taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tiru Cara Mengelola Feed Instagram Bisnis Ini Agar Menarik

Tiru Cara Mengelola Feed Instagram Bisnis Ini Agar Menarik

Instagram adalah salah satu aplikasi yang populer digunakan oleh banyak orang di Indonesia. Penggunaan aplikasi ini juga sangat beragam, tergantung kebutuhan penggunaannya. Salah satunya adalah bisnis. Jika Anda memiliki sebuah bisnis, informasi mengenai cara mengelola feed Instagram bisnis akan berguna untuk Anda.
Cara Mengelola Feed Instagram
Dengan feed Instagram yang menarik, tentunya akan mendapatkan banyak perhatian dari pengguna Instagram. Alhasil, mereka tidak segan untuk berkunjung ke akun bisnis Anda. Jika memang bisnis yang Anda tawarkan menarik, didukung dengan feed Instagram yang kekinian, akan banyak orang yang kemudian menjadi pelanggan dari bisnis Anda.

Inilah Cara Mengelola Feed Instagram Bisnis yang Bisa Ditiru

Jika Anda ingin menaikkan engagement untuk bisnis Anda melalui Instagram, tentunya Anda harus menyiapkan konten yang menarik. Konten ini nantinya bisa Anda pasang melalui feed Instagram Anda. Jika masih bingung mengenai bagaimana cara mengelola feed Instagram bisnis yang menarik, baca informasi selengkapnya dibawah ini.

1. Pilih Tema Untuk Feed Instagram Bisnis Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat feed Instagram bisnis Anda terlihat menarik adalah memilih tema terlebih dahulu. Hampir setiap akun IG memiliki tema feed Instagram yang berguna yang menggarisbawahi identitas merek Anda.

Anda dapat memilih topik untuk feed Anda tergantung pada identitas yang ingin Anda soroti untuk pengguna Instagram Anda. Misalnya, jika Anda membuka toko online yang menjual fashion ala Korea, feed Instagram yang Anda tampilkan bisa dipadukan dengan konsep yang menekankan gaya Korea.

Dengan mengambil foto produk yang menampilkan konsep OOTD Korea, Anda dapat dengan mudah menangkap konsep yang menekankan identitas gaya Korea. Apalagi jika diperhatikan, banyak channel Instagram Korea yang bermain-main dengan konsep kebersihan atau hygiene, hanya fokus pada benda dinding, meja, alas dan lantai dengan latar belakang polos.

Dengan munculnya pembentukan identitas feed Instagram, pemirsa dapat lebih mudah mengenal bisnis atau toko Instagram Anda. Bahkan, Anda bisa langsung mengenali Instagram Anda tanpa harus membaca username dari postingan yang muncul di timeline Instagram Anda.

2. Buat Moodboard di Aplikasi Pengeditan Foto

Moodboard dapat digunakan untuk membuat tampilan feed Instagram dengan warna atau mood yang sama. Tapi tahukah Anda apa itu moodboard? Moodboard adalah gambar atau komposisi visual yang dibuat untuk memberikan gambaran yang jelas tentang seperti apa konsep feed Instagram Anda nantinya. 

Membuat moodboard ini adalah gambaran umum tentang tampilan feed Instagram Anda menurut mockup atau tema preset. Dengan membuat moodboard, Anda dapat melihat dan memilih jenis feed Instagram yang Anda inginkan atau jenis yang tepat untuk digunakan sebagai feed dari Instagram bisnis Anda. 

Berbagai contoh moodboard dapat ditemukan di toko Instagram online lainnya. Atau, Anda dapat mencari di Pinterest dan banyak situs web lain yang menawarkan ide desain. Anda juga harus tahu bahwa ada banyak alat untuk membuat moodboard, seperti situs web dan aplikasi Canva. 

Canva biasanya menawarkan berbagai template yang dapat digunakan langsung oleh kreator untuk membuat moodboard. Anda dapat mengubah template yang tersedia di Canva sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengeditan gambar Anda. Anda dapat melakukan penyesuaian terkait warna, font, dan gaya konten yang ditampilkan.

Pilih dari berbagai moodboard untuk membantu Anda memutuskan konsep terbaik untuk feed Instagram Anda, tergantung pada identitas merek yang ingin Anda bangun. Oleh karena itu, konsep feed Instagram akan lebih matang, konsisten dan menarik bagi audiens Anda.

3. Fokus Pada Konsistensi

Bisnis Instagram selalu menekankan konsistensi untuk membuat Instagram dapat dikenali dan diingat. Jadi jika Anda menjalankan bisnis melalui Instagram, konsistensi harus menjadi prioritas Anda dan feed Instagram Anda harus terlihat gaya dan menarik.

