taupasar.com

we read, we create and we share it.

7 Tips Menjadi Pengusaha Muda Sukses Ini Bisa Dijadikan Acuan

7 Tips Menjadi Pengusaha Muda Sukses Ini Bisa Dijadikan Acuan

Seseorang yang memiliki jati diri sebagai pengusaha pastinya ingin mendapatkan kesuksesan. Terutama kaum milenial, menjadi pengusaha sukses merupakan suatu hal yang sangat diidamkan.
Tips Menjadi Pengusaha
Alasan menjamurnya pengusaha muda saat ini karena mereka beranggapan merintis usaha sendiri lebih menggiurkan dibandingkan menjadi karyawan.

Namun, perlu mengetahui tips menjadi pengusaha muda sukses juga memerlukan strategi yang tepat dan akurat.

Maka dari itu, biar kamu tidak salah jalan. Berikut pembahasan tentang tips menjadi pengusaha muda sukses yang bisa kamu terapkan.

Tips Menjadi Pengusaha Muda 

1. Lakukan Sesuai yang Disukai

Tips menjadi pengusaha muda yang sukses tidak akan berguna jika kamu menjalaninya tidak sesuai apa yang kamu sukai. Maka dari itu memiliki hasrat untuk produk atau layanan yang dirintis, harus mengetahuinya secara luar dan dalamnya. 

Berapa banyak orang beranggapan bahwa membuka jasa agen PR merupakan suatu ladang uang yang glamor dan mudah. Kenyataannya, kita harus melalui berjam-jam mengejar klien, dipukul mundur, serta berjuang untuk membangun diri di pasar yang sangat kompetitif.

Jangan lupa untuk menemukan unique selling point (USP) yang tidak dimiliki oleh orang lain. Apa pun yang kamu lakukan, pastikan jangan terjebak pada keyakinan bahwa bisa menerapkan pendekatan scatter-gun ke pasar. Karena kamu perlu berspesialisasi.

2. Percaya Diri

Tips menjadi pengusaha muda yanh harus ada pada diri kamu adalah peecaya diri pada diri sendiri. Ya, meskipun banyak sekali pengusaha muda. Tapi sebagian mereka pasti merasa kurang percaya diri karena tidak seahli dengan orang-orang uang mendahulukannya.

Hal ini pastinya akan berdampak pada usaha yang kamu jalankan, jika kamu terus menerus kurang percaya diri bisa saja kegagalan juga menghampiri usaha kamu. Seperti kata Henry Ford "Apakah Anda pikir Anda bisa, atau berpikir Anda tidak bisa, Anda benar.” 

Jadi percayalah bahwa kamu mampu berhasil, kamu pasti akan menemukan jalan melalui berbagai rintangan menghadang. Jika tidak, kamu hanya akan menemukan alasan belaka.

3. Perkuatkan Niat dengan Visi Misi

Langkah selanjutnya dalam tips menjadi pengusaha muda sukses adalah perkuatkan usahamu dengan visi dan misi yang jelas. 

Dengan begitu, kamu tidak akan mudah goyah jika suatu saat di hadang kendala dalam perjalanan usaha kamu. Bahkan jika perlu, kamu bisa catat visi dan misi usaha di tempat yang mudah di lihat, misalnya dinding kamar.

Perlu kamu ketahui, apabila sebuah usaha tidak memiliki cisi misi yang jelas maka itu sama saja belum menentukan tujuan dari usaha yang dijalankan.

Bukan hanya perusahaan besar saja yang perlu visi misi. Justru usaha kecil wajib memilikinya sebagai pengingat supaya selalu semangat menjalankan dan mengembangkan usaha.

4. Kelola Waktu

Apapun kegiatan kamu jika bisa manage waktu, pasti segala urusan bisa berjalan dengan lancar. Tak terkecuali dalam menjalankan usaha. Sebagai pengusaha muda yang masih dalam jenjang pendidikan jangan terlalu memaksakan diri. 

Buatlah catatan harian dan pastikan waktu untuk pendidikan dan kerja bisa terbagi sesuai dengan porsinya. Pengusaha mapan pastinya akan menyarankan bahwa perencanaan dan persiapan itu sangat penting.

5. Ciptakan Brand Usaha Sendiri

Kendati usaha yang kamu jalankan masih kecil, tidak ada salahnya untuk membuat brand sendiri. Ketika kamu memiliki brand, orang-orang akan mengenali usahamu bergerak di bidang apa. Melalui brand ini juga kamu bisa ciptakan  meningkatkan personal branding kamu juga.

Jadi perkuatlah brandung agar mampu meningkatkan engagement antara konsumen calon konsumen dengan usaha yang kamu miliki. 

Terlebih jika personal branding kamu juga kuat. Pasti banyak orang akan mengenali kamu dan usahamu menjadi satu kesatuan yang utuh. Dengan begitu, usahamu semakin dikenal dan berkembang lebih luas lagi.

6. Temukan Mentor

Apapun usaha yang kamu jalankan, alangkah lebih baiknya kamu menemukan mentor yang berpengalaman. Pastikan mentor yang diterima telah sukses di pasar, sehingga kamu bisa mempertahankan apa yahg dilakukan.

Dengan rendah hati, pertimbangkan saran-saran yang diberilan mereka. Jangan takut untuk berbeda pendapat, karena hal itulah yang membuat seorang wirausahawan menonjol dari yang lain dan mentor akan lebih memikirkan kamu untuk itu.

Bahkan, jika tidak memiliki mentor penuh waktu, pengusaha yang sukses biasanya dengan senang hati menjawab pertanyaan satu kali jika didekati dengan cara yang benar.

7. Menggunakan Media dengan Tepat

Dapat dikatakan surat kabar semakin memperkecil ruang iklan, sehingga untuk mempromosikan bisnis tidak mampu menawarkan pendapatan iklan. Namun, lain cerita jika usaha kamu memiliki USP, itu pasti menarik minat editor bisnis. 

Buat siaran pers kamu harus hati-hati dan waspadalah terhadap aksi ini. Jika sampai salah bisa menjadi bumerang dan merusak reputasi merek usaha kamu. Media penyiaran seperti radio dan TV hingga saat ini masih menawarkan peluang untuk promosi tetapi.

Tetapi sekali lagi, perusahaan kamu perlu memiliki USP dan pengait untuk menonjolkan sebuah cerita. Misalnya dalam memulai menjalankan perusahaan dengan menggunakan produk lokal atau pekerja dalam menghadapi penurunan ekonomi. 

Maka dengan kisah-kisah seperti itu adalah daging dan minuman dari radio dan TV lokal pada khususnya. Rilis dengan media harus ada benarnya dan tidak, jangan hanya mencerminkan keinginan untuk melakukan promosi.

Manfaatkan juga media sosial, karena bisa saja sangat sukses dalam promosi tetapi harus digunakan dengan hati-hati.

Seperti Twitter, Instagram, Facebook, dan beberagai media sosial lainnya yang bisa menjadi teman dan juga bisa menjadi musuh dalam usaha kamu. Yang paling utama dalam menjalankan suatu usaha itu adalah pantang menyerah dan selalu konsisten.

Setiap usaha pasti memiliki risiko dan tantangannya sendiri. Maka dari itu, sebagai pengusaha muda tetaplah berjuang meski di tahap awal kamu harus bekerja ekstra keras.

Sebelum beranjak, pastikan Anda menyimak sejumlah informasi pilihan berikut ini.

Baca juga:





Demikian pembahasan tentang tips menjadi pengusaha muda yang sukses. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi kamu, semoga sukses!

Penulis: Putri Geo
Related Posts