, wordpress atau yang lainya tak jadi masalah. Jika sudah lanjut Continue



Nah pada pendaftaran Adword pertama kali, anda akan diminta untuk membuat iklan pertama anda. DI bagian "Your First Campaign" ini, anda akan diminta membuat iklan adwords anda, dengan setting sbb :


  • Budget : Budget harian yang ingin anda habiskan untuk 1 kampanye ini
  • Location : Pilih lokasi (wilayah) dimana iklan ingin ditampilkan. Disini anda bisa secara spesifik memilih wilayah yang ingin anda tampilkan iklanya, sebagai contoh : Jakarta, Bandung atau Indonesia saja.
  • Network : Atau jenis iklan, pilih Search Network saja
  • Keywords : Kata kunci, yang ingin anda tampilkan iklan anda. Sebagai contoh website saya tentang Iklan Digital, maka saya menggunakan kata kunci yang relevan dengan website saya sebagai contoh : Digital Ads, Digital Marketing dll.
  • Bid : atau penawaran, pilih penawaran secara manual saja. Adalah berapa harga yang ingin anda tentukan atau keluarkan ketika seseorang mengklik iklan SEM anda.
  • Text Ad : Disinilah anda membuat iklan text SEM anda. Sebagai contoh seperti gambar dibawah :





Jika sudah anda isi semuanya, lalu Save and Continue.




Di bagian Billing, anda akan diminta mengisi data untuk penagihan kampanye anda, cara pembayaran, metode pembayaran, nama dan alamat email. Google menyediakan 2 alat pembayaran yaitu kartu kredit dan kartu debit. Jadi jika anda tidak mempunyai kartu kredit anda bisa menggunakan kartu debit.


Apabila langkah diatas sudah dilakukan, save and continue. Selanjutnya google akan mereview akun dan email anda. Dan setelah itu, Selamat akun dan iklan anda sudah aktif, dan anda sudah membuat iklan di google.


Selesai. Sudah mulai paham bagaimana membuat iklan SEM di Google? Sekali lagi sebagai digital amrketer atau orang yang mulai bergelut didunia digital, kita perlu juga belajar hal lain. Apa sih skill yang seharusnya kita kuasai dalam bisnis digital? banyak sekali tentunya, namun materi belajarnya juga banyak dan mudah di akses saat ini. Terima kasih. Sukses selalu.

Editor : Sigit Ardho