taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cocok untuk Pemula! 7 Tips Jitu Buka Bisnis Grosir Aksesoris HP Dijamin Laris Manis

Cocok untuk Pemula! 7 Tips Jitu Buka Bisnis Grosir Aksesoris HP Dijamin Laris Manis

Bingung ingin buka bisnis supaya bisa menambah cuan? Bagaimana kalau mencoba buka bisnis grosir aksesoris hp? Zaman sekarang, ada banyak jenis bisnis yang dapat dilakukan masyarakat asalkan adanya kemauan dan fokus terhadap pilihan bisnis yang akan dijalankan.
Bisnis Grosir Aksesoris HP
Buka bisnis grosir aksesoris hp memang terlihat kecil, namun siapa sangka bisnis ini termasuk jenis bisnis dengan prospek tinggi. Fakta dilapangan menyebutkan, pengguna hp di indonesia sudah mencapai 142% dari total populasi penduduk di indonesia. 

Dapat diperkirakan sekitar 371 juta pengguna smartphone aktif ada di indonesia, dimana 1 orang bisa saja memiliki lebih dari satu hp. Melihat data dan fakta ini, memang tak bisa terbantahkan kalau jualan aksesoris hp bisa memberikan keuntungan yang cukup besar.

Banyaknya pengguna hp pasti memerlukan aksesoris untuk memperindah hp mereka, seperti gantungan, casing, dan lain-lain. Buat kamu yang tertarik untuk buka bisnis grosir aksesoris hp bisa dibilang sangat gampang, karena kamu bisa jadi wadah bagi mereka yang mencari aksesoris hp.

Meskipun terbilang gampang, mau tidak mau kamu pastinya akan menghadapi tantangan saat ingin menggeluti bidang ini. Maka dari itu, sebelum menghadapi tantangan-tantangan tersebut, tidak ada salahnya membuat permulaan yang tepat untuk bisa menjalankan bisnis ini. 

Berikut ini akan menjelaskan secara detail mengenai 7 tips jitu memulai bisnis grosir aksesoris hp cocok untuk pemula.

7 Tips Memulai Bisnis Grosir Aksesoris HP

1. Temukan Supplier yang Tepat

Supaya bisa menjalankan bisnis grosir aksesoris hp lancar dan laris manis, kamu harus mendapatkan produk apa yang akan dijual terlebih dahulu. Untuk mendapatkan produk ini bisa didapat dari supplier, jadi kamu harus bisa memilih supplier yang tepat agar tidak memberi kerugian pada bisnis kamu.

Jika ingin lebih lancar dan nyaman menjalani bisnis ini maka usahakan untuk lebih teliti memilih supplier. Sebaiknya untuk supplier yang kamu pilih harus benar-benar bisa diandalkan dan mudah diajak bekerja sama. Jika kamu merasa nyaman dan cocok maka supplier tersebut bisa diajak kerja sama untuk jangka waktu yang lama.

2. Perhitungan Modal Awal

Dalam menjalankan bisnis, modal awal merupakan salah satu hal penting. Bukan uang saja, modal ini juga mencakup tenaga, transportasi, dan lain-lain. Dalam menghitung modal, kamu harus teliti dan cermat. Apalagi jika kamu memutuskan membuat bisnis grosir aksesoris hp secara offline.

Berikut ini ada beberapa perhitungan yang bisa kamu terapkan sebelum memulai bisnis, diantaranya biaya stok produk aksesoris. Kemudian biaya transportasi, harga sewa ruko, biaya listrik, harga etalase kaca, biaya iklan, gaji karyawan (jika punya).

3. Lakukan Survei Pasar

Sebelum memulai bisnis grosir aksesoris hp, melakukan survei pasar menjadi hal pertama yang wajib untuk dilaksanakan. Karena survei pasar ini merupakan salah satu kegiatan riset yang berfungsi untuk menganalisis dan mengumpulkan data.

Hal ini memiliki hubungan dengan target pasar, yang nantinya akan berguna sebagai salah satu strategi untuk mengembangkan bisnis yang lebih efektif. Dari sini, kamu akan melakukan riset tentang barang atau aksesoris apa yang ingin dijual. Selain itu, dengan adanya riset pasar ini, kamu juga menjadi tahu rentang usia rata rata yang akan membeli produk tersebut.

