taupasar.com

we read, we create and we share it.

Wajib Banget Tahu! Berikut 9 Contoh Bisnis Berkonsep Syariah yang Menghasilkan Keuntungan Besar

Wajib Banget Tahu! Berikut 9 Contoh Bisnis Berkonsep Syariah yang Menghasilkan Keuntungan Besar

Dengan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, bisnis yang mengadopsi konsep syariah menjadi pertimbangan yang penting. Bisnis syariah merujuk pada kegiatan ekonomi yang didasarkan pada prinsip-prinsip hukum syariah Islam. 
Contoh Bisnis Syariah
Islam mengatur tata aturan dalam melakukan muamalah atau interaksi sosial, termasuk dalam menjalankan bisnis. Namun, ini tidak berarti bahwa seorang muslim tidak dapat memiliki bisnis sendiri. Selama bisnis tersebut sesuai dengan aturan Islam.

Maka seorang muslim diperbolehkan menjalankan bisnis syariah sesuai dengan apa yang menjadi keinginannya. Dengan kesadaran konsumen Muslim yang tinggi memahami syariat Islam, sehingga terbuka peluang bisnis halal atau contoh bisnis berkonsep syariah.

Berikut ini ada 9 contoh bisnis berkonsep syariah yang menjanjikan dengan untung besar untuk dijadikan sebagai pilihan.

9 Contoh Bisnis Berkonsep Syariah

1. Salon Syariah

Salon syariah adalah salon khusus untuk muslimah, mengingat bahwa rambut adalah bagian tubuh yang dianggap sebagai aurat. Jika memiliki keahlian dalam tata rias dan kecantikan, membuka salon syariah menjadi peluang bisnis yang menarik.

2. Busana Muslim

Bisnis menjual busana muslim adalah contoh bisnis berkonsep syariah yang menjanjikan dan memiliki keuntungan besar. Gaya berpakaian yang sesuai dengan syariah memiliki perbedaan dengan gaya berpakaian umumnya. 

Umat Islam memiliki kewajiban untuk menutup aurat, sehingga busana muslim didominasi oleh pakaian dengan lengan panjang, rok, hijab dan celana panjang. Seiring berjalannya waktu, busana muslim mengalami perkembangan. Dahulu, mengenakan busana muslim dianggap tidak modis. 

Namun, saat ini terdapat banyak lini busana muslim yang tidak kalah modis dengan busana dari merek terkenal di dunia. Peluang bisnis syariah ini dapat Anda mulai karena permintaan busana muslim masih tinggi di pasar.

3. Bisnis Kuliner Halal

Contoh bisnis berkonsep syariah adalah kuliner halal dengan peluang yang sangat menjanjikan. Bagi umat Islam, makanan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari yang sangat menghindari makanan yang mengandung bahan-bahan haram.

Contoh bisnis berkonsep syariah dalam bidang kuliner ini memiliki potensi yang menguntungkan. 
Menyajikan hidangan-hidangan halal dapat memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi pelanggan yang mengkonsumsinya.

Untuk menjalankan bisnis halal ini dengan baik, penting untuk mengurus sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Keberadaan sertifikat ini dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

4. Kos Syariah

Bisnis kos syariah dapat menjadi sumber pendapatan pasif bagi Anda yang dihadapkan pada tugas untuk menginvestasikan dana yang cukup besar. Untuk membangun properti dan mencari penghuni yang akan menyewa kos tersebut. Setelah itu, Anda dapat menikmati hasil dari kerja keras Anda.

Meskipun usaha ini membutuhkan biaya besar, jika mengelolanya dengan baik, bisnis ini dapat berperan sebagai investasi jangka panjang dengan resiko kecil. Lalu, apa yang membedakan kos syariah dengan kos biasa? 

Kos syariah diperuntukkan bagi penghuni yang beragama Islam dan secara umumnya hanya tersedia satu jenis kelamin saja kecuali untuk kos keluarga.

5. Ojek Syariah

Salah satu contoh bisnis berkonsep syariah di Indonesia yang dapat ditemukan adalah bisnis ojek syariah. Bisnis ini telah banyak dijalankan dan trennya meningkat sejak kemunculan ojek online. Secara umum, jenis ojek ini tidak terlalu berbeda dengan ojek konvensional.

