taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Membuat Tagline Makanan Menarik dan Kreatif

Cara Membuat Tagline Makanan Menarik dan Kreatif

Beberapa orang masih menganggap penggunaan tagline sebagai aspek yang kurang terlalu penting dalam penjualan. Kata-kata singkat yang selalu mengiringi sebuah produk ini dianggap sebagai ucapan belaka yang tidak akan berdampak kepada konsumen. Beberapa penjual kecil bahkan menolak menggunakannya karena membuat ribet.

cara membuat tagline makanan menarik

Faktanya adalah sebaliknya. Tagline produk makanan memiliki dampak yang sangat besar. Contoh nyata besarnya pengaruh tagline terjadi pada perusahaan makanan ternama Mc.Donals. Pada tahun 2004, Mc.Donals membuktikan bahwa penggunaan tagline pada produk dapat meningkatkan penjualan mereka hingga 86 persen.

Tentu saja, perubahan besar semacam ini tidak hanya terjadi di perusahaan Mc.Donals saja.  Selain itu, masih banyak lagi perusahaan-perusahaan besar yang sangat popular dan terkemuka berkat tagline mereka, contohnya seperti Gojek, Wardah, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang berminat membuat tagline di produk makanan, artikel ini akan sangat bermanfaat bagi Anda, Kita akan membahas apa saja fungsi dari tagline makanan ini dan bagaimana cara membuatnya secara baik dan benar.

Fungsi Tagline Makanan untuk Promosi

Sebagaimana sudah disinggung seperti diatas, tagline makanan mempunyai manfaat yang beragam. Tidak hanya sekedar untuk keren-kerenan pada produk semata. Dengan mengetahui masing-masing fungsi tersebut, setidaknya Anda akan mendapatkan gambaran tagline apa yang ingin dipakai jika sudah disesuaikan dengan tujuannya.

1. Membangun brand produk

Fungsi pertama, tagline berfungsi sebagai branding produk. Semakin kreatif tagline yang digunakan, akan semakin keren dan berkelas pula produk Anda. Branding produk yang tinggi seringkali menjadi alasan bagi konsumen untuk membeli, meskipun mereka sesungguhnya tidak terlalu membutuhkannya.

Misalnya saja, brand iphone yang mengusung tagline ‘think different’. Dengan tagline ini, Iphone berusaha menunjukkan kepada dunia bahwa produk mereka istimewa, limited, dan berbeda dari produk smartphone lainnya. Tagline ini juga menyumbang peran besar membuat iphone berhasil menjadi merk yang sangat bergengsi dan eksklusif. Menarik perhatian konsumen

2. Membuat ciri khas pada produk

Selain membangun brand, tagline memiliki fungsi otomatis sebagai ciri khas yang membedakannya dengan produk lainnya. Misalkan saja Anda menjual bakso ikan, tentu ada penjual bakso ikan lain selain Anda. Namun meskipun produk dagangannya sama, Anda tetap bisa membuat produkk Anda seolah berbeda dengan membuat tagline menarik.

Dengan mempunyai ciri khas, Anda mempunyai aspek yang dapat dibanggakan dari produk karena Anda mempunyai tagline yang lebih menonjol dan menarik. Tagline umumnya berada di samping logo produk karena fungsi keduanya yang saling melengkapi dan menguatkan. 

3. Menunjukan komitmen penjual

Membuat tagline tidak boleh sembarangan. Tak boleh asal-asalan selama kalimat tersebut menarik atau nampak anti-mainstream. Penjual yang baik membuat tagline yang sesuai dengan komitmen mereka dalam memasarkan produk tersebut. Jadi, tagline merupakan sarana komunikasi antara penjual kepada pembeli untuk menunjukkan komitmen mereka sebagai penyedia produk atau jasa.

Kita bisa mengambil salah satu produk ternama yang menjadikan tagline sebagai komitmen mereka, yakni Wardah dengan tagline ‘ feel the beauty’. Tagline ini menunjukkan komitmen wardah untuk membuat setiap perempuan merasa cantik tanpa mereka harus tampil menjadi orang lain, berkulit putih, hidung mancung, dan lain sebagainya. 

4. Membuat konsumen tidak mudah lupa

Tagline juga bisa menjadi alat untuk membuat pembeli tidak mudah lupa dengan produk Anda. Kita tentu mengenal atau pernah mendengar tagline perusahaan otomotif Yamaha dengan tagline ‘semakin di depan’. 

Beberapa kalangan mungkin tidak akrab dengan nama perusahaan Yamaha, namun hampir semua orang tidak asing dengan tagline tersebut, bahkan orang-orang yang tidak pernah memiliki motor / mobil produksi Yamaha.