4. Memilih Platform untuk Jualan

Agar bisnis grosir aksesoris hp kamu bisa dikenal banyak orang, maka cobalah untuk memilih platform penjualan yang akan dimanfaatkan. Saat ini ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan jika kamu ingin menjual produk. Kamu bisa melakukannya secara online dengan platform berjualan online.

Mulai dari media sosial seperti Twitter, Instagram, TikTok, Facebook, dan media sosial lainnya.
Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan marketplace seperti Tokopedia dan Shopee, dan juga membuat website bisnis sendiri untuk melayani pelanggan.

5. Analisa Permintaan Pasar

Membuka bisnis grosir aksesoris hp, maka perlu untuk melakukan pendekatan permintaan agar bisa mengetahui potensi dan kondisi dari pangsa pasar. Dengan melakukan metode ini kamu akan mengetahui apakah selama ini masyarakat telah mendapatkan barang sesuai dengan permintaannya. 

Analisis permintaan ini sangat penting untuk dilakukan. Karena nantinya kamu akan memahami jenis aksesoris HP yang mana sedang diminati dan disukai oleh masyarakat. Sehingga, kamu bisa berjualan sesuai dengan permintaan dari masyarakat sekitar. Membuka bisnis dan menjual barang sesuai apa yang diinginkan masyarakat membuat bisnis kamu memiliki peluang untuk sukses.

6. Menentukan Ciri Khas atau Image Bisnis Kamu

Selanjutnya tips membuka bisnis grosir aksesoris hp, menentukan image toko yang kamu miliki akan dibawa kemana. Dengan penentuan ini masyarakat menjadi tahu apa saja yang memang menjadi keunggulan dari toko yang kamu miliki.

Misal sebagai toko yang menjual aksesoris HP murah, atau yang lengkap. Dengan begitu, akan memudahkan pelanggan dalam memilih barang yang dibutuhkan.

7. Analisis Kompetitor

Saat membuka bisnis grosir aksesoris hp, penting untuk mengetahui kompetitor yang ada di sekitar tempat kamu membuka usaha. Maka dari itu, sangat perlu melakukan identifikasi pesaing yang berfungsi untuk mengetahui kekurangan maupun kelebihan yang dimiliki oleh kompetitor.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti mengidentifikasi apa saja yang menjadi keunggulan dan kelemahannya. Selain itu, kamu juga perlu mengidentifikasi adanya peluang dan juga ancaman dari perkembangan kompetitor kamu. 

Bukan hanya itu saja, melihat seberapa besar dari pasar yang telah dikuasai oleh pesaing, dan mengetahui aksesoris HP apa saja yang ditawarkan oleh kompetitor. Sehingga dengan begitu, kamu bisa menjalankan usaha yang lebih unggul dibandingkan dengan bisnis dari pesaing kamu.

Apabila ingin bisnis grosir aksesoris hp milik kamu laris manis dan berlangsung dalam jangka panjang, maka pastikan selalu mengikuti perkembangan tren. Cari tahu jenis aksesoris hp apa yang sedang laris di pasaran dan yang selalu menghadirkan model baru sehingga bisa meningkatkan minat masyarakat.

Selain itu, pastikan menjual aksesoris hp secara lengkap, agar nantinya tidak ada pelanggan bisa menemukan aksesoris hp yang mereka inginkan di toko kamu. Menggunakan strategi penjualan yang tepat agar bisa terjadi pembelian berulang lagi dan lagi.

Kalau bisa berlanggan dengan mereka yang memang gemar melakukan gonta ganti aksesoris hp ini, sehingga mereka bisa menjadi pelanggan setia kamu. Saat memulai bisnis, pastikan kamu percaya diri dengan semua rencana yang sudah disusun dan siap mental untuk bersaing dengan kompetitor.

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Pahami kondisi pasar agar kamu siap menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Terapkan cara memulai bisnis grosir aksesoris hp yang sudah dijelaskan. Jika menerapkan cara yang tepat dan mempersiapkan bisnis dengan matang, maka tak sulit menuai keuntungan dari bidang ini. Semangat dan sukses selalu.
Related Posts