taupasar.com

we read, we create and we share it.

6 Ide Bisnis Lahan Kosong yang Menguntungkan dan Menjanjikan

6 Ide Bisnis Lahan Kosong yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Memiliki lahan kosong dirumah atau tanah tak dipakai jangan dibiarkan saja, tanoa kamu sadari lahan kosong tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai ide bisnia untuk menghasilkan uang yang banyak.
Ya, lahan kosong ini dalam artiannya adalah lahan yang tidak dioakai lagi dan tidak dalan proses perencanaan untuk digunakan buat apa.
Ide Bisnis Lahan Kosong
Banyak yang berpikiran adanya lahan kosong hanya bisa digunakan untuk jasa pertanian atau perkebunan saja, padahal ide bisnis lahan kosong ini sangatlah banyak dan layak dikelola dengan berbagai jenis usaha.

Dengan lahan kosong kamu bisa menjadikannya sebagai investasi yang baik, investasi lahan kosong dapat menghasilkan pengembalian yang tinggi, pendapatan pasif, dan margin keuntungan yang besar.
Kamu tidak perlu merogoh kocek banyak, karena dengan memahami cara mendapatkan pinjaman untuk membeli tanah atau lahan yang kosong.

Lahan kosong merupakan aset yang dihargai dengan dua alasan sederhana yaitu pasokan terbatas dan permintaan yang terus meningkat. Sesuai dengan prinsip ekonomi paling dasar, hukum penawaran dan permintaan. 

Jadi dapat dikatakan nilai lahan kosong secara inheren akan meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan untuk aset yang terbatas. Maka tak heran, berinvestasi di lahan kosong bisa memberikan keuntungan masa depan juga bukan berarti tidak mungkin.

Berikut ini ada 6 ide bisnis lahan kosong yang menjanjikan dan memberikan keuntungan yang banyak, apa saja? Berikut penjelasannya.

6 Bisnis Ide Lahan Kosong

1. Bisnis Kavling

Ide bisnis lahan kosong yang menjanjikan adalah jual beli tanah kavling, salah satu bisnis yang cukup menarik perhatian investor karena jadi pilihan bisnis di bidang properti. 

Melihat dari sisi biayanya, bisnis kavling ini menggunakan biaya yang lebih kecil dibandingkan bidang properti lainnya baik itu rumah, apartemen atau properti lainnya. Bisnis kavling tanah mudah dijalankan karena berupa lahan kosong, bagaimana jenis bisnis ini cukup menggiurkan bukan?

2. Budidaya Ikan

Memiliki lahan kosong tapi masih bingung digunakan buat apa? Budidaya ikan bisa menjadi pilihan ide bisnis lahan kosong. Tentu saja ikan yang dimaksud ini yang memiliki value yang paling baik dan banyak diminati oleh masyarakat, sehingga bisnis yang kamu jalani mampu memenuhi permintaan pasar.

3. Kos-kosan

Banyaknya jumlah penduduk masyarakat, membuat tidak semua orang memiliki rumah pribadi apalagi bagi anak rantauan yang mengais rezeki atau yang sedang menempuh pendidikan. Bisnis kos-kosan bisa menjadi peluang ide bisnis lahan kosong yang menjanjikan dan memberikan keuntungan yang besar.

Apalagi jika lokasi lahan kosong berada di lokasi strategis, seperti dekat dengan aktivitas perkantoran atau kampus, permintaan akan kamar kos otomatis akan selalu tinggi. Semahal apapun harga yang kamu tawarkan, permintaan pasar pun bakal tetap tinggi. 

Bisnis menyewakan kos-kosan memang butuh usaha lebih dibandingkan menyewakan rumah. Akan tetapi, jika dibandingkan, penghasilan dari usaha menyewakan rumah kos jauh lebih besar dibandingkan dari menyewakan rumah secara kontrak. Apalagi jika rumah kos kamu telah disertai deretan fasilitas berkelas bagi para penghuninya.

4. Rumah Kontrakan

Memiliki lahan kosong, pastinya sudah bisa dijadikan untuk membangun rumah kontrakan minimalis. Apalagi jika lahan kosong yang kamu beli masih murah harganya. Rumah kontrakan di zaman sekarang masih diminati karena muncunya kesadaran untuk mandiri ketika sudah memasuki kehidupan pernikahan dan membentuk keluarga kecil.

Tetapi, kerap sekali banyak pasangan muda yang belum memiliki dana cukup untuk membeli sebuah rumah. Oleh karenanya, menyewa rumah merupakan pilihan paling baik. 

Minat menyewa rumah ini bisa dari berbagi kalangan khusus nya bagi penduduk kota yang cenderung masih tinggi, terutama bila dekat dengan ruang-ruang publik yang vital seperti pusat belanja, perkantoran, terminal atau tempat untuk mengakses rumah sakit, angkutan umum, dan sebagainya.

5. Ternak Hewan

Apabila lahan kosong yang kamu miliki disekitaran rumah terutama dibagian belakang rumah, ternak hewan bisa menjadi pilihan ide bisnia lahan kosong yang menguntungkan. Selain dijadikan sebagai bisnis tanaman, lahan kosong juga punya peluang lain yang bisa menjadikannya sebagai tempat peternakan sehingga menghasilkan berbagai komoditas pangan.

Apabila kamu ingin menjalankan usaha ternak hewan sebagai ide bisnis lahan kosong merupakan pilihan yang tepat untuk dikembangkan. Sebaiknya kamu pilih hewan ternak yang perawatannya mudah tapi memiliki banyak manfaatnya. 

Bisa bisnis ternak hewan burung, ayam, ikan, atau bahkan kambing. Mereka  bisa dijual dan bisa juga dijadikan peliharaan, dengan begini kamu bisa membuat ladang cuan dengan memanfaatkan lahan kosong di rumah.

6. Ruang Industri

Mempunyai lahan kosong bisa kamu manfaatkan dengan membuat studio kantor atau fotografi luar ruangan di mana orang dapat sekaligus mengambil foto, bekerja, dan bersantai. Berkembangnya Ide lain yang menggiurkan dengan konsep ini bisa kamu lakukan sendiri untuk membuat konten-konten digital. 

Apalagi fenomena yang berkembang saat ini dengan banyaknya para influencer yang biasanya merupakan selebritis, blogger, youtuber, ataupun seorang public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu untuk bisa melakukan pengambilan gambar hanya di halaman rumah saja yang bersifat santai tapi memiliki nilai yang estetis.

Pengambilan gambar pun tak perlu lagi harus jauh-jauh menuju lokasi syuting. Apalagi di saat ini kita masih dalam suasana pandemi sehingga perlu dilakukan pembatasan untuk berkumpul dalam jumlah banyak. Produksi konten tetap berjalan dengan aman, dan cuan pun bisa kamu dapatkan.

Demikian pembahasan mengenai 6 ide bisnis lahan kosong yang dapat kamu jadikan referensi untuk menghasilkan cuan yang banyak. Jika kamu memiliki lahan kosong jangan dibiarkan saja, karena lahan kosong yang tidak digunakan dan tidak terawat menyebabkan tanah menjadi gersang dan akan mudah menjadi tanah longsor.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Jadi manfaatkan lahan kosong yang kamu miliki sebagai ladang cuan dengan membuatnya menjadi ide bisnis lahan kosong yang menjanjikan dan menguntungkan.
Related Posts