taupasar.com

we read, we create and we share it.

Tidak Perlu Bingung, Berikut Ini Ada 7 Cara Mengelola Akun Instagram Bisnis Khususnya Bagi Pemula

Tidak Perlu Bingung, Berikut Ini Ada 7 Cara Mengelola Akun Instagram Bisnis Khususnya Bagi Pemula

Kini media sosial hampir digunakan oleh masyarakat, baik itu dijadikan sebagai tempat belajar, hiburan, hingga bisnis usaha. Salah satu aplikasi media sosial yang banyak digunakan sebagai ladang cuan adalah Instagram, maka tak heran banyak orang yang mencari tahu bagaimana cara mengelola akun Instagram bisnis.
Cara Mengelola Akun Instagram
Instagram Bisnis merupakan akun yang dibuat khusus untuk keperluan dalam berbisnis, fitur-fitur yang disajikan pun memiliki perbedaan dari akun Instagram pribadi. Melalui Instagram Bisnis ini kamu bisa lebih mudah menjangkau pelanggan dan membuat promosi. Sebagai pengusaha hal ini sangat wajib kamu miliki dalam memulai usaha sehingga pemasaran bisnis kamu lebih optimal.

Perlu kamu ketahui, Instagram Bisnis memiliki fitur yang dapat mempermudah kamu mengolah data pelanggan, misalnya content dan activity insight. Selain itu ada juga “button” yang bisa diarahkan khusus ke email atau nomor kontak usaha kamu.

Buat kamu yang masih pemula dalam dunia pengusaha tidak perlu khawatir apalagi risau, berikut ini akan membahas mengenai cara mengelola akun Instagram bisnis.

Cara Mengelola Akun Instagram Bisnis

1. Membuat Konten Bermutu dan Menarik

Hal yang sangat penting dalam cara mengelola akun Instagram bisnis adalah dengan lebih memfokuskan konten agar bisa disukai oleh khalayak.Ingat, jangan sampai dalam membuat konten yang berlebihan dan lebay. Hal ini bukannya menggaet khalayak, yang ada mereka jijik dengan usaha yang kamu jalankan.

Umumnya orang-orang lebih suka konten yang bermanfaat, kebaikan, pemberian, dan inspirasi. Maka dari itu mulai sekarang buatlah konten sesuai dengan market kamu, bagikan manfaat, giveaway, atau sesuatu yang bisa menginspirasi mereka.

Berikut ini adalah beberapa ide konten Instagram Bisnis yang bisa kamu coba seperti repost foto atau video followers, buat konten IGTV atau Live, bikin giveaway, dan memanfaatkan fitur Instagram Guide.

2. Memiliki Komunikasi yang Baik

Satu hal penting yang tidak boleh kamu lupakan dalam cara mengelola akun Instagram bisnis adalah membangun komunikasi dengan pengunjung.Biasanya banyak orang yang awalnya memposting produk jualan terlalu berlebihan, hal inilah menjadi kesalahan fatal karena kamu tidak ada interaksi dengan followers.

Karena kamu tidak tahu-menahu segmentasi market sebelum produk tersebut dipasarkan bisa berdampak sepi pembeli dan mau tidak mau kamu akhirnya mengalami kerugian.

3. Membuat Caption yang Menarik

Cara mengelola akun Instagram bisnis berikutnya adalah membuat caption postingan gambar menarik sehingga adanya interaksi antara kamu dengan followers.  

Semakin sering berinteraksi dengan followers seperti berkomentar, maka semakin tinggi pula kemungkinan kemunculan postingan kamu di feed mereka. Maka dari itu, jadilah akrab dengan followers dengan membalas komentar mereka.

4. Manfaatkan Instagram Ads

Agar bisa menjangkau pengunjung yang lebih luas lagi kamu bisa memanfaatkan fitur Instagram Ads. 
Fitur ini menjadi alternatif untuk membantu memasarkan produk kamu kepada audiens yang lebih spesifik. 

Memanfaatkan fitur Instagram Ads bisa menargetkan pengunjung berdasarkan demografi, interest, usia, gender dan behavior.

5. Buat Jadwal Posting

Tidak semua jenis konten memiliki target pengunjung dengan treatment yang sama. Sehingga perlu diketahui kapan waktu yang tepat memposting konten dengan melakukan percobaan berkali-kali.

Kemudian, kamu bisa menganalisis hasilnya dari fitur Insights milik Instagram. Disinilah kamu bisa mengetahui saat kapan pengunjung sedang online atau tidak. Ketika kamu sudah paham dengan penetapan jam-jam yang pas untuk buat posting.

Berikutnya kamu bisa membuat jadwal posting menggunakan bantuan tools untuk memudahkan pengaturan jadwal dan biarkan tools yang mempublish konten kamu. Beberapa tools populer yang bisa pakai adalah Hootsuite, ScheduGram, Later, ViralTag dan lain-lain.

6. Mengadakan Diskon atau Giveaway

Apapun jenis usaha kamu baik itu dalam skala kecil maupun besar pasti akan menarik banyak pengunjung jika mengadakan diskon atau giveaway.

Menggunakan Instagram untuk promosi usaha kamu bukan berarti hanya fokus membahas produk-produk saja tetapi juga  membuat pengunjung senang dan terkesan dengan membuat promo diskon atau giveaway.

Banyak sekali keuntungan yang kamu dapat dengan cara ini. Misal dari sisi brand awareness, engagement, pertumbuhan followers, maupun user generated content. Sehingga kamu bisa menciptakan hashtag tertentu untuk membuatnya jadi viral dan menjadi pembeda dengan konten lainnya.

Tapi perlu kamu ingat, membagikan konten di Instagram sama seperti ketika ingin membuat jadwal posting. Maka diperlukan melakukan percobaan beberapa kali untuk tahu jenis konten seperti apa yang paling efektif untuk digunakan untuk kedepannya.

7. Posting dengan Minta Like

Selanjutnya cara mengelola akun Instagram bisnis yang kamu lakukan adalah sesekali buatlah postingan yang bagus dan mintalah like ke followers.

Apabila postingan kamu bersahabat dan cocok bagi followers kamu, like postingan kamu pasti banyak.
Perlu kamu ketahui, like salah satu indikasi bahwa postingan kamu disukai oleh followers, setidaknya 1-5% like dari total jumlah followers.

Dari 5 kali posting di feed, buat satu kali konten yang meminta like, jangan setiap posting minta like karena followers karena lama-lama mereka muak dan malas dengan usaha kamu yang mengemis like.
Itulah informasi mengenai cara mengelola akun Instagram bisnis yang sangat perlu kamu ketahui dan pastinya cocok untuk yang masih pemula dalam dunia bisnis.

Anda juga bisa menyimak informasi menarik lainnya di bawah ini.

Baca juga:





Intinya jika menggunakan Instagram sebagai media promosi kamu, pastikan kamu bisa lebih kreatif dan inovasi dalam pembuatan konten. Jangan sampai kamu menjiplak konten orang lain, buatlah konten tersendiri sehingga followers bisa tahu bahwa konten kamu memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh siapapun.
Related Posts