Sampai disini, semakin teranglah betapa pentingnya menyusun tagline yang menarik dan unik. Dibantu dengan strategi promosi yang massif dan efektif, dijamin usaha Anda akan berubah menjadi lebih besar secara drastis. Jadi sudah siapkah Anda untuk mulai menyusun kalimat tagline makanan yang sempurna?

Tutorial Membuat Tagline Makanan Kreatif

Fungsi-fungsi diatas baru bisa berdampak baik jika Anda membuat tagline dengan benar dan kreatif. Jika tagline produk Anda terasa datar atau tidak memiliki unsur yang menarik, maka fungsi tagline tersebut akan kurang dan perkembangan bisnis menjadi terhambat.

Berikut tutorial membuat tagline makanan untuk menghasilkan tagline yang berfungsi maksimal:

1. Tuliskan komitmen Anda

Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat kalimat tagline, coba untuk menanyakan kepada diri sendiri apa sesungguhnya keinginan yang ingin Anda capai ketika menjalani bisnis tersebut. Komitmen Anda itulah yang nantinya akan menjadi tagline bisnis Anda.

Ada banyak kelebihan dari metode membuat tagline seperti ini. Salah satunya adalah pesan mendalam yang nantinya akan sampai kepada pembeli atau pelanggan. Tidak ada yang lebih baik dari sebuah tagline selain curahan ketulusan yang murni dari diri Anda sendiri sebagai penjual. Selanjutnya, tinggal rangkai komitmen tersebut menjadi kalimat yang menarik dan kreatif.

Salah satu cara menyulap kalimat biasa menjadi kalimat menarik adalah dengan pemakaian diksi yang tidak terlalu umum. Contohnya seperti ini:

Menu ayam geprek ‘ayam terbaik untuk pembeli terberkati’

2. Menggunakan kata-kata yang mudah dipahami

Poin terpenting dari sebuah tagline adalah mudah untuk diterima dan dipahami oleh pembaca. Untuk itu, tagline harus menggunakan kalimat yang sederhana, ringan namun unik. Jangan lupa, tagline juga harus memiliki makna tunggal atau makna jamak namun yang tidak memungkinkan pembaca memberikan tafsir yang negatif.

Jika Anda menggunakan kalimat yang agak rumit untuk dipahami, sama saja Anda meminta pembaca untuk memikirkan makna dari kalimat tersebut. Sedangkan, pembaca sesungguhnya tidak membutuhkan pemahaman atas kalimat tersebut. Mereka tidak akan rugi ketika tidak memahaminya, tapi Anda-lah yang merugi karena pesan baik yang ingin disampaikan tidak tercapai. 

3. Sesuaikan dengan jenis makanan

Sesuaikan tagline dengan makanan yang dijual. Jangan sampai Anda menggunakan kalimat ‘jagonya membuat lidah bergetar’ padahal produk makanan Anda bukanlah makanan dengan sifat rasa yang ekstrim, seperti tingkat kepedasan yang tinggi.

aspek ini sangat penting diperhatikan karena akan menentukan bagaimana kekuatan relasi antara produk dengan tagline. Kalau tagline kurang sesuai atau berpotensi dianggap pembaca kurang sesuai, maka kalimat tersebut tidak akan bisa menyokong eksistensi produk.

4. Jangan terlalu Panjang

Batasi seminimal mungkin jumlah kata pada tagline. Misalnya maksimal 5 kata saja. Jumlah ini termasuk ideal untuk diingat oleh banyak orang dari kalangan usia. Mudah juga untuk diingat oleh siapapun yang bahkan hanya membacanya secara sekilas.

Berikut contoh kalimat tagline dengan jumlah kata seminimal mungkin:

‘love your taste’

‘kebahagiaan dalam semangkuk soto’

5. Merangkum keunggulan produk

Tips terakhir, tagline sebagai cerminan keunggulan produk makanan. Jadi jika keunggulan makanan Anda adalah porsinya yang besar, maka kelebihan inilah yang bisa Anda jadikan sebagai tagline. Misalnya “puaskan hasrat perutmu’.

Jika keunggulan produk Anda terdapat pada harganya yang murah, maka Anda bisa menggunakan tagline yang mencakup aspek tersebut, seperti ‘kunci Bahagia dimulai dari 20.000 saja’.

kamu juga bisa mengetahui sejumlah informasi terkait bisnis makanan dengan menyimak informasi di bawah ini.

baca juga:

1. ide jualan makanan

2. kata kata promosi makanan di sosmed

Demikian, ulasan mendalam terkait cara membuat tagline makanan menarik dan kreatif. Semoga bermanfaat dan bisa dipraktekkan segera. Selamat mencoba.

Penulis: Hanifah saifuddin


Related Posts