taupasar.com

we read, we create and we share it.

Inilah Contoh Proposal Usaha Keripik Singkong

Inilah Contoh Proposal Usaha Keripik Singkong


Umumnya, problem terbesar yang dialami oleh para calon wirausaha adalah ketiadaan dana. Dengan alasan yang sama, beberapa orang memutuskan menunda usaha mereka hingga akhirnya ada orang yang mendahului dengan usaha yang sama. Tentu hal seperti ini sangat disayangkan, bukan.?
contoh proposal keripik singkok
Salah satu solusi dari permasalahan ini ialah mengajukan proposal usaha kepada investor maupun donatur. Proposal ini berfungsi untuk menawarkan kerjasama kepada mereka untuk mengembangkan usaha yang Anda miliki. Selain itu, proposal juga mempunyai beberapa fungsi lain yang bermanfaat bagi bisnis Anda sendiri.

Pentingnya Membuat Proposal Usaha Keripik Singkong

Sebelum belajar cara menyusun proposal usaha yang baik dan benar, terlebih dahulu kita perlu mengenal apa urgensi menyusun suatu proposal usaha. Jika Anda menganggap proposal usaha hanya untuk mengajukan dana semata, maka itu kurang tepat. Berikut beberapa poin urgensi penyusunan proposal usaha:

1. Memantapkan posisi bisnis

Proposal usaha mencakup segala perkara yang berkaitan dengan minat Anda berkiprah dalam bidang tersebut, misalnya latar belakang pendirian usaha, kelemahan, kelebihan, progress, pembagian dana, menghitung keuntungan, mempertahankan standart kualitas, membangun inovasi, dan sebagainya.

Aspek-aspek tersebut akan Anda pikirkan dengan matang ketika Anda menyusun proposal usaha. Secara tidak langsung, Anda sedang menguji kelayakan usaha dan urgensi berdirinya usaha Anda.

2. Membuat perencanaan bisnis efektif

Salah satu faktor penghambat yang banyak menyebabkan sebuah bisnis tidak bisa survive ialah perencanaan kurang efektif dan tidak tepat guna. Perencanaan yang tidak matang dapat memicu kesalahan pengelolaan keuangan, tidak ada progress, tidak ada inovasi,atau problem lainnya.

Dalam proposal, Anda dipaksa untuk merumuskan rencana bisnis yang mantap dan komprehensif. Tapi upaya ini juga akan memudahkan Anda dalam melangsungkan bisnis tersebut.

3. Menarik investor atau donatur

Tidak bisa dipungkiri, salah satu tujuan membuat proposal usaha adalah menarik para investor atau donatur untuk bekerja sama membangun usaha. Salah satu sistem yang dapat ditawarkan adalah mereka sebagai pihak yang memberikan dana sedangkan Anda sebagai eksekutor usaha.

Namun untuk dapat menarik investor, proposal usaha harus menarik, unggul, dan signifikan. Jika proposal masih masih bersifat umum atau tidak menampilkan kelebihan dari usaha tersebut, investor mungkin akan berfikir dua kali untuk bekerjasama karena usaha kurang meyakinkan.

4. Mengamankan pendanaan

Motivasi umum seseorang untuk membangun usaha tentu untuk mengambil keuntungan. Namun dalam realitanya, tidak semua wirausaha berhasil mendapatkan keuntungan dari usaha mereka. Salah satu faktor kegagalan tersebut adalah pengelolaan keuangan yang buruk dan tidak efektif. Sampai disini, cukup penting bagi kita untuk mengamankan dana dengan baik dan benar.

Contoh Proposal Usaha Keripik Singkong


Adapun metode pembelajaran membuat proposal usaha yang paling efektif adalah dengan menganalisa contohnya secara langsung. Jadi, Anda tidak perlu terlalu lama membaca teori, namun bisa langsung mempraktekkannya. Berikut contohnya:

BAB I
PROFIL PERUSAHAAN

A. Deskripsi Umum Perusahaan

Keripik singkong masuk dalam jajaran jajanan lezat legendaris di Indonesia. Tidak diketahui pasti kapan pertama kali keripik singkong ditemukan pertama kali, namun kelezatannya sudah hampir bisa dipastikan puluhan tahun memanjakan lidah masyarakat kita. Perjalanan sejarahnya membuat kedudukan camilan ini tak akan tergantikan.

