taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Usaha yang Cocok di Kontrakan Dengan Modal yang Tidak Besar

10 Usaha yang Cocok di Kontrakan Dengan Modal yang Tidak Besar

Kontrakan yaitu hunian sewa yang menjadi alternatif tinggal bagi pendatang dari kota lain. Tidak jarang mahasiswa atau pasangan baru menikah harus tinggal di kontrakan, karena harga jual rumah yang tinggi. Sayangnya, banyak orang tidak mengetahui jika rumah kontrakan bisa menjadi tempat usaha. Berikut usaha yang cocok di kontrakan.
Usaha yang Cocok di Kontrakan
Walaupun tinggal di rumah kontrakan, bukan berarti Anda tidak dapat memanfaatkan tempat tersebut sebagai tempat usaha. Bedanya, jika ingin membuka usaha di kontrakan perlu mempertimbangkan dulu beberapa hal seperti persetujuan pemilik rumah kontrakan, ruangan yang tersedia, dan kapasitas listrik di rumah kontrakan.

Jika sudah mendapatkan izin dari pemilik rumah kontrakan, ruangannya pun ada, serta kapasitas listrik cukup jika membuat usaha. Berikut ini 10 usaha yang cocok di kontrakan yang bisa Anda jadikan referensi.

Inilah 10 Usaha yang Cocok di Kontrakan 

Berikut ini 10 usaha yang cocok di kontrakan yang menjanjikan dan bisa Anda jadikan referensi:

1. Usaha Kue Kering dan Basah

Jika Anda pandai memasak, seperti membuat kue cobalah membuat  kue kering dan basah. Anda tidak perlu langsung memproduksi semua jenis kue. Sesuaikan saja sesuai dengan pesanan pelanggan.
Untuk meningkatkan peluang bisnis kue, sebaiknya mempelajari cara menghias parsel. Biasanya, konsumen akan memesan kue kering dalam bentuk parsel untuk diberikan ke kerabatnya.

Sedangkan untuk kue basah, selain menerima pesanan bisa mengirimkan kue basah ke warung atau toko yang ada di sekitar Anda. Jenis kue kering yang biasanya banyak orang pesan yaitu kue kacang, nastar, kastengel, lidah kucing, dan lain-lain. Sedangkan, kue basah seperti suguhan untuk kegiatan rapat atau tamu. Peminat kue tradisional terbilang masih banyak walaupun zaman sudah berkembang.

2. Usaha Laundry

Saat ini, banyak orang yang tidak mempunyai waktu cukup mencuci atau menyetrika pakaian. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuat usaha laundry. Modal awal yang Anda butuhkan untuk usaha ini yaitu mesin cuci. 

Sama seperti usaha kue kering dan basah, pastikan daya listrik di rumah kontrakan Anda mencukupi. Sebab, baik mencuci dan juga menyetrika membutuhkan penggunaan listrik lumayan besar.

3. Usaha Jasa Bimbingan Belajar

Usaha lain yang bisa Anda coba di rumah kontrakan adalah jasa bimbingan belajar. Target jasa ini yaitu anak-anak yang ada di sekitar rumah kontrakan Anda.

Anda dapat mengajar pelajaran SD, SMP, atau pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, Baca Tulis Al-Qur’an dan lain-lain. Tentunya, usaha ini cukup menguntungkan apalagi jika di sekitar rumah kontrakan Anda banyak anak-anak sekolah.

Untuk membangun usaha ini, Anda membutuhkan biaya yang lumayan besar karena harus menyediakan papan tulis, meja, dan peralatan mengajar lain. Selain itu, Anda juga harus sabar dan telaten dalam menghadapi beberapa murid yang mempunyai karakter berbeda-beda.

4. Usaha Penitipan Anak

Salah satu kendala yang banyak dihadapi orang tua yang bekerja di luar yaitu keamanan anak-anak mereka. Banyak tidak bisa menitipkan anak-anaknya ke kakek atau neneknya, karena tinggal di rantauan.

Di sisi lain, orang tua juga tidak dapat sepenuhnya percaya pada pengasuh pribadi. Salah satu solusi yang biasanya diambil dengan menitipkan anaknya ke day care atau penitipan anak. Bisnis ini bisa Anda jalankan di rumah kontrakan, apalagi jika lokasinya di perkotaan. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika membuka usaha ini yaitu kepercayaan orang tua di anak, fasilitas bermain, kurikulum yang baik dan lain-lain.

