taupasar.com

we read, we create and we share it.

18 Trik Praktis Meningkatkan Viewers dan Cara Promosi Video Youtube

18 Trik Praktis Meningkatkan Viewers dan Cara Promosi Video Youtube 


Cara promosi video Youtube  kini menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari. Kesuksesan Youtube dalam membangun platform mereka menyebabkan banyak orang berbondong-bondong berminat menjadi seorang Youtuber. Faktanya, peluang sukses secara finansial melalui Youtube terbuka sangat lebar, tentu saja jika Anda sudah mengetahui caranya.
promosi video  youtube
Untuk mendapatkan keuntungan dari Youtube. Seorang Youtuber diharuskan memenuhi target monetisasi dari pihak Youtube. Laman support.google menyatakan, untuk mengajukan monetisasi akun, channel harus memiliki minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam waktu tonton. 

Dengan demikian, Anda harus berupaya mencapai target 4.000 jam tonton. Semakin cepat tercapai, semakin cepat pula penghasilan Anda dapatkan.

Trik Praktis Meningkatkan Viewers Video Youtube Secara Organik


Alternatif dari cara promosi video Youtube gratis adalah dengan memaksimalkan tampilan video Anda sendiri. Meskipun proses ini seringkali membutuhkan waktu yang lebih lama dan konsistensi tinggi, namun hasilnya sangat memuaskan. Kualitas konten yang baik akan membuat viewers tidak mudah berpaling dari channel Anda.

Langsung saja, berikut ini beberapa tips menarik perhatian viewers untuk berkunjung ke video Anda:

1. Buat nama channel yang meyakinkan

Aspek penting yang pertama ialah nama channel yang meyakinkan. Tidak ada Batasan yang kaku mengenai bagaimana seharusnya seorang youtuber mengambil nama channel mereka. Yang terpenting nama tersebut dapat memberikan kesan yang baik dan meyakinkan para viewers. Nama channel dapat diambil dari topik utama yang akan dibahas channel Anda, nama lengkap, atau rujukan nama lainnya.

Pastikan juga menggunakan channel yang sederhana dan mudah diingat. Gunakan ejaan yang simple dan mudah ditulis. Tidak menutup kemungkinan pula, nama channel yang menarik juga membuat viewers sulit melupakan channel Anda.

2. Hindari membuat judul video yang bombastis

Meskipun sebenarnya tidak efektif, masih banyak video yang menggunakan teknik satu ini. Membuat judul video yang bombastis memang ampuh menarik viewers untuk membuka video tersebut. Namun sangat tidak efektif untuk mengundang subscriber agar berlangganan konten video Anda. Judul bombastis seringkali menyebabkan kekecewaan bagi penonton karena isinya tidak sesuai dengan judul.

Padahal, judul adalah elemen terpenting dalam video Youtube.  Sekali orang tertipu, kemungkinan mereka tidak akan mau mengeklik video channel Anda lagi. Oleh karena itu, jalan alternatif terbaik terkait judul video adalah kalimat yang sesuai dengan konten keseluruhan. Tentu saja, dengan pembahasaan yang unik dan membuat viewers penasaran.

3. Cover video yang simple dan representative

Masih berkaitan dengan pembahasan judul diatas, cover video juga sangat penting. Tampilan tumbnail ini menjadi pertimbangan viewers, apakah perlu membuka video Anda atau tidak. Usahakan menghindari tampilan cover yang terlalu penuh atau terlalu ramai dengan warna-warna kuat. Tampilan seperti ini umumnya membuat orang merasa bosan memandang dan tidak menarik minat.

4. Manfaatkan fitur-fitur promosi bawaan Youtube

Youtube mempunyai beberapa fitur promosi bawaan yang dapat Anda gunakan secara gratis. Beberapa fitur tersebut yakni Cards yang berfungsi menampilkan rekomendasi video Anda hanya dengan menekan tanda seru di pojok kanan atas video. 

Fitur watermark untuk memudahkan viewers men-subscribe channel Anda. dan terakhir yakni end screens yang berfungsi untuk menampilkan rekomendasi video Anda yang lain selama 15 detik terakhir video.

5. Sebarkan link video ke orang-orang sekitar

Sebelum mempromosikan kepada banyak orang, alangkah baiknya untuk memperkenalkannya terlebih dahulu kepada orang-orang sekitar, seperti keluarga, kerabat, teman-teman tongkrongan, teman kuliah, dan lain-lain. Ketika mereka sudah mensupport, barulah melakukan misi menyebarkan channel Youtube ke ruang lingkup yang lebih luas.

6. Sebarkan link video ke komunitas-komunitas di media sosial

Salah satu yang dimaksud dengan mempromosikan ke wilayah yang lebih besar, misalnya komunitas youtuber di Facebook, grup Whatsapp, atau telegram. Biasanya grup seperti ini berfungsi untuk saling mensupport antar youtuber. Manfaatkan peluang Forum untuk share video Youtube ini dengan sebaik mungkin.

7. Gunakan kata-kata promosi channel yang menarik

Tidak kalah penting, gunakan kata-kata untuk mempromosikan channel Youtube secara menarik. Hindari menggunakan kalimat-kalimat yang terkesan memaksa atau terlalu memohon. Kata-kata promosi yang paling efektif adalah menggunakan eksplanasi atau penjelasan manfaat, keunggulan, dan lain-lain.

8. Topik video harus up-to-date / menarik

Jika ingin video Anda menarik, maka ada dua jenis pilihan konten yang dapat Anda sajikan. Pertama, video tentang topik pemberitaan yang sedang viral dan aktual saat itu, kedua, video yang menganggat topik-topik penting meskipun tidak aktual. 