Meskipun sudah lama dikenal, faktanya keripik singkong tidak membosankan. Hal ini dibuktikan dengan masih tingginya minat masyarakat untuk membeli keripik singkong, baik itu keripik singkong biasa ataupun keripik singkong dengan variasi rasa baru yang saat ini banyak bermunculan.

Diantara berbagai variasi rasa baru tersebut, keripik singkong keju adalah salah satunya. Berbeda dengan konsep keripik singkong pada umumnya yang memiliki rasa renyah, keripik singkong keju memiliki tekstuk renyah di luar dan lembut di dalam, Tetap disebut keripik karena bentuknya tetap pipih dan tipis.

Keripik singkong keju menjadi konsep keripik singkong yang benar-benar baru dan mungkin belum pernah dikenal di masyarakat. Meskipun istilah ‘singkong keju’ sendiri bukanlah hal baru, karena sudah ada ‘singkong goreng keju’, namun keripik singkong keju sudah memiliki ciri khas sendiri sebagai jenis keripik.

B. Riwayat Perusahaan

Usaha rumahan dengan nama ‘Surya Mentaram’ ini berdiri sejak tahun 2010. Khusus memproduksi olahan makanan yang berasal dari singkong, yakni keripik singkong aneka rasa(asin, manis, pedas, balado, sapi panggang, jagung bakar, dan original), singkong bakar, singkong bakar, dan singkong rebus.

Masing-masing produk memiliki penanganan produksi dan pemasaran yang berbeda-beda. Contohnya khusus olahan singkong rebus dan bakar, kami memasarkan secara langsung melalui gerai yang buka setiap sore sampai malam. Sedangkan produk keripik kami pasarkan secara langsung dan melalui media sosial.

Selama 11 tahun berdiri, tempat usaha ini telah memproduksi ribuan olahan singkong dengan jumlah karyawan yang bertambah setiap tahun. Pada tahun ini, perusahaan mulai menerbitkan produk singkong baru yaitu keripik singkong keju.

C. Visi dan Misi Perusahaan

Visi

Memproduksi makanan dengan bahan baku singkong berkualitas, sehat, dan ekonomis, Laba secukupnya, berkah sebanyak-banyaknya.   

Misi

1. Konsisten mengembangkan makanan berbahan baku singkong
2. Produk makanan dengan bahan-bahan yang sehat dan berkualitas
3. Bekerja sambil meningkatkan kemampuan ber-wirausaha
4. Pelayanan konsumen adalah prioritas

D. Jenis Usaha yang Dikelola

Perusahaan konsisten mengolah singkong sebagai bahan baku menjadi banyak jenis makanan lezat. Jenis usaha ini dipilih atas pertimbangan bahwa singkong adalah bahan baku makanan yang mudah didapatkan, ekonomis, dan memiliki citarasa tinggi.

E. Jenis Usaha yang Direncanakan

Terbaru, kami menelurkan produk baru berupa keripik singkong keju pada akhir bulan Februari tahun 2021. Ide ini direalisasikan dalam rangka memenuhi tuntutan inovasi produk yang sudah ditargetkan oleh perusahaan. Selebihnya, produk keripik singkong keju diproyeksi akan mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat.

F. Tujuan

1. Memenuhi tuntutan inovasi produk dari perusahaan setiap satu tahun sekali
2. Mengembangkan kualitas dan kreatifitas perusahaan
3. Meningkatkan profit perusahaan
4. Meningkatkan daya saing perusahaan
5. Melayani konsumen / pelanggan dengan produk-produk baru

BAB II
KEGIATAN PASAR DAN PEMASARAN

A. Lingkungan Usaha

Lokasi usaha ini terletak di perempatan pasar Paciran Kecamatan Pacitan Kabupaten Lamongan. Wilayah ini sangat strategis, karena sangat mudah dijangkau oleh konsumen maupun para tengkulak. Spesifik di wilayah ini, juga belum ada pesaing dengan produk yang serupa.

Bahan baku singkong sendiri cukup mudah didapatkan. Kami mengambil singkong dari para pemilik kebun singkong di beberapa wilayah kecamatan Paciran. Supplier tangan pertama menjadi keuntungan tersendiri bagi usaha ini karena memungkinkan perusahaan memberikan harga terbaik pada produk.  
 
B. Kondisi Pasar

Saat ini, perusahaan memiliki 20 tengkulak tetap yang memasarkan produk keripik singkong keju ke berbagai wilayah di Lamongan. konsumen produk ini kebanyakan berasal dari kalangan pemuda dan orang dewasa. Dominan konsumen membeli produk ini sebagai cemilan ringan atau suguhan acara.

