taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tips Penting yang Wajib Dicermati Saat Membeli Di Jual Beli Mobil Bekas Bandung

Tips Penting yang Wajib Dicermati Saat Membeli Di Jual Beli Mobil Bekas Bandung

Untuk sebagian besar orang, membeli mobil bekas menjadi sebuah pilihan terbaik dibandingkan menjual mobil baru karena berbagai alasan. Sehingga hampir di semua daerah di Indonesia terdapat tempat jual beli mobil bekas termasuk di Bandung.
Jual Beli Mobil Bekas
Selain karena harganya yang lebih terjangkau, sebagian orang juga berpendapat kalau nilai mobil akan terus menurun seiring berjalannya waktu. Sehingga banyak yang kemudian memutuskan untuk membeli mobil bekas saja dengan alasan lebih ekonomis.

12 Tips Penting Saat Membeli Mobil Bekas

Tentu saja membeli mobil bekas tidaklah sama dengan membeli mobil baru, sehingga harus cermat saat memilihnya. Sebelum Anda dapat ke jual beli mobil bekas di bandung, Alangkah baiknya menyimak beberapa tips berikut ini:

1. Pilih Mobil Sesuai Budget Anda

Ketika hendak mendatangi tempat jual beli mobil bekas yang Anda inginkan, sebaiknya mencari informasi terlebih dulu mengenai harga mobil yang hendak dibeli. Sehingga dapat merancang skema pembayaran yang akan dilakukan sejak awal tanpa membebani keuangan keluarga.

Selain dapat dibeli dengan cara cash, mobil bekas juga dapat dibeli dengan cara kredit, maupun over kredit. Ketika Anda memilih untuk over kredit mobil, pastikan melakukan transaksi dengan didampingi dengan lembaga keuangan agar memudahkan pengurusan dokumen nantinya.

2. Melakukan Survei Terlebih Dahulu

Hal penting yang tidak boleh dilupakan saat hendak membeli mobil bekas adalah melakukan survey secara langsung. Baik dilakukan secara online maupun offline, bagusnya Anda mendatangi tempat jual beli mobil bekas tersebut agar mengetahui kondisi dan ketersediaan barang.

3. Cek Kondisi Eksterior Mobil

Selain beberapa poin di atas, Anda juga wajib mengecek eksterior mobil yang hendak dibeli terlebih dahulu, Alangkah baiknya kalau memilih mobil yang tidak terlalu banyak dimodifikasi pada bagian bodynya, selain itu juga periksa bagian suspensinya.

Perhatikan dengan cermat apakah mobil tersebut miring atau tidak, dan berayun saat menutup pintu bagasi mobil. Setelah itu Anda juga dapat memeriksa kondisi ban yang terpasang, karena jika jelek maka harus mengeluarkan biaya lagi untuk beli baru atau spooring.

4. Periksa Aksesoris Dan Interior Mobil

Kemudian, cek juga aksesoris dan interior mobil. Misalnya sistem audio, AC, atau switch lampu. Pastikan semua fitur dalam kabin mobil berfungsi dengan baik. Selain itu, coba duduk di jok depan dan belakang, periksa dashboard, plafon, dan karpet. Biasanya saat Anda didalam dan mencium bau apek artinya mobil tersebut bisa saja sudah pernah terendam banjir.

5. Cermati Kondisi Mesin

Karena mesin merupakan salah satu bagian yang sangat penting saat membeli sebuah mobil bekas maka Anda tidak boleh melewatkannya begitu saja. Anda harus melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, baik kemungkinan adanya kebocoran oli atau komponen lainnya.

Perhatikan juga ketika Anda mencoba menghidupkannya, dengarkan dengan baik apakah suara yang apakah halus atau kasar. Pilih membeli kendaraan yang bunyi mesinnya masih halus karena menandakan bahwa kondisinya masih cukup bagus.