Topik kedua ini harus mengandalkan kualitas informasi yang tinggi dan informatif bagi banyak kalangan. Anda dapat menentukan sendiri, tipikal mana video Anda. keduanya tentu saja sama-sama baik, tinggal menyesuaikan minat penggunanya.  

9. Lakukan riset pada konten-konten video pesaing

Evaluasi tentu menjadi aspek pekerjaan yang sangat penting dan tidak boleh dilewatkan, meskipun hanya terkait postingan video. Salah satu cara evaluasi yang bisa memberikan dampak baik adalah komparasi antara video Anda dengan pesaing yang juga menyajikan konten sama. Hal ini nanti bisa menjadi evaluasi ataupun inspirasi untuk membangun channel menjadi lebih baik.

10. Update video secara rutin

Tadi sempat disinggung tentang alat promosi Youtube gratis, ada faktor lain yang juga tidak kalah berpengaruh. Produktifitas konten Anda harus rutin dan teratur, hal ini akan membuat video Anda bisa berada di puncak pencarian.

11. Hindari pembukaan video yang bertele-tele

Ketika membuat video untuk konten youtube, jangan sampai Anda memiliki atau juga menggunakan opening video yang terkesan bertele-tele. Buatlah opening video yang singkat, sederhana tetapi menarik. Agar penonton kamu tidak merasa jenuh pada saat video pertama kali diputar. 

12. Buat opening video yang khas

Sebelum mengetahui cara promosi video youtube, Anda juga harus perhatikan poin yang satu ini. Memiliki opening video yang khas, bisa membuat para penonton mudah mengingat channel atau juga konten yang Anda buat, cobalah. 

13. Buat keterangan video yang menarik

Dalam youtube, keterangan video yang unik dan menarik. Juga akan tetap dibutuhkan. Tentunya untuk kemudian bisa menarik banyak orang, dan juga membuat video tersebut bisa lebih dikenali orang. Keterangan atau deskripsi tersebut, bisa Anda manfaatkan untuk cantumkan akun sosial media pribadi Anda. 

14. Pancing viewers untuk berkomentar

Ketika video Anda ditayangkan. Jangan lupa kamu bisa menambah kata-kata seperti “tulis komentar kamu ya” agar banyak orang yang bisa meramaikan video yang Anda upload. Anda juga bisa mengajak penonton untuk berkomentar secara langsung ketika video tersebut dibuat. 

15. Membuat beberapa jenis segment video

Jangan lupa, Anda juga bisa membuat sejumlah jenis segmen video dalam video yang kamu buat untuk di upload di youtube. Segmen yang menarik dan unik, bisa membuat penonton tidak merasa jenuh nantinya. 

16. Mengundang bintang tamu

Gueststar atau bintang tamu, bisa menjadi salah satu pemicu banyak orang menonton video yang di upload di youtube. Terlebih jika bintang tamu tersebut memiliki fans atau penggemar dengan jumlah yang banyak. Anda bisa manfaatkan dan lakukan hal tersebut. 

17. Kolaborasi dengan youtuber lain

Tidak hanya mengundang bintang tamu, selain cara promosi video youtube yang menarik untuk disimak. Hal yang satu inipun demikian. Anda bisa melakukan kolaborasi dengan sejumlah pihak tertentu, agar bisa menarik perhatian para pentonton. 

18. Senantiasa meningkatkan kualitas video

Kualitas video yang biasa-biasa saja, bahkan cenderung buruk, sudah tentu akan membuat banyak orang merasa malas menonton video yang Anda upload. Maka dari itulah, jaga dan tingkatkanlah kualitas video yang kamu miliki. 

Cara Promosi Video Youtube


1. Memanfaatkann sosial media

Sosial media bisa selalu menjadi tempat terbaik, ketika Anda ingin lakukan cara promosi video youtube, tentunya secara gratis. Tidak perlu bantuan dari pihak lain, kamu bisa lakukannya sendiri. buatlah tumbnail atau juga cuplikan video yang menarik, dan kemudian posting ke sejumlah sosial media yang Anda miliki.

2. Share link video ke orang terdekat

Promosi bisa dilakukan dimulai dari orang terdekat. Maka jangan pernah melupakan cara yang satu ini. Anda bisa mulai menyebarkan atau juga membagikan link video Anda ke sejumlah orang terdekat. Maka dengan demikian, orang-orang tersebut bisa mengetahui jika Anda memiliki video yang di upload di Youtube.

3. Kirim pesan broadcast

Anda juga bisa manfaatkan kehadiran aplikasi perpesanan digital. Cara promosi video youtube yang satu ini juga cenderung mudah untuk dilakukan. Anda bisa langsung menyalin link video Anda, dan kemudian sebarkan melalui pengiriman pesan broadcast ke sejumlah kontak yang ada di aplikasi tersebut.

4. Minta bantuan dari youtuber besar

Cara yang satu ini bisa menjadi cukup efektif juga untuk dilakukan. Tetapi tentu saja Anda harus bisa melakukan proses kolaborasi atau juga membuat video bersama youtuber yang besar.

Anda bisa menyimak sejumlah informasi di bawah ini, untuk lebih bisa promosikan channel yang kamu punya.

Baca juga:






Demikian, 18 trik menambah viewers dan  cara promosi video Youtube  secara organik. Selain tips-tips diatas dapat menunjang pertumbuhan jumlah followers, skill serta kemampuan Anda dalam mengolah video juga akan terus meningkat. Jadi jangan pernah patah semangat dan terus belajar sampai kapanpun,

Penulis: Hanifah Saiffudin

Related Posts