taupasar.com

we read, we create and we share it.

Bisnis Syariah Kontemporer Adalah Suatu Hal Wajib Diketahui, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Bisnis Syariah Kontemporer Adalah Suatu Hal Wajib Diketahui, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Bisnis syariah kontemporer adalah salah satu jenis bisnis yang semakin populer di Indonesia, mengingat jumlah umat Muslim yang sangat besar di negara ini. Bisnis ini mengaplikasikan nilai-nilai ketauhidan dan berlandaskan pada syariat Agama Islam. 
Bisnis Syariah Kontemporer
Seiring dengan perkembangan zaman, bisnis syariah kontemporer adalah semakin dipertimbangkan oleh banyak orang karena berbagai variasi yang ditawarkan.

Apa Itu Bisnis Syariah?

Bisnis syariah adalah dipahami sebagai kegiatan ekonomi yang berlandaskan dan mengutamakan hukum syariah Islam. Bisnis syariah ini sebuah usaha yang dikembangkan sesuai dengan aturan dalam Al-Quran dan Hadis. 

Untuk dapat dianggap sebagai bisnis syariah, prinsip-prinsip tertentu harus diterapkan dalam berbisnis. 
Prinsip-prinsip ini yang akan jadi pembeda antara bisnis Syariah dengan bisnis konvensional. Beberapa prinsip utama dalam bisnis Syariah meliputi:
  • Menjual produk halal: Bisnis Syariah hanya menjual produk yang halal sesuai dengan ajaran Islam.
  • Tidak ada unsur riba: Riba atau bunga dilarang dalam bisnis Syariah.
  • Bebas dari penipuan (gharar): Bisnis Syariah tidak boleh melibatkan ketidakjelasan atau penipuan dalam transaksi.
  • Tidak mengandung aktivitas perjudian (maisir): Bisnis Syariah tidak boleh melibatkan perjudian dalam bentuk apapun.
  • Penjual dan pembeli melakukan ijab qabul dalam setiap transaksi: Transaksi bisnis Syariah harus melibatkan kesepakatan yang jelas antara penjual dan pembeli.
  • Proses jual beli dilakukan dengan seadil-adilnya: Bisnis Syariah menganut prinsip keadilan dalam setiap proses jual beli.
Dalam dunia bisnis saat ini menunjukkan perilaku dan praktek bisnis yang seringkali kekurangan moralitas, yang didasarkan pada kecenderungan negatif. Bisa membuka peluang bagi praktek bisnis yang tidak sehat dan tidak bermartabat, menimbulkan korup, manipulatif, dan tidak adil dalam lingkungan bisnis. 

Perilaku semacam ini tentu saja memiliki dampak buruk bagi dinamika bisnis syariah kontemporer.
Namun, apakah bisnis Syariah kontemporer ada dalam dunia nyata? 

Apa Itu Bisnis Syariah Kontemporer Adalah

Setelah memahami definisi bisnis Syariah, penting untuk memahami apa itu "kontemporer". 
Kontemporer adalah istilah yang sering digunakan sebagai keterangan kata sebelumnya. Istilah ini tidak hanya terbatas pada seni, tetapi dapat digunakan untuk menjelaskan berbagai bidang, mengacu pada keadaan atau kondisi modern atau saat ini.

Bisnis syariah kontemporer adalah sebuah usaha yang berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah Islam di era modernisasi saat ini. Dalam bisnis ini, perhatian tidak hanya terfokus pada aspek finansial dan keuntungan semata seperti dalam bisnis konvensional. 

Sebaliknya, bisnis syariah kontemporer adalah juga memperhatikan aspek kebermanfaatan dan peraturan agama dalam setiap transaksi yang dilakukan. Salah satu perbedaan mendasar antara bisnis syariah kontemporer dengan bisnis konvensional adalah pengakuan akan konsep halal dan haram dalam Islam.

Dalam transaksi syariah, tidak semua produk boleh diperjualbelikan, melainkan hanya produk yang halal menurut kaidah agama. Produk tersebut harus bebas dari bahan-bahan haram dan diperoleh dengan cara yang halal, serta tidak mengandung unsur riba (bunga), maisir (perjudian), dan gharar (ketidakjelasan).

Hukum Bisnis Syariah Kontemporer Adalah

Hukum bisnis syariah kontemporer adalah  didasarkan pada prinsip halal dan haram dalam muamalah, yaitu transaksi bisnis. Konsep halal dan haram ini mencakup berbagai jenis transaksi, termasuk penggunaan harta, cara memperolehnya, perjanjian bisnis, dan seluruh aktivitas keuangan yang terlibat.