6. Periksa Riwayat Service Kendaraan

Jangan lupa untuk memeriksa riwayat service kendaraan saat memilih di tempat jual beli mobil bekas terdekat di Bandung yang Anda datangi. Apalagi jika usia mobil bekas masih tergolong muda, Anda dapat mengecek apakah mobil rajin dirawat secara berkala di bengkel resmi sehingga tahu komponen apa yang pernah diganti.

7. Test Drive

Salah satu hal penting yang tidak boleh dilupakan sama sekali saat membeli mobil bekas adalah dengan melakukan test drive. Lakukan dengan melewati berbagai macam kondisi jalan dan variasi kecepatan, Anda juga dapat mengatur posisi duduk, respons gas atau rem ayunan suspensi, perpindahan transmisi dll.

8. Periksa Kelengkapan Surat-Surat

Periksa kelengkapan surat-surat mobil bekas yang hendak Anda bawa pulang, pastikan bahwa STNK dan BPKB yang diberikan asli. Pastikan nama pemiliknya asli agar mempermudah saat hendak mengurus balik nama kendaraan tersebut.

9. Mengajak Teman Atau Mekanik yang Ahli

Jika Anda merasa kurang paham mengenai mesin mobil, salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengajak teman yang ahli. Kalau tidak punya, Anda bisa mengajak seorang mekanik yang ahli agar dapat mendeteksi kondisi mobil dengan tepat.

10. Memeriksa Status Kendaraan

Periksa dengan teliti mengenai status kendaraan, apakah STNK, BPKB, dan kendaraan tersebut cocok. Anda juga dapat memeriksanya di kantor Samsat atau melalui situs web resmi Samsat daerah. Beberapa status kendaraan yang wajib Anda ketahui adalah sebagai berikut:
  • Blokir jual
Blokir jual berarti pemilik kendaraan sebelumnya sudah melapor ke Samsat bahwa mobil tersebut sudah dijual. Tujuannya tentu agar tidak dikenai pajak progresif ketika sudah membeli mobil baru sehingga masih aman untuk dibeli.
  • Blokir tilang elektronik
Biasanya hal ini terjadi karena mobil tersebut telah terekam melakukan pelanggaran lalu lintas. Namun pemilik sebelumnya tidak melakukan konfirmasi surat pemberitahuan tilang.
  • Blokir hilang
Blokir hilang juga mempunyai arti bahwa mobil tersebut sudah tercatat sebagai kendaraan yang hilang. Status ini dapat terjadi karena mobil tersebut menjadi incaran hasil kejahatan kriminal.

11. Waspada Ruang Mesin Yang Terlalu Bersih

Sebaiknya anda tidak terkecoh saat melihat ruang mesin yang terlihat terlalu bersih, karena hal tersebut dapat mengindikasikan terjadinya rembesan oli. Anda dapat memeriksanya dengan menyalakan mesin mobil selama 10 sampai dengan 15 menit terlebih dahulu.

Setelah itu cermati blok mesin, karter oli, atau kepala silinder, akan terlihat adanya debu pekat atau bahkan oli dari titik rembesan. Sehingga Anda dapat mempertimbangkan kondisinya tersebut dengan baik sebelum membelinya.
 
12. Periksa Asuransi Mobil

Pada umumnya ada mobil bekas yang masih mempunyai asuransi sebagai perlindungan dari kerugian finansial yang mungkin terjadi. Sehingga Anda akan diuntungkan jika mendapatkan mobil bekas yang masih mempunyai asuransi tersebut.

Demikianlah tips membeli mobil bekas yang akan sangat bermanfaat bagi Anda saat menginginkannya. Sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat membeli kendaraan roda empat dari tempat jual beli mobil bekas di Bandung.

4 Rekomendasi Tempat Jual Beli Mobil Bekas Recommended Di Bandung

Apabila Anda tinggal di Bandung dan membutuhkan mobil untuk sarana transportasi setiap hari. Anda dapat mendatangi tempat jual beli mobil bekas yang terdekat di Bandung dengan bekal pengetahuan diatas. Kalau masih merasa ragu maka dapat menyimak beberapa rekomendasi berikut ini:

1. New Omega Mobil

Jika Anda membutuhkan mobil bekas dengan kualitas yang dapat dipercaya., maka Anda dapat berkunjung ke New Omega Mobil.  Salah satu tempat jual beli mobil bekas di Bandung yang menawarkan sangat banyak pilihan untuk Anda.