Persaingan produsen keripik singkong di Lamongan terbilang cukup besar. Fakta ini menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk senantiasa mengeluarkan produk baru, minimal setiap satu tahun sekali. Selain itu, pemasaran dan jaminan mutu terus digalakkan untuk menciptakan kualitas produk dan perusahaan yang konsisten.    

C. Rencana Pemasaran

Pemasaran keripik singkong keju meliputi pemasaran langsung dan melalui perantara media sosial. Pemasaran langsung dilaksanakan dengan mengadakan promo 50%, membuka gerai drive thru, hingga menyediakan layanan pesan antar sampai ke rumah konsumen.

Promosi melalui media sosial menggunakan media Instagram, Facebook, Tiktok, dan Whatsapp. Rancangan promosi lebih jauh adalah mengambil layanan iklan berbayar, membuka sistem reseller untuk wilayah luar kota, serta bekerjasama dengan public figure daerah untuk melakukan endorsement.

D. Keunggulan Keripik Singkong Keju

1. Jajanan lezat dengan harga ekonomis

Keripik singkong keju memiliki rasa unik, yakni citarasa singkong terbaik dengan kerenyahan diluar dan kelembutan di didalam. Kedua tekstur ini dipisahkan oleh batas yang sangat tipis karena secara keseluruhan, bentuk keripik ini memang tidak tebal.

Keripik singkong keju cocok dimakan sendiri ataupun beramai-ramai. Untuk pembelian dalam jumlah besar (kiloan), terdapat potongan harga sehingga jauh lebih murah. Cocok sebagai alternatif suguhan dalam acara keluarga atau pertemuan-pertemuan lainnya.  

2. Camilan dengan kandungan gizi tinggi

Singkong memiliki banyak kandungan gizi, yaitu protein, karbohidrat, serat, vitamin C dan vitamin A, mineral, dan air. Selain itu, proses penggorengan menggunakan minyak berkualitas yang sehat dan tidak menimbulkan serik di tenggorokan.  

3. Tidak berminyak

Sudah menjadi karakteristik umum bahwa keripik singkong mengandung minyak yang cukup banyak. Oleh karena itu, banyak orang tidak berani mengonsumsi keripik ini terlalu banyak karena alasan kesehatan.

Keripik singkong keju telah melalui proses pengeringan minyak sederhana untuk mengurangi kandungan minyak yang terdapat dalam keripik. Sehingga, kemasan keripik tidak berminyak dan tidak akan menimbulkan gejala buruk pada kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah banyak (selama tidak terlalu berlebihan).

4. Camilan unik (keripik singkong keju pertama di Indonesia)

Hingga detik ini, produk keripik singkong keju usaha kami adalah yang pertama kali di Indonesia. Dengan kata lain, Anda tidak dapat menemukannya di tempat lain. Sesuatu yang unik cenderung mengundang orang untuk mencoba mencicipi.

BAB III
FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG

Setiap usaha tentu memiliki dinamika. Perjalanan menuju keberhasilan     niscaya menemukan kesulitan dan kemudahan, pendorong ataupun penghambat. Demikian pula usaha keripik singkong keju ini. Dinamika usaha  keripik singkong keju ini mengalami dinamika sebab beberapa faktor berikut:

A. Faktor Penghambat Usaha
  • Dana yang minim untuk memperluas pasar ke luar wilayah Lamongan
  • Banyak usaha yang sama (keripik singkong)
  • Permintaan produk yang kurang terorganisir
Upaya mengatasi beberapa faktor diatas, perusahaan berusaha mencari investor dan donatur untuk bekerjasama mengembangkan produk keripik singkong keju ke pasar yang lebih besar. Selain itu, perusahaan berupaya menciptakan produk-produk unik dan perdana. 

Perusahaan juga berupaya melakukan pendataan ketat terhadap permintaan para tengkulak agar cepat tersesuaikan dengan kegiatan produksi.