Namun, bisnis ojek syariah memiliki satu aturan, pengojek wanita harus melayani penumpang perempuan atau anak-anak yang belum mencapai pubertas. Berbeda dengan kos syariah, dalam bisnis ojek syariah, kategori penumpang ditentukan berdasarkan jenis kelamin saja.

Agama tidak menjadi patokan utama dalam melayani penumpang. Hingga saat ini, ojek syariah telah banyak bermunculan di kota-kota besar di Indonesia. Jika kota tempat tinggal Anda belum memiliki layanan ojek syariah, mungkin ide bisnis syariah ini sedang menunggu Anda untuk diwujudkan.

6. Pegadaian Syariah Tanpa Bunga

Pegadaian syariah tanpa bunga merupakan sebuah konsep yang tidak dilarang dalam agama Islam. Meskipun begitu, penting untuk memastikan bahwa pegadaian tersebut benar-benar tidak mengandung bunga.

Di Indonesia, sebagian besar lembaga pegadaian syariah mengklaim bahwa mereka tidak menggunakan bunga. Namun sebenarnya bunga tersebut tidak sepenuhnya dihilangkan. Penggantinya adalah biaya simpan dengan menggunakan akad ijarah jasa. Dengan demikian, sistem pegadaian syariah di Indonesia menggunakan dua jenis akad, yaitu akad gadai dan akad ijarah.

7. Les Mengaji

Jika ingin memulai bisnis dengan modal kecil tanpa mengambil pembiayaan usaha syariah, contoh bisnis berkonsep syariah dapat diwujudkan adalah les mengaji. Potensi pasar untuk bisnis ini cukup luas dan tidak hanya terbatas pada anak-anak saja. Selain itu, Anda juga dapat mengumpulkan pahala melalui bisnis ini.

Untuk memulainya, Anda dapat menjadi tutor dalam usaha les yang Anda dirikan. Biasanya, ekspansi bisnis ini akan didukung melalui word of mouth atau rekomendasi dari mulut ke mulut. Anda juga dapat melibatkan kenalan atau anggota keluarga untuk menjadi pengajar.

Selain mengajar secara tatap muka, Anda juga dapat memperluas target peserta les. Hal itu bisa kamu lakukan dengan mengajar secara daring melalui platform-platform online yang tersedia saat ini. Hal ini pastinya merupakan peluang yang sangat baik untuk memperluas jangkauan bisnis les mengaji Anda agar semakin luas.

8. Wedding Organizer Syariah

Salah satu contoh bisnis yang berkonsep syariah yang menarik adalah wedding organizer syariah. 
Pernikahan yang diselenggarakan dengan prinsip-prinsip Islam dapat memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan pernikahan konvensional.

Selain menyediakan layanan katering makanan yang halal, pengaturan tamu juga menjadi aspek penting dalam pernikahan syar'i. Tamu perempuan dan laki-laki dipisahkan dalam lokasi yang berbeda dan diberi sekat sebagai pembatas.

Diperlukan kemampuan yang handal dalam mengatur alur masuk tamu ke ruangan terpisah. 
Oleh karena itu, menjadi wedding organizer syariah dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dengan potensi pertumbuhan yang baik.

9. Daycare Islami

Bisnis daycare Islami memiliki prospek yang cerah di masa depan karena semakin banyak ibu yang memilih untuk bekerja. Permintaan akan daycare juga meningkat karena daycare merupakan kombinasi antara PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan tempat penitipan anak.

Namun, daycare Islami memiliki konsep yang berbeda. Selain memberikan kegiatan bermain. Daycare Islami juga memberikan pendidikan khusus yang membantu anak-anak mengenal Islam. Melalui pengajaran lagu-lagu Islami, pengenalan huruf Arab dan mengaji, pembelajaran doa sehari-hari, serta tuntunan dalam cara shalat.

Jika Anda ingin mendirikan bisnis daycare Islami di wilayah Anda, penting untuk memastikan bahwa daycare yang Anda dirikan. Dapat membangun kepercayaan orang tua untuk menitipkan anak-anak mereka ke tempat Anda. Faktor kepercayaan ini menjadi kunci kesuksesan dalam bisnis daycare Islami yang menjadi ladang bisnis Anda.

Simak informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan mengenai 9 contoh bisnis berkonsep syariah yang menjanjikan dan memberikan keuntungan besar. Semoga bermanfaat!
Related Posts