5. Usaha MUA (Make Up Artist)

Usaha yang cocok di kontrakan ni cocok bagi Anda yang mempunyai alat make up lengkap dengan keahlian membuat orang menjadi lebih cantik atau tampan. 

Untuk membuka usaha ini, Anda tidak perlu dulu memiliki alat make up lengkap. Cukup mempunyai seperangkat make up dan jika memungkinkan mempunyai beberapa baju adat atau kebaya yang siap Anda sewakan baik untuk acara wisuda atau karnaval.

Selain itu, Anda juga dapat bekerja sama dengan WO (Wedding Organizer) supaya konsumen bisa sekaligus memesan jasa WO dan bisa mendapatkan job  lebih banyak.

6. Usaha Warung Kopi

Biasanya, jarak rumah kontrakan satu dengan lainnya berdekatan dan cenderung banyak penghuni. Anda dapat membuka usaha warung kopi di halaman kontrakan yang menyediakan kopi dan cemilan lainnya yang sederhana.

Buatlah warung kopi senyaman mungkin, agar banyak yang senang berkunjung untuk menikmati kopi di warung yang Anda miliki. Anda juga dapat meletakkan satu buah TV agar pengunjung bisa sambil menikmati acara yang ada di TV.  Warung kopi di kontrakan biasanya lebih banyak yang datang, ketimbang pergi ke cafĂ© atau rumah makan, karena jajanannya lebih murah.

7. Usaha Jahit Pakaian

Jika Anda memiliki keahlian menjahit pakaian dan dapat menekuni bisnis ini bisa dijadikan peluang usaha.  Rasanya, seorang penjahit hampir tidak pernah sepi. Banyak membutuhkan jasa ini apalagi saat mau menjelang idul fitri. Tidak sedikit yang lebih memilih membuat pakaian di penjahit daripada membelinya karena harganya jauh lebih hemat, atau karena kualitas jahitannya lebih bagus.

Selain untuk hari idul fitri, usaha ini juga menjadi incaran di beberapa pernikahan untuk pembuatan seragam. Bayangkan saja, jika salah satu bulan ada 3 pernikahan, berapa banyak seragam yang akan Anda jahit? Kalau kewalahan dengan pesanan, cobalah cari partner untuk membantu dan mengembangkan usaha ini.

8. Usaha Air Minum Isi Ulang

Usaha ini banyak dicari karena saat ini banyak orang ingin yang lebih praktis dan mudah. Usaha air minum isi ulang cukup menjanjikan apalagi jika jumlah penghuni di kontrakan cukup banyak. Biasanya untuk 2 orang penghuni 1 galon akan habis dalam 4 hari. 

Dengan begitu, usaha air minum isi ulang akan terus berjalan tanpa menunggu waktu lama. Untuk mengembangkan usaha ini, Anda juga menitipkannya di warung-warung terdekat dari rumah kontrakan.

9. Usaha Potong Rambut

Walaupun sederhana, namun usaha kecil-kecilan tidak dapat Anda pandang sebelah mata karena omsetnya lumayan besar. Sebab, modal yang Anda keluarkan dapat kamu gunakan berkali-kali. Usaha ini juga akan sukses jika belum ada jasa potong rambut di sekitar wilayah kontrakan Anda.

10. Usaha Salon Kecantikan

Selain usaha potong rambut, Anda juga bisa membuka usaha salon kecantikan. Meskipun, untuk membuka usaha ini memerlukan modal yang lumayan besar, karena harga peralatan salon nya cukup tinggi.

Namun, jika Anda memiliki ruangan yang cukup dan memiliki kemampuan dalam dunia salon, Anda bisa membuka dulu salah satu jenis kemampuan salon seperti khusus creambath.  Setelah itu, coba tingkatkan lagi kemampuan salon lainnya sambil menabung untuk menyediakan peralatan yang lebih komplit.

Dapatkan juga sejumlah informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah ke sepuluh usaha yang cocok di kontrakan. Mengontrak rumah membutuhkan modal yang lumayan bukan? Jadi, sayang kalau hanya dijadikan tempat tinggal saja. Coba buat usaha di kontrakan agar terkumpul membeli rumah. Selamat mencoba. 

Penulis: Erisa Agustira
Related Posts