taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Tips Jitu Memulai Bisnis Grosir Perlengkapan Bayi yang Peluangnya Sepanjang Masa

7 Tips Jitu Memulai Bisnis Grosir Perlengkapan Bayi yang Peluangnya Sepanjang Masa

Memang sudah tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis grosir perlengkapan bayi memiliki peluang usaha yang tidak pernah mati yaitu sepanjang masa. Bisa dikatakan bahwa perlengkapan bayi ini pemakaiannya jangka waktu yang cukup singkat namun dibutuhkan banyak volume. 
Grosir Perlengkapan Bayi
Apalagi jika baru melahirkan anak pertama, pastinya orang tua disibukkan dengan memenuhi segala perlengkapan bayi. Sebagai orang tua pastinya ingin segala sesuatu terbaik untuk anaknya, mulai dari kelahiran hingga proses perkembangan anak sampai beranjak dewasa.

Hal inilah menjadi bisnis grosir perlengkapan bayi sebagai prospek menjanjikan karena produknya terus dibutuhkan oleh konsumen. Perlengkapan bayi bukan produk musiman, melainkan akan terus selalu dicari dipasaran, baik customer yang akan melahirkan maupun yang sudah memiliki buah hati bahkan untuk hadiah.

Produk perlengkapan bayi memiliki target pasar yang luas, karena ekonomi konsumen berbeda-beda sehingga bisa memilih sesuai dengan budget mereka. Sebenarnya kenapa bisnis grosir perlengkapan bayi memiliki peluang usaha yang tinggi yang menghasilkan keuntungan menggiurkan?

Hal itu dikarenakan proses pertumbuhan bayi yang meningkat, seperti penambahan berat badan atau peningkatan tinggi badan. Berkembangnya pertumbuhan anak membuat masa pakai suatu produk menjadi cukup singkat, seperti pakaian dan sepatu. 

Dengan begitu, para orang tua pastinya membeli kembali produk lain yang sesuai ukurannya dengan usia anak mereka pada saat itu. Selain itu, para orang tua kerap sekali membeli perlengkapan bayi dalam jumlah kuantitas yang sangat banyak dalam sekali belanja. 

Bisa berganti pakaian lebih dari dua kali sehari, hal ini membuat bayi membutuhkan pakaian dalam jumlah yang banyak dibeli.  Jenis-jenis perlengkapan bayi yang selalu dibeli oleh konsumen diantaranya popok, susu, pakaian, sepatu, tas, perlengkapan mandi, mainan dan masih banyak lagi.

Buat kamu yang tertarik dengan bisnis ini dan bingung mau memulainya dari mana jangan khawatir.
Berikut ini akan membahas 7 tips jitu memulai bisnis grosir perlengkapan bayi yang peluangnya sepanjang masa.

7 Tips Jitu Bisnis Grosir Perlengkapan Bayi

1. Menentukan Jenis Produk Apa Saja yang Akan Ditawarkan

Kamu dapat memulai bisnis grosir perlengkapan bayi secara offline dan online, agar bisa menjangkau banyak konsumen. Kamu bisa memilih jenis perlengkapan bayi berupa pakaian, furniture, mainan, perlengkapan mandi, serta barang yang dibutuhkan ibu dan anak.

Jika memungkinkan, kamu bisa menawarkan berbagai kebutuhan ibu hamil, kebutuhan persalinan dan menyusui dengan toko perlengkapan bayi kamu. Pertimbangkan juga apakah kamu ingin bisnis ini menjadi bagian dari waralaba atau membuka toko sendiri.

2. Memilih Pemasok yang Tepat

Selanjutnya tips jitu memulai bisnis grosir perlengkapan bayi dengan memilih pemasok yang tepat dan bisa membantumu memulai usaha. Disamping itu kamu wajib untuk mengetahui kualitas barang yang mereka jual, pastikan juga untuk bisa mendapatkan harga yang terjangkau.

Dengan begitu, kamu tinggal mudah untuk bisa menjual kembali dengan harga yang tidak terlalu tinggi. 
Kamu bisa mengambil barang lebih banyak lagi dan memiliki reseller di bawahmu, jika penjualan perlengkapan bayi meningkat.

3. Membuat Rencana Secara Matang

Menyusun dan mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam memulai bisnis grosir perlengkapan bayi hal yang wajib dilakukan. Sehingga perlu mempertimbagkan berapa modal yang harus dipersiapkan dan siapa target pasar yang kamu tuju.

