taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Jenis Usaha Modal 0 Rupiah yang Mudah Dilakukan

10 Jenis Usaha Modal 0 Rupiah yang Mudah Dilakukan

Di era digital saat ini, memiliki ide usaha tidak harus selalu dengan modal besar. Bahkan, Anda dapat memulai usaha modal 0 rupiah. Penasaran jenis usaha apa saja? Mari simak pembahasan berikut ini.
Jenis Usaha Modal 0 Rupiah
Usaha atau bisnis merupakan seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup.

10 Usaha Modal 0 Rupiah

Dalam memulai dan menjalankan usaha perlu ditanamkan dahulu bahwa itu tidaklah sulit, apalagi usaha-usahanya dapat dimulai dengan modal 0 rupiah.

Anda hanya membutuhkan ketekunan dan keuletan dalam mengerjakannya. Nah, berikut adalah 10 usaha modal 0 rupiah yang bisa dijadikan inspirasi :

1. Dropshipper

Menjadi dropshipper dapat dibilang sebagai bisnis tanpa modal. Dropshipper yaitu seseorang yang menjual berbagai macam produk langsung dari produsen kepada konsumen tanpa harus menyimpan stok, mengemas dan mengirimkan barangnya.

Penghasilan yang didapatkan seorang dropshipper yaitu dari selisih harga produk yang dijual dari supplier, dan menjualnya lagi ke konsumen. Banyak produk yang dapat dijadikan dropshipping, paling umum adalah produk fashion, seperti pakaian. Di bisnis ini, Anda hanya perlu memasarkan produk-produk tersebut.

2. Bisnis Pre-order

Bisnis pre-order adalah sistem bisnis dimana pembeli akan membayar sejumlah uang terlebih dahulu kepada penjual atau beberapa juga ada yang membayarkan uang muka atau DP. Sisanya akan dibayarkan ketika penjual telah mengirimkan barang sesuai dengan kesepakatan.

Bisnis pre-order juga termasuk bisnis dengan modal 0 rupiah. Alasannya, karena Anda tidak perlu dulu memasok barang. Jika perlu memesan beberapa barang, bisa menggunakan uang dari pembeli untuk memesan barang.

3. Menjadi Penulis

Apabila memiliki skill merangkai kata demi kata dengan baik, pekerjaan penulis juga bisa mendatangkan penghasilan tanpa modal. Menjadi penulis tidak perlu memiliki gelar sarjana.

Anda hanya perlu banyak membaca buku cerita, novel atau artikel-artikel untuk mengasah kemampuan menulis yang dimiliki. Selain itu, cobalah untuk terus berlatih menulis sambil menambah kosakata yang baru. Semakin matang tulisannya, kesempatan membuat buku dan pekerjaan menulis akan mudah didapatkan.

4. Bisnis Jasa

Bisnis jasa adalah jenis bisnis yang dapat dilakukan tanpa modal. Bisnis ini juga memiliki jangkauan cukup luas, sehingga Anda dapat menyesuaikan bisnis dengan hobi.

Misalnya, jika hobi fotografi. Anda dapat menjadi fotografer lepas waktu. Walau begitu, tetap prioritaskan kualitas yang ditawarkan kepada konsumen. Sesuaikan tarif yang dikenakan dengan fasilitas yang dapat Anda berikan. Saat konsumen puas, maka bisnis ini akan berkembang dengan pesat.

5. Youtuber

YouTube merupakan salah satu platform media sosial yang masih menjadi incaran siapapun dari kalangan manapun untuk sukses. Menjadi Youtuber bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kurang percaya diri dengan tulisan.

Hanya menggunakan smartphone, Anda dapat membuat konten video. Buatlah konten yang edukatif dan menarik, supaya channel yang dimiliki dapat bertahan lama. Semakin menarik konten yang dibuat, peluang sukses di sini juga akan lebih besar.

6. Mengajarkan Keterampilan

Mengajarkan keterampilan di antaranya pelajaran musik, bahasa, seni dan keterampilan lainnya yang dimiliki. Buatlah proses pembelajaran yang menarik. Jika Anda memiliki kemampuan mengajarkan bahasa bantulah anak didik mendapatkan pelajaran yang sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Buatlah program pelajaran khusus SD yang sesuai dengan apa yang mereka pelajari di sekolah. Usahakan tidak menyamaratakan kebutuhan pelajaran pada semua peserta didik, supaya dapat membantu pelajaran di sekolahnya.

7. Mendaur Ulang

Bisnis terakhir yang dapat dijalankan dengan modal 0 rupiah adalah bisnis mendaur ulang. Bisnis ini yaitu memanfaatkan tumpukkan sampah menjadi barang seni yang memiliki nilai jual.

Anda hanya memerlukan keuletan dan cukup tangguh untuk berhasil dalam bidang ini. Banyak hal yang dapat diciptakan dari proses daur ulang, seperti tas, mainan, pot bunga, keranjang, dan masih banyak lagi.

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah 7 jenis usaha modal 0 rupiah yang dapat dicoba untuk dilakukan. Kuncinya jangan pernah ragu untuk memulai dengan apa yang Anda miliki saat ini, karena banyak pebisnis besar dimulainya dari ide sederhana. Selamat mencoba ya, semoga membantu!
Related Posts