taupasar.com

we read, we create and we share it.

5 Langkah Sukses Bisnis Karikatur Digital untuk Pemula

5 Langkah Sukses Bisnis Karikatur Digital untuk Pemula

Karikatur merupakan kata berasal dari bahasa Italia yang artinya melebih-lebihkan. Karikatur berarti suatu gambar yang dilebih-lebihkan bisa dengan memperbesar bagian telinga, kepala, atau lainnya. Tujuannya untuk menimbulkan kelucuan bagi pihak yang melihat objek yang dibuat.
Bisnis Karikatur Digital
Saat ini karikatur tidak hanya sebagai seni saja. Melainkan bisa menghasilkan uang dengan membuka bisnis karikatur digital. Bisnis ini salah satu bisnis menjanjikan yang bisa dijalankan hanya dari rumah saja. Bagi Anda yang ingin mencoba mengambil peluang bisnis ini berikut di bawah ini langkah sukses membuka bisnis karikatur digital. 

Langkah Sukses Bisnis Karikatur Digital 

Karikatur saat ini menjadi media untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat secara visual. Perkembangan karikatur semakin pesat, yang dulunya hanya menggunakan pensil dan canvas, saat ini bisa dibuat dan disajikan dalam bentuk file dengan menggunakan komputer. 

Pembuatan karikatur dengan menggunakan komputer mempermudah dalam prosesnya. Pembuatannya menjadi lebih cepat, mudah dan simpel. Hasil karikatur dengan komputer pun lebih bagus dan rapi dibangingkan hanya menggunakan canvas dan pensil. 

Selain itu pembuatan karikatur dengan menggunakan komputer lebih menjanjikan menghasilkan keuntungan dan order yang lebih besar dibandingkan hanya mengandalkan pensil dan canvas. Anda bisa leluasa membuat karikatur dimana saja dan menawarkan tarif atau harga yang lebih variatif.

Karikatur digital salah satu bisnis yang sangat menjanjikan di era modern saat ini. Anda bisa menghasilkan cuan puluhan juta hanya dengan beberapa projek pembuatan karikatur digital. Tetapi, ada beberapa langkah yang harus Anda pertimbangkan untuk sukses dengan bisnis karikatur. Berikut di bawah ini 5 langkah sukses membuka bisnis karikatur digital untuk pemula,

1. Menggunakan Software Khusus

Pembuat karikatur dalam proses menggambarnya tidak menggunakan peralatan yang konvensioanal yakni pensil dan canvas. Melainkan si pembuat menggunakan software khusus dengan menggunakan pen pad. 

Meskipun ada banyak software yang bisa digunakan untuk mengedit gambar seperti Coreldraw, Photoshop dan Adobe Ilustrator. Tetapi untuk pembuatan karikatur digital Anda harus menggunakan software khusus. Karena jika Anda menggunakan sejumlah software di atas akan sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Adapun untuk membuat karikatut Anda bisa menggunakan software seperti Caricature Studio 6, Synfig Studio, Dimpleart, Manga Studio dan lainnya. Beberapa software tersebut memudahkan Anda hanya dengan mengedit gambar saja dan ada juga yang bise mengedit dengan manual layaknya menggunakan pen pad. 

Anda yang ingin membuka usaha karikatur digital, hasil seni yang dibuat adalah kariukatur pesanan pelanggan Anda dengan menambahkan background khusus atau tidak. Biasanya hasil karyanya tidak hanya diprint di media canvas. Melainkan bisa diprint di media seperti mug/gelas, kaos dan jam dinding. 

Bisnis ini termasuk bisnis menjanjikan saat ini. Harga karikatur yang satu kepala bisa dihargai mulai dari Rp. 75.000 hingga jutaan. Cuan yang Anda hasilkan dari bisnis ini bisa mencapai puluhan juta rupiah hanya dengan beberapa projek saja. 

2. Menyiapkan Peralatan yang Lengkap

Meskipun saat ini pembuatan karikatu lebih mudah, namun ada beberapa peralatan yang harus Anda siapkan untuk membuat karikatur digital ini. Peralatannya yang harus Anda siapkan diantaranya Laptop/Komputer, pen pad, printer dan software yang mendukung di perangkat laptop/komputer Anda. 

Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda bisa mempelajari cara membuat karikatur melalui tutorial-tutorial di YouTube atau akun media sosial. Durasi pembuatan karikatur pun tergantung dari seberapa rumit gambar yang dibuat. 

Rata-rata lamanya dalam membuat satu karikatur adalah 2 jam.  Hanya dengan mengandalkan peralatan di atas dan dengan pengerjaan dua jam saja Anda sudah bisa menghasilkan cuan mulai dari 75 ribuan. Jadi bisnis ini harus segera Anda lirik dan dimulai untuk mencobanya. 

3. Memanfaatkan Media Sosial

Untuk menghasilkan konsumen yang mudah dan banyak Anda bisa mencoba memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis karikatur digital Anda. Sebagai pemula, pertama Anda bisa membuat akun bisnisnya terlebih dahulu, lalu memposting contoh hasil karya Anda di akun tersebut. 

Menggunakan media sosial dalam kegiatan promosi usaha akan memudahkan Anda dalam menemukan konsumen yang tertarget. Anda bisa menggunakan Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya untuk promosi bisnis Anda. Selain itu, bisa juga memanfaatkan fitur ads di media sosial tersebut. 

4. Menerima Kritik dan Saran

Bisnis karikatur Anda pasti akan ada kritik dan saran dari pelanggan. Entah itu dari hasil karya karikaturnya, dari pelayanan ataupun dari proses pengiriman produk. Maka, hal yang harus Anda lakukan agar sukses adalah menerima kritik dan saran dari mereka. Meskipun saran dari mereka tidak bisa semuanya kita lakukan. 

Dengan minimal menerima kritik dan saran dari konsumen, membuat mereka merasa dihargai sebagai pengguna produk Anda. Dengan begitu ada mereka akan puas dengan bisnis Anda dan bisa jadi merekomendasikan bisnis Anda kepada teman, saudara dan rekan kerjanya. 

5. Terus Memperbaharui Bisnis Anda

Perkembangan teknologi semakin canggih, termasuk dalam kegiatan bisnis. Misalnya dulu kegiatan promosi hanya mengandalkan brosur kertas, tv dan radio. Berbeda dengan saat ini yang mana kegiatan promosi bisa mengandalkan hp saja dan biayanya pun lebih murah. 

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Sebagai pengusaha pemula di bidang karikatur sudah suatu keharusan untuk terus memperbaharui strategis bisnis Anda untuk menghasilkan projek yang lebih banyak dan besar. 

Dapatkan informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Di atas adalah 5 langkah sukses bisnis karikatu digital untuk pemula. 5 langkah di atas dijamin akan membuat bisnis karikatur Anda cepat berkembang dan menghasilkan projek yang lebih banyak dan besar. 
Related Posts