Tak sampai disitu saja, melakukan riset kompetitor jangan sampai dilupakan. Disini kamu akan mencari tahu target pelanggan mereka. Kemudian bauran produk mereka, harga dan saluran pemasaran mereka dan cari tahu apa yang bisa dipelajari dari masing-masing dari mereka.

Agar bisnis grosir perlengkapan bayi kamu bisa berkembang, maka diwajibkan untuk selalu up to date dengan tren produk yang diinginkan pelanggan. Konsep bisnis grosir perlengkapan bayi memiliki peran yang cukup penting, karena bisnis ini tidak bisa lepas dari identitas yang akan dijalankan. Cara membuat branding sendiri dengan membuat nama atau merk yang unik dan menarik, tagline, logo, dan dekorasi toko.

4. Menentukan Harga

Langkah selanjutnya dengan menentukan jumlah stok barang yang akan dijual, karena perlengkapan bayi memiliki perputarannya tidak terlalu cepat. Dengan begitu, tidak perlu terlalu banyak menyimpan stok, untuk barang yang perputarannya cepat seperti baju lusinan.

Tentukan harga jual dengan melakukan survey pasar. Lalu cek harga yang dijual oleh kompetitor, dan tetapkanlah harga yang pas untuk bersaing di pasar. Kamu sebenarnya bisa menetapkan harga yang lebih miring tapi jangan sampai hal itu justru menghilangkan keuntungan dari bisnis kamu. 

5. Promosi

Promosi yang tepat sasaran akan menghemat waktu bahkan kamu dapat menjangkau banyak calon pembeli di penjuru dunia. Kegiatan promosi perlu dilakukan agar bisnis grosir perlengkapan bayi milik kamu cepat laris.

Kamu bisa memperkenalkan usaha milik kamu kepada teman dan kerabat dengan menceritakan berbagai produk dan keunggulan yang ditawarkan. Kemudian, melakukan promosi dengan berkeliling membagikan brosur yang bisa berisi daftar harga, promo diskon ke lingkungan sekitar kamu. Selanjutnya selalu aktif di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan media sosial lainnya yang banyak penggunanya.

6. Menerapkan Strategi Bisnis

Terdapat beberapa strategi bisnis yang bisa diterapkan pada bisnis grosir perlengkapan bayi kamu,diantaranya:
  • Mendekorasi tempat usaha menjadi lembut dan ceria untuk menarik perhatian dengan desain yang modern dan disukai anak-anak.
  • Menyediakan stok perlengkapan bayi yang bervariasi, usahakan menyediakan apa yang dicari pembeli agar tidak mengecewakan terutama bagi calon pembeli baru.
  • Memberikan harga yang bersaing, jangan memberikan harga lebih mahal dari toko yang lain, dan tidak disarankan membanting harga jauh dibawah.
  • Tawarkan sedikit dibawah harga pasaran atau bisa juga memilih harga yang sama namun berikan keunggulan pelayanan lainnya.
  • Menyediakan fasilitas layanan tambahan, yang bertujuan agar pembeli selalu merasa nyaman dihargai.
  • Seperti parkiran gratis, layanan antar jemput barang secara gratis, memberikan hadiah bonus kepada pembeli berbelanja dengan jumlah tertentu.
  • Membuat pembukuan keuangan menjadi strategi bisnis yang baik agar pengaturan terhadap keuangan menjadi lebih tertata dan jelas.
  • Lakukan pencatatan semua keuntungan dan pengeluaran dalam buku agenda, sehingga dapat membantu mengetahui apakah modal sudah kembali atau belum.
  • Menyisihkan sedikit demi sedikit keuntungan bisnis kamu untuk bisa dijadikan modal dagang selanjutnya.
7. Pastikan Produk Berkualitas

Sebelum menjual produk-produk perlengkapan bayi, alangkah baiknya kamu lihat dulu kondisi produk apakah layak dijual atau tidak. Kamu bisa melihat kelayakan tersebut dengan mengecek keterangan produk. Apabila informasinya tidak lengkap, langsung tanyakan ke tempat kamu beli.

Toko yang memberikan harga murah meriah dengan spesifikasi produk yang tidak sesuai dengan yang diinginkan lebih baik segera hindari.

Simak informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan bisnis grosir perlengkapan bayi, semoga bisa membantu dan bermanfaat.
Related Posts