taupasar.com

we read, we create and we share it.

Strategi Pemasaran Bucket Snack dan Cara Pembuatannya

Strategi Pemasaran Bucket Snack dan Cara Pembuatannya

Bucket snack merupakan kumpulan jenis snack atau makanan ringan yang biasanya dipadukan dengan boneka, bunga atau lainnya dengan susunan yang menarik. Biasanya, orang-orang memberikan bucket sebagai hadiah, kado atau bingkisan istimewa pada suatu acara. Jika Anda tertarik dengan bisnis ini, cari tahu strategi pemasaran bucket snack yuk!
Strategi Pemasaran Bucket Snack
Saat ini, bucket snack banyak yang mencarinya, terutama kaum milenial karena terlihat unik. Tidak hanya berisi makanan saja, Anda bisa menambahkan ornamen lain seperti pita, bunga, boneka, dan lain-lain.

Untuk Anda yang ingin mencoba peluang bisnis bucket snack, sebaiknya mempersiapkan juga bagaimana strategi pemasaran bucket snack tersebut agar banyak yang mengetahuinya. 

Inilah Strategi Pemasaran Bucket Snack

Dalam menjalankan bisnis bucket snack, Anda bukan hanya menjual makanan kepada konsumen. Namun bisnis ini juga menjual kreativitas, estetika, serta inovasi dan nilai lebih pada konsumen. Berikut strategi pemasaran bucket snack yang perlu Anda ketahui :

1. Menentukan Harga Bucket Snack dari Isi Bucket

Pertama, coba menentukan harga bucket snack tergantung dari isi per bucket. Pastikan isi dengan produk makanan berkualitas dan baik. Percantik bucket seunik dan menarik mungkin. Semakin cantik tampilan bucket, dan semakin lengkap isiannya, maka semakin tinggi pula harga yang bisa Anda tetapkan.

2. Menentukan Harga Bucket Snack Sesuai Target Pasar

Selanjutnya, tentukan harga bucket snack yang sesuai dengan target pasar Anda. Jika Anda menyediakan harga bucket snack yang relatif lebih rendah, kemungkinan calon pembeli akan lebih tertarik membeli di toko Anda.

3. Melakukan Promosi Melalui Platform Messenger

Saat ini, orang-orang cenderung melakukan interaksi secara online. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan platform messenger seperti WhatsApp untuk melakukan promosi. Berikan promo khusus agar memberikan efek spesial kepada calon pembeli. Walaupun termasuk promosi konvensional, namun bisa efektif apalagi jika Anda menyertakan tampilan bucket, serta testimoni-testimoni pembeli.

4. Menyertakan Foto Bucket Snack Menarik di Media Sosial

Sosial media, khususnya Instagram masih menjadi tempat efektif untuk menjual bucket snack. Asalkan, foto, video dan desainnya terlihat menarik. Perhatikan pengambilan angle kelebihan bucket yang akan Anda jual. Usahakan latar fotonya bersih. 

Anda dapat mencari contoh foto bucket menarik melalui internet serta memanfaatkan aplikasi edit desain foto atau video seperti canva, adobe, dan lain-lain.

5. Mengemas Bucket Snack Semenarik Mungkin 

Bucket identik dengan pengemasannya yang cantik. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu untuk berkreasi dengan berbagai ornamen produk bucket. Akan lebih baik apabila memiliki rencana tema bucket apa yang akan Anda buat. Seperti, tema coklat, tema satu makanan ringan, tema warna, dan masih banyak lagi.

6. Menggunakan Greeting Card

Strategi pemasaran bucket snack lainnya bisa melalui greeting card. Meskipun merupakan selembar kartu. Namun, manfaat greeting card cukup berpengaruh dalam pemasaran bucket snack. Pada kartu ini, Anda dapat memberikan informasi mengenai nomor kontak, hingga berbagai akun media sosial yang Anda gunakan untuk menjual bucket snack tersebut.

Cara Membuat Bucket Snack yang Cantik 

Setelah mengetahui strategi pemasaran bucket snack, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara membuat bucket snack yang cantik. Nah, berikut ini bagaimana cara membuat bucket snack yang cantik :

1. Menyiapkan Snack

Bahan pertama wajib menyediakan snack. Pilih snack yang menjadi favorit teman pemesan. Selanjutnya, Anda dapat menambahkan jenis snack lain dengan warna senada dan ukuran berbeda supaya bucket terlihat menarik.