Ada beberapa cara untuk mencapai konsistensi ini. Misalnya, jika Anda ingin menggunakan konsep feed Instagram yang bersih dengan menambahkan latar belakang warna solid pada headline Anda untuk menampilkan gambar produk Anda, pastikan semua konten Anda dibuat dengan konsep yang sama sehingga feed Instagram Anda terlihat seperti menekankan konsistensi.

Jadi, dari poin-poin diskusi sejauh ini, artikel ini sarankan Anda memilih tema terlebih dahulu dan membuat moodboard untuk menciptakan tampilan yang stylish dan estetis untuk feed Instagram Anda. Selain itu, Anda juga dapat bermain dengan warna-warna di sekitar Anda, seperti menggunakan filter warna untuk membuat visual Anda terlihat lebih hangat.

Untuk mendapatkan tampilan yang konsisten untuk  Instagram Anda, Anda dapat menggunakan alat pengeditan yang berbeda dan menyimpan preset yang sering Anda gunakan saat mengedit foto yang Anda unggah ke Instagram, seperti VSCO. 

Jika Anda hanya menggunakan fitur pengeditan foto yang disediakan oleh Instagram, foto yang dihasilkan mungkin terlihat tidak konsisten karena tidak ada fasilitas penyimpanan yang telah ditentukan untuk pengeditan foto.

Bahkan, Anda dapat memiliki pengeditan foto yang konsisten di seluruh Instagram dengan menggunakan filter yang sama untuk semua konten Anda guna menciptakan tampilan yang konsisten untuk  Instagram Anda. Namun, menggunakan filter tidak memberi Anda kebebasan untuk mengedit foto dan dapat terlihat tidak kreatif.

4. Cara Mengelola Feed Instagram Bisnis dengan Mengunduh Foto Beresolusi Tinggi

Saat mengunggah foto ke Instagram, pastikan foto Anda sudah dalam resolusi tinggi. Perlu Anda ketahui bahwa konten beresolusi rendah tidak akan terlihat jelas saat berada di posisi thumbnail feed Instagram Anda.

Tidak jarang menemukan feed Instagram dengan tampilan konten dinonaktifkan. Ketika Anda melihat feed seperti itu di Instagram, audiens Anda akan malas untuk mempelajari lebih lanjut tentang konten yang Anda tawarkan, jadi bukan tidak mungkin untuk menjauh dan mencari bisnis Instagram lain yang lebih menarik.

Jadi pastikan untuk meng-upload gambar beresolusi tinggi agar feed screen Anda terlihat lebih menarik. Oleh karena itu, audiens Anda akan tertarik untuk menjelajahi toko online Instagram Anda dan mengetahui produk apa yang Anda miliki di Instagram.

5. Gunakan Warna Latar Belakang yang Serasi

Selain filter dan warna sekitarnya, Anda harus menggunakan warna latar belakang yang serasi sebagai cara mengelola feed Instagram bisnis agar menarik. Menggunakan warna latar belakang yang serasi bukan berarti semua postingan konten Instagram harus selalu menggunakan warna itu secara eksklusif.

Audiens tidak ingin tetap berada di Instagram Anda karena menampilkan feed Instagram Anda dengan warna yang sama dengan latar belakang atau dengan sendirinya dapat menciptakan efek yang membosankan. Jadi desainer visual biasanya menggunakan palet warna untuk membuat desain kreatif yang dapat menarik perhatian pengguna Instagram.

6. Ubah Konfigurasi Desain Visual

Cara terakhir untuk membuat feed Instagram bisnis Anda terlihat menarik adalah dengan mengubah komposisi desain konten Anda. Posisikan headline dan gambar produk Anda sehingga terlihat jelas bahkan pada ukuran thumbnail di tampilan feed Instagram.

Saat mengelola komposisi desain visual, khususnya di Instagram bisnis, sekitar 85% gambar dapat difokuskan pada gambar produk yang dijual, dan sisanya dapat berupa teks seperti headline dan deskripsi produk. 

Sehingga pemirsa Anda dapat langsung mengetahui produk apa yang Anda jual, dan jika mereka tertarik dengan produk yang ditawarkan melalui feed Instagram Anda, mereka dapat dengan cepat membuka produk dan mencari informasi tambahan seperti harga dan nama produk.

Jangan lupa simak dan dapatkan informasi tambahan lainnya berikut ini.

Baca juga:





Demikianlah informasi mengenai cara mengelola feed Instagram Anda agar terlihat menarik. Jika feed yang Anda buat menarik, tidak menutup kemungkinan akan banyak orang yang tertarik dengan bisnis atau usaha yang Anda promosikan melalui Instagram. Jadi perhatikan hal ini dengan baik.

Penulis artikel : Rizal Herdiansyah
Related Posts