taupasar.com

we read, we create and we share it.

10 Brand Indonesia yang Mendunia Ini Dikira Dari Luar Negeri

10 Brand Indonesia yang Mendunia Dikira dari Luar Negeri


Hingga detik ini, tidak jarang dari Kita masih menganggap bahwa brand buatan luar negeri itu lebih keren daripada brand lokal. Hal ini nampak dari rasa kepercayaan diri dan kekaguman kepada mereka yang hobi memakai baju-baju ‘branded’ yang menjurus kepada brand impor.

brand indonesia mendunia

Padahal kita sendiri juga punya Produk unggulan Indonesia yang mendunia. Selain sangat terkenal dan mempunyai kualitas yang terbukti bagus, nyatanya Indonesia dapat bersaing dalam pasar dunia. Sebagai warga Indonesia, sudah sepatutnya kita ikut membanggakan produk tersebut dan tidak lagi memandang produk lokal sebelah mata.

Untuk menghindari kesalahpahaman, karena brand luar negeri yang dikagumi kualitasnya ternyata adalah milik Indonesia sendiri, kali ini kita akan membahas 10 brand Indonesia yang mendunia dan banyak dikira dari luar negeri oleh anak bangsanya sendiri. Langsung saja, berikut daftarnya:

Jajaran Brand Indonesia yang Mendunia


1. Polygon

Tentu Anda sudah tidak asing dengan brand sepeda yang satu ini , bukan? Minimal Anda pasti pernah melihatnya ketika masa sekolah dulu ketika teman-teman memilikinya, atau Anda sendiri pernah mempunyai sepeda milik Polygon. Siapa sangka produk tersebut berasal dari Sidoarjo Jawa Timur.

Di Indonesia sendiri, Polygon dikenal sebagai brand sepeda yang mentereng. Polygon memproduksi berbagai macam jenis sepeda, diantaranya sepeda lipat, sepeda mini untuk anak-anak, dan sepeda gunung. Tak mengherankan jika sasaran pasar Polygon mulai dari orang dewasa hingga anak-anak.

Polygon sudah terkenal hingga ke tataran dunia. Pencapaian terbaik Polygon adalah terpilih menjadi peserta dalam UCI DH Wordl Cup tahun 2013. Saat itu, sepeda Polygon dipakai oleh tim Downhill UR team. Sangat membanggakan, bukan?

2. Essenza

Selain sepeda, Indonesia juga sepatutnya membanggakan Esenza, brand keramik yang sudah berhasil menembus pasaran Asia, Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Serikat. Essenza merupakan brand keramik produksi PT. Intikramik Alamsari Industri Tbk dari Tangerang. Berdiri sejak tahun 1993.

Essenza sangat popular dalam dunia periklanan relevisi era -90an hingga 2000-an awal. Salah satu jargon andalan dari produk ini adalah ‘Essenza No Tile Like It’. Essenza masih tetap popular dan mengembangkan pasar mereka lebih jauh untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

3. Lea Jeans

Dari namanya saja, mungkin banyak orang Indonesia tidak akan menyangka bahwa produk tersebut merupakan brand fashion Indonesia yang mendunia. Brand satu ini agaknya memang didesain untuk pasar mancanegara, mempertimbangkan nama serta logo produk ini agak mirip dengan warna bendera Amerika Serikat.

Lea jeans adalah produk PT. Lea Sanet yang terletak di kota Tangerang. Perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1976 dengan memproduksi berbagai produk mulai dari celana jeans, pakaian casual, dan berbagai macam-macam aksesoris. Salah satu ciri produk Lea adalah genre fashion yang berbau Amerika.

4. J.CO Donuts and Coffe

Makan donat dan minum kopi memang serasa menatap dua sejoli yang sangat serasi dan padu. Tapi tahukah Anda bahwa produk J.CO Donuts and Coffe adalah milik Johny Andrean Grup yang sudah membuka cabang di berbagai negara seperti Tiongkok, Filipina, Singapura, dan negara-negara lainnya.

Gerai J.CO hampir dapat ditemukan di seluruh bandara di Indonesia. Dari segi kelezatan, brand ini tak perlu diragukan lagi. Bahan-bahan yang digunakan berasal dari berbagai negara yang terpadu dalam dengan olahan tepung nan lembut. Sebut saja donat Al-Capone yang dilengkapi dengan badam California dan toping coklat putih Belgia.

5. Edward Forrer

Masih seputar brand fashion, mungkin kita juga pernah mendengar brand sepatu, dan sendarl Edward Forrer. Brand yang seringkali menggunakan model bule sebagai iklan ini berasal dari kota Bandung. Nama pembuatnya adalah Edward Forrer sejak tahun 1989.

Brand satu ini sudah melebarkan pasarnya hingga ke berbagai negara seperti Malaysia, Hawai, dan Australia. Di Indonesia sendiri, brand ini juga sudah tersebar luas, terhitung ada 50 gerai Edward Forrer di seluruh wilayah Indonesia.

6. GT Radikal

Bagi yang sudah cukup akrab dengan dunia otomotif, pasti taka sing dengan  ban buatan Indonesia yang mendunia, yakni GT Radikal. GT sendiri adalah singkatan dari Gajah Tunggal, yang merupakan nama perusahaan yang memproduksi ban ini. 