Selain itu New Omega Motor ini juga terkenal karena memberikan pelayanan yang sangat baik dan konsisten dari tahun ke tahun. Membuat pelanggan tidak berpaling ke tempat lain saat membutuhkan kendaraan untuk mobilitasnya.

Anda juga lebih mudah saat hendak memilih beberapa skema pembayaran yang Anda inginkan. Karena showroom mobil bekas di Bandung yang satu ini bekerja sama dengan banyak lembaga pembiayaan besar dan ternama.

Apabila tertarik maka Anda dapat berkunjung langsung ke tempatnya di jalan Lengkong Besar No.78, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung. Meskipun demikian, Anda tidak perlu buru-buru datang, dapat bertanya terlebih dahulu melalui nomor telepon di (022) 4238948 pada jam bukanya dari hari Senin sampai Sabtu (08.00 – 17.00), Minggu (10.00 – 15.00).

2. Naripan Motor

Salah satu showroom yang layak dikunjungi di kota Bandung adalah Naripan Motor yang merupakan showroom mobil bekas yang sudah senior. Diketahui bahwa tempat jual beli mobil bekas ini sudah ada sejak tahun 1971 sehingga usianya kurang lebih sudah 50 tahun.

Tidak heran kalau sampai sekarang masih banyak sekali pelanggan setianya yang datang ke Naripan Motor saat membutuhkan mobil bekas. Hal ini juga terjadi berkat pelayanan yang baik dan baik serta harganya yang sangat bersaing dibandingkan dengan showroom sejenis.

Jika berminat maka Anda dapat mengunjunginya di alamatnya langsung, jalan. Naripan No. 3-5-5A, Bandung. Namun Anda juga dapat melakukan panggilan melalui telepon di (022) 4206748 untuk mendapatkan informasi. Jam buka showroom ini mulai dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00.

3. Mobil Seken Bandung

Rekomendasi selanjutnya adalah Mobil Seken Bandung yang lebih terkenal melalui forum-forum online dan juga instagram. Tidak seperti showroom mobil bekas lain di Bandung yang menawarkan mobil-mobil sehari-hari seperti Avanza, Calya, dll. Mobil Seken Bandung ini fokus pada mobil bekas dengan kelas yang lebih tinggi seperti Mercedes, BMW, Audi, hingga Mini Cooper.

Pelayanan dari, Mobil Seken Bandung ini terkenal sangat baik dan memuaskan pelanggan sebagai tempat jual beli mobil bekas berkualitas. Anda juga dapat mendatanginya di jalan Sriwijaya No.29, Cigereleng, Kec. Regol, Kota Bandung. Atau dapat menghubungi melalui saluran telepon di 0812-2018-081, jam bukanya mulai dari hari senin sampai sabtu (08.00 – 17.00), Minggu (Tutup).

4. Asri Mobilindo

Kemudian ada lagi Asri Mobilindo yang sudah berdiri selama 20 tahun dengan pelayanan yang cepat dan mudah. Proses inspeksinya sangat ketat sehingga pembeli merasa aman saat memilih mobil di tempat jual beli mobil bekas di Bandung ini.

Anda dapat mencoba mengunjunginya di alamat lengkapnya Jl. BKR No.96A, Ancol, Kec. Regol, Kota Bandung. Anda juga dapat menghubungi via telp di 0817-229-393, sebelum datang pada jam bukanya mulai dari Senin sampai dengan Sabtu (09.00 – 17.00), Minggu (Tutup)

Simak informasi lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Demikianlah beberapa tempat jual beli mobil bekas paling recomended di Bandung yang dapat memberikan pilihan terbaik bagi Anda. Siapa tahu mobil impian dapat ditemukan di salah satu tempat tersebut dengan harga yang terjangkau, selamat mencoba!
Related Posts