taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Mengelola Usaha Lukisan dengan Mudah, Berikut Penjelasannya!

Cara Mengelola Usaha Lukisan dengan Mudah, Berikut Penjelasannya!

Mengelola usaha lukisan memang terbilang sulit, karena saat ini tidak semua orang dapat membuka toko lukisan. 
Cara Mengelola Usaha
Banyak faktor yang menghambat dan tidak mendukung, mulai dari modal yang harus cukup besar dan sedikitnya para kolektor lukisan di Indonesia. 

Untuk bisa membuka usaha lukisan, berikut ini cara untuk mengelolanya dengan mudah:

Cara Mengelola Usaha Lukisan

1. Memilih Lokasi yang Strategis

Lokasi merupakan hal utama yang harus kamu lakukan sebelum membuka usaha. Pilihlah lokasi yang sesuai serta strategis dengan usaha lukisan kamu. 

Untuk usaha lukisan sebaiknya kamu membuka galeri yang dekat dengan tempat wisata bersejarah dan di pusat kota yang ramai. Dengan membuka usaha ditempat yang ramai, maka akan ada banyak pengunjung yang datang ke galeri kamu.

Kamu juga bisa menjual lukisan secara online melalui website maupun bisa juga membuka store di salah satu online shop yang terkenal dan populer sekarang.

2. Belajar Mengelola Modal

Mengelola usaha lukisan memang membutuhkan modal yang banyak dan kamu harus bisa mengelola uangnya. Jika belum memiliki modal yang banyak, kamu bisa meminjam uang ke saudara atau orang terdekat. 

Saat kamu meminjam uang maka harus ingat jika itu hutang dan harus bisa mengembalikannya dengan segera. Buatlah rencana anggaran, mulai dari anggaran sewa tempat hingga biaya lukisan yang akan dijual. 

3. Pahami Siklus Kebutuhan Konsumen

Untuk mengelola usaha lukisan kamu juga harus memahami siklus kebutuhan konsumen, tentukan target konsumen apa usaha kita untuk yang berumur dewasa atau remaja. 

Saat ini anak remaja kebanyakan menyukai ha yang terlihat estetik, lukisan yang estetik. Sedangkan orang dewasa lebih menyukai hal yang klasik, jadi tidak ada salahnya jika menyajikan keduanya.

4. Pilih Peralatan yang Berkualitas

Saat membuka usaha lukisan, pastinya kamu membutuhkan peralatan, maka pilihlah peralatan yang bagus dan tahan lama. Jika kamu melukis untuk dijual, maka beli peralatan lukis yang awet, tahan lama dan berkualitas. Peralatan yang bagus dapat bertahan lama dan mengirit pengeluaran kamu. 

5. Cari Lukisan yang Berkualitas

Untuk mengelola usaha lukisan, kamu akan membutuhkan karya-karya seorang pelukis. Maka dari itu carilah lukisan yang berkualitas dari beberapa pelukis yang terkenal dan karyanya yang bagus. 

Kamu bisa membuat kontrak dengan pelukis agar galeri lukisan kamu terus terisi saat kehabisan. Saat ini banyak sekali pelukis berbakat yang bisa kamu lihat di media sosial dan bisa diajak untuk bekerjasama.

6. Cari Karyawan yang Kompeten

Mengelola usaha lukisan tidak bisa dilakukan sendiri, kamu akan membutuhkan orang yang bisa membantu dikala galeri lukisan rame. 

Untuk itu carilah karyawan yang bisa membantu kamu untuk melakukan pelayanan, kebersihan, dan pemasaran. Tentunya bisa membantu pekerjaan kamu dan harus kompeten dibidangnya.

7. Siapkan Strategi Pemasaran

Mengelola usaha lukisan memang tidak mudah, membutuhkan strategi yang cerdik. Kamu bisa melakukan pemasaran melalui media sosial yang saat ini tengah populer. 

Merekrut karyawan yang berkompeten juga bisa kamu lakukan, karena tidak mungkin kamu lakukan sendiri. Saat kamu baru pertama kali buka galeri atau store lukisan, maka buatlah harga yang murah untuk menarik para kolektor.

Selain memasarkan secara online, kamu juga harus bisa memilih sebuah website yang unggul untuk melakukan penjualan lukisan. Buatlah kata-kata yang menarik mengenai filosofi dari karya lukisan tersebut. Akan banyak para kolektor asing yang melihat dan membeli lukisan yang kamu jual. Ketekunan dan kesabaran menjadi kunci utama saat mengelola usaha. 

Tidak hanya berhenti pada informasi di atas saja, Anda juga bisa mendapatkan informasi lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah informasi yang bisa diberikan, tentunya perihal sejumlah cara mengelola usaha lukisan yang mudah dan juga tepat untuk dilakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil. 
Penulis: Nining
Related Posts