taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah 5+ Tips Mengelola Bisnis Jus Buah Agar Terus Berkembang

Inilah 5+ Tips Mengelola Bisnis Jus Buah Agar Terus Berkembang

Kini sudah banyak ditemukan berbagai jenis bisnis di tengah masyarakat, salah satunya adalah bisnis jus buah. 
Tips Mengelola Bisnis
Bisnis jus buah termasuk ke dalam salah satu bisnis yang menjanjikan, karena bisnis makanan dan minuman berkaitan dengan hajat hidup atau kebutuhan seseorang, sehingga akan banyak peminatnya. Di antara alasan lain yang membuat bisnis jus buah sangat menjanjikan adalah:
  • Modal usaha yang terbilang kecil
  • Jenis minuman yang menyehatkan
  • Memiliki target pasar yang tidak terbatas usia
  • Biaya promosi yang terjangkau
  • Lokasi bisnis yang fleksibel
Meskipun bisnis jus buah terbilang mudah dan terjangkau, pemilik bisnis tetap harus mengelola bisnis jus buah. Pengelolaan ini bertujuan untuk membuat bisnis jus buah terus berkembang dan tidak mengalami kerugian. Lalu, apa saja langkah dalam mengelola bisnis jus buah? Simak pembahasannya dalam artikel di bawah ini.

5+ Tips Mengelola Bisnis Jus Buah

1. Memperhatikan Keuangan Bisnis 

Langkah pertama dalam mengelola bisnis jus buah adalah memperhatikan keuangan bisnis. Dalam hal ini, membuat laporan keuangan atau setidaknya mencatat pemasukan dan pengeluaran sangatlah penting. Pastikan Anda memisahkan keuangan bisnis jus buah dengan keuangan pribadi agar terdapat alur keuangan yang jelas.

Selain mencatat alur keuangan, Anda juga diharuskan untuk menganalisis keuntungan secara rutin. Menganalisis keuntungan tidak dapat dilakukan tanpa menghitung terlebih dahulu modal awal berjualan. Oleh karena itu, jumlahkan modal awal berjualan dan tentukan harga jual pada jus yang akan dipasarkan. Setelah itu, hitung keuntungan bersih yang Anda dapatkan dengan rumus sebagai berikut:
  • Keuntungan bersih = Keuntungan kotor - biaya operasional. 
Dengan mengetahui keuntungan bersih, Anda juga dapat memperkirakan kurun waktu yang diperlukan untuk mengembalikan modal awal usaha.

2. Mengembangkan Konsep Berjualan

Dalam dunia bisnis yang dinamis, Anda dituntut untuk selalu berinovasi agar bisnis yang dijalani tidak tertinggal. Jika sebelum memulai bisnis Anda menentukan konsep dengan riset dan membandingkan setiap kompetitor, maka saat bisnis berjalan konsep tersebut harus selalu dikembangkan. 

Ide-ide kreatif sangatlah dibutuhkan agar para konsumen tidak berpindah kepada kompetitor. Beberapa pengembangan konsep berjualan jus yang dapat Anda lakukan adalah:
  • Mempromosikan di media sosial secara rutin dan menarik
  • Memberikan promo menarik, baik secara rutin atau di hari-hari tertentu
  • Menambah variasi produk yang akan dipasarkan
  • Tetap menjaga kepercayaan konsumen 
  • Memperhatikan Bahan Baku
Bahan baku dari jus buah adalah buah-buahan. Memperhatikan bahan baku juga termasuk ke dalam salah satu upaya dalam mengelola usaha jus buah. Selain berkaitan erat dengan kesehatan, hal ini juga akan mempengaruhi kepercayaan konsumen atas produk jus yang Anda pasarkan.

Untuk mendapatkan bahan baku yang berkualitas, pastikan Anda mencari supplier buah-buahan yang terpercaya. Atau jika Anda ingin mendapatkan buah-buahan yang lebih terjangkau tetapi dengan kualitas yang sama bagusnya, maka sangat disarankan untuk membelinya langsung kepada para petani. 

Selain memastikan buah berkualitas, perhatikan juga bahwa buah-buahan rentan mengalami pembusukan dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, Anda harus dapat memilih buah dengan tingkat kematangan mulai dari yang ranum hingga matang. Anda dapat menyimpan buah yang masih setengah matang terlebih dahulu dan mengolah buah-buahan yang sudah matang menjadi jus untuk dipasarkan.

3. Memperhatikan Merk Dagang

Mengelola bisnis jus buah juga dapat dilakukan dengan memperhatikan merk dagang. Mengapa demikian? Hal ini karena nama merk yang unik akan lebih mudah diingat oleh para konsumen. Dengan adanya merek dagang, Anda juga dapat dengan mudah melakukan branding pada jus buah yang dipasarkan.

4. Memanfaatkan Layanan Delivery

Layanan delivery atau pesan antar kini sedang ramai dilakukan oleh para pelaku bisnis, guna membuat konsumen lebih nyaman dalam berbelanja. Layanan pesan antar ini juga termasuk ke dalam salah satu tips dalam mengelola bisnis jus buah. Anda dapat mempertimbangkan tips yang satu ini atau memberikan tarif lebih untuk ongkos kirim jika konsumen meminta untuk layanan pesan antar.

Simak informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Itulah 5+ tips mengelola bisnis jus buah yang dapat Anda lakukan. Langkah-langkah di atas dapat Anda lakukan secara keseluruhan ataupun salah satu di antaranya. Akan tetapi, akan lebih efektif jika Anda menerapkan langkah-langkah tersebut agar konsumen tetap berlangganan pada bisnis jus buah yang sedang Anda jalani.
Related Posts