2. Gunting

Siapkan juga gunting, karena berfungsi untuk memotong kardus, kain, atau solasi yang akan Anda gunakan untuk menempel snack pada bucket.

3. Kain Spunbond

Kain spunbond merupakan bahan kain yang biasa digunakan untuk menggantikan plastik atau kertas yang sering berguna untuk shopping bag, goodie bag ataupun souvenir. Kain ini memiliki berbagai warna yang beragam, sehingga cocok sebagai cover dari bucket snack. Harganya juga terbilang cukup terjangkau dan bahannya relative kuat, sehingga tidak mudah rusak.

4. Lem Tembak dan Solasi

Selanjutnya, Anda juga perlu menyiapkan lem tembak dan solasi. Carilah solasi berwarna bening supaya bucket terlihat lebih rapi. Dalam proses penyusunan snack dengan dasar kardus, Anda dapat menggunakan lem tembak supaya makanan dapat terlihat kuat dan tidak mudah lepas.

5. Tusuk Sate

Tusuk sate berfungsi untuk membuat makanan terlihat lebih kokoh dan mudah Anda susun nantinya. Usahakan menggunakan tusuk sate yang kokoh dan tidak mudah patah.

6. Pita Serut

Selanjutnya, Anda dapat menggunakan pita serut sebagai hiasan dan bucket snack. Gunakan pita serut dengan warna senada dengan kain spunbond atau warna makanan yang ada. Pita serut akan membuat bucket buatkan Anda terlihat lebih menarik.

7. Kardus 

Terakhir, gunakan kardus sebagai alas atau dasar makanan bucket snack milik Anda. Kardus bekas ini akan membuat snack berdiri lebih tegak dan tersusun rapi. Selain kardus, Anda juga dapat menggunakan karton sebagai alat bucket-nya.

8. Membuat Bucket Snack

Setelah menyiapkan bahan dan alat di atas, kini Anda dapat membuat bucket snack yang menarik sebagai hadiah untuk teman atau orang tercinta. Berikut langkah-langkahnya :
  • Menyiapkan alat dan bahan bucket snack.
  • Bersihkan snack dari kotoran atau debu menggunakan tisu basah atau lap hingga bersih.
  • Potong kardus dengan gunting sesuai dengan ukuran bucket yang akan Anda buat.
  • Tempelkan tusuk sate menggunakan double tape atau solasi sesuai rangkaian bucket yang Anda inginkan.
  • Tempelkan snack pada bagian tusuk sate atau kardus menggunakan double tape atau lem agar lebih kuat.
  • Selanjutnya, pilih kain spunbond sebagai bahan pembungkus snack yang telah tersusun menggunakan kardus.
  • Letakkan kain spunbond di belakang kardus sesuai desain yang Anda inginkan.
  • Ikan bagian kain spunbond dengan selotip sebagai pegangan bucket snack tersebut.
  • Pasangkan pita serut pada bagian pegangan atau bawah bucket supaya terlihat menarik dan lebih cantik.
  • Anda dapat menambahkan ornamen lainnya seperti boneka dan greeting card supaya bucket lebih cantik.
  • Bucket telah siap diberikan kepada pembeli.
Bagaimana membuat bucket snack mudah bukan? Anda hanya perlu menuangkan sedikit keahlian dalam merangkai. Maka bucket snack pun siap menjadi hadiah. Awalnya mungkin akan sedikit kesulitan, namun karena harus berkreasi supaya rapi dan menarik. Nantinya, akan terbiasa dapat mengkreasikan warna dan bentuk bucket.

Ketika sudah handal, bukan tidak mungkin Anda juga akan mendapatkan banyak pesanan, atau harus mengisi bucket dengan banyak snack dengan harga jual tinggi. Inilah dimana Anda harus berhati-hati ketika penyusunan supaya memberikan kepuasan pada pelanggan.

Di bawah ini bisa disimak sejumlah informasi tambahan yang tak kalah menarik.

Baca juga:





Mungkin itu saja pembahasan untuk kali ini yaitu strategi pemasaran bucket snack dan cara pembuatannya. Jadi, tunggu apa lagi? Belajar berkreasi membuat bucket snack sendiri sejak dini.
 
Penulis: Erisa Agustira
Related Posts