Bisnis syariah kontemporer adalah dianggap halal jika elemen-elemen jual belinya sesuai dengan prinsip syariat Islam. Sebaliknya, bisnis syariah kontemporer adalah dianggap haram jika melibatkan hal-hal yang bertentangan dengan ketentuan agama Islam.

Dalam bisnis syariah kontemporer adalah akad menjadi hal yang penting. Agama Islam sangat memperhatikan akad, baik dalam pernikahan maupun transaksi jual beli. Tanpa adanya akad yang jelas, sebuah transaksi bisnis dapat dianggap haram dalam Islam. 

Dalam aktivitas berdagang, perjanjian antara penjual dan pembeli harus diperkuat melalui akad jual beli sesuai dengan prinsip muamalah dalam Islam. Adanya bisnis syariah kontemporer merupakan respons terhadap kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam berbisnis.

Karena sering kali disebabkan oleh campuran budaya luar yang bertentangan dengan ajaran Islam. Dalam menjalankan bisnis syariah kontemporer adalah umat Muslim dapat menghindari praktik bisnis yang jauh dari prinsip-prinsip syariah Islam.

Prinsip bisnis syariah kontemporer adalah murabahah, salam, Istishna, musyarakah, dan mudharabah.
Dan pada saat yang sama, menjadikan bisnis sebagai bentuk ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Di Indonesia, terdapat beberapa contoh bisnis syariah kontemporer yang dapat dijadikan inspirasi. 

Contoh Bisnis Syariah Kontemporer

1. Bisnis Kuliner Halal

Bisnis kuliner halal sangat menjanjikan karena kebutuhan akan makanan dan minuman halal sangat penting bagi masyarakat Muslim. Membuka bisnis kuliner mengutamakan kehalalan produk dan mendapatkan sertifikat halal dari MUI dapat meningkatkan kepercayaan konsumen.

2. Bisnis Wisata dan Travel

Kemudian, bisnis wisata dan travel religi juga memiliki potensi yang besar di Indonesia.
Mengingat jumlah umat Muslim yang signifikan dan permintaan akan paket perjalanan ke tempat-tempat religius, seperti untuk ibadah haji. 

Penting bagi pelaku bisnis syariah kontemporer adalah dalam industri ini untuk menyediakan fasilitas dan layanan yang memadai bagi para pelancong.

3. Bisnis Penitipan Anak

Dalam situasi di mana banyak orang tua sibuk dengan pekerjaan, bisnis penitipan anak Islami menjadi peluang yang menarik. Anda dapat menyediakan penitipan anak yang tidak hanya menjaga kebutuhan fisik mereka, tetapi juga memberikan bimbingan keagamaan. Hal ini dapat meliputi mengajarkan doa sebelum aktivitas, mengenalkan sholat, dan mengaji.

4. Distro Islami

Kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya menutup aurat sedang meningkat. 
Banyak muslimah yang mulai aktif mengenakan hijab dan mencari produk fashion Islami lainnya. 
Oleh karena itu, bisnis syariah kontemporer adalah dengan membuka distro Islami bisa menjadi bisnis syariah yang menarik. 

Dapat menjual produk fashion Islami, seperti pakaian, hijab, dan aksesori dengan desain menarik sesuai prinsip syariah.

5. Kosmetik Halal

Kosmetik, seperti make-up dan perawatan kulit, merupakan kebutuhan utama bagi kaum wanita. 
Namun, masih banyak produk perawatan yang tidak mencantumkan label halal, sehingga menjadi tidak jelas apakah mereka halal atau tidak. 

Hal ini menyebabkan kebingungan bagi pengguna muslim. Oleh karena itu, menjalankan bisnis kosmetik halal adalah contoh bisnis syariah yang sangat relevan. Anda dapat menjual produk kosmetik halal yang sudah ada di pasaran atau bahkan membuat produk sendiri dengan bahan-bahan yang terjamin kehalalannya.

Bisnis syariah kontemporer adalah jenis bisnis yang memiliki potensi besar, terutama di Indonesia. 
Sistemnya yang mengutamakan prinsip syariah tidak hanya efisien, tetapi juga memberikan manfaat bagi kedua belah pihak (win-win solution). 

Dengan memanfaatkan peluang ini, Anda dapat menciptakan bisnis yang menarik dan menguntungkan serta mendapat respon positif dari masyarakat.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai bisnis syariah kontemporer adalah suatu hal yang wajib untuk diketahui, terutama bagi umat Islam. Semoga bermanfaat.
Related Posts