B. Faktor Pendukung Usaha
  • Memiliki 20 tengkulak tetap
  • Pemasaran yang luas, baik secara langsung maupun media sosial
  • Harga yang ekonomis
  • Gerai strategis
C. Analisis SWOT

1. Strength (kekuatan)
  • Memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan
  • Memiliki harga sangat ekonomis
  • Produk awet dan memungkinkan untuk didistribusi ke luar kota
2. Weakness (kelemahan)
  • Keawetan lebih pendek daripada keripik singkong biasa (maksimal 20 hari)
  • Proses produksi lebih lamban daripada keripik biasa
3. Opportunity (peluang / kesempatan)
  • Peralatan yang dibutuhkan sederhana
  • Pasar tidak terbatas, hampir dapat diproduksi di wilayah manapun
  • Modal produksi tidak terlalu besar
  • Karena progress penjualan yang bagus, proses recruitment reseller menjadi lebih mudah.
4. Threat (hambatan)
  • Persaingan yang ketat
 
BAB IV
ASPEK PRODUKSI

A. Alokasi Usaha

Gerai usaha terletak di perempatan utama Desa Paciran Kecamatan Paciran Kabupaten Tulungagung. Gerai terletak di area pertokoan yang mudah diakses oleh siapa saja.

B. Fasilitas dan Peralatan Produksi

Dalam kegiatan usaha ini, kami mempergunakan uang kas untuk membeli fasilitas dan peralatan produksi. Peralatan yang saat ini kami miliki yaitu:
  • Alat pemotong singkong 3: Rp. 90.000
  • Kompor gas 1: Rp. 100.000
  • Panci 2: Rp. 40.000
  • Baskom 3: Rp. 30.000
  • Pisau 3: Rp. 0 (milik pribadi)
  • Sendok 5: Rp. 0 (milik pribadi)
  • Tabung gas 1: Rp. 18.000
  • Spatula 2: Rp. 0 (milik pribadi)
  • Kertas kemasan: Rp. 20.000
  • Lain-lain : 100.000
  • TOTAL JUMLAH: Rp. 400.000
C. Bahan Baku
  • Singkong: Rp. 15.000/kg
  • Minyak goreng: Rp. 48.000/kg
  • Kapur sirih: Rp. 10.000
  • Air mineral: Rp. 6.000/galon
  • Garam: Rp. 2.000/bungkus
  • Gula pasir: Rp. 10.000/bungkus
  • Bawang merah dan putih: Rp. 10.000
  • TOTAL JUMLAH: Rp. 101.000
D. Proses Produksi
  • Menyiapkan bahan dan peralatan
  • Memulai proses pengerjaan
  • Mensortir hasil pekerjaan untuk menjaga kualitas
  • Melakukan pengemasan
E. Proses Pengerjaan

Proses pengerjaan produk ini kami jadwalkan sebagai berikut:
Hari: Senin-Minggu
Waktu: 08.00-15.00

BAB V
ASPEK KEUANGAN

A. Rencana Produksi

Jenis produk: keripik singkong keju
Jumlah produk: 300 bungkus/hari

B. Biaya Tetap

1. Peralatan: Rp. 400.000
2. Bahan baku: Rp. 101.000
3. Jumlah: Rp. 501.000
4. Modal: Rp. 501.000
5. Keuntungan: Rp. 30% x 501.000 = Rp. 15.300
6. Modal + keuntungan = 501.000 + 15.300 = Rp. 515.300
7. Harga jual= 515.300:300
                     = 17. 176 rupiah
                     = 17,.500

BAB VI
PENUTUP

A. ANTISIPASI MASA DEPAN

Setiap wirausaha suatu saat akan bertemu dengan beberapa momen yang sebelumnya tidak bisa diprediksi, baik itu momen baik ataupun buruk. Kedua kemungkinan tersebut membutuhkan tindakan antisipasi sedini mungkin supaya tidak menyebabkan perubahan yang ekstrim pada kehidupan perusahaan.

Salah satu upaya kami untuk tetap memenangkan pasar adalah menetapkan target inovasi produk minimal satu tahun sekali. Dengan demikian, perusahaan dituntut selalu mengupgrade produknya menjadi lebih variative.

B. KESIMPULAN 

Sebuah usaha dapat berkembang ketika memiliki dedikasi dan konsistensi yang tinggi   untuk mengembangkan diri, melakukan evaluasi kinerja, dan menjadikan pelayanan     konsumen sebagai prioritas. 

Selain itu, kamu juga bisa menambah pengetahuan, tentunya dengan membaca sejumlah artikel yang berkaitan dengan proposal usaha berikut ini.

baca juga:




Itulah informasi yang bisa diberikan, tentunya perihal contoh proposal usaha keripik singkong. Semoga bermanfaat.

Penulis: Hanifah Saifuddin

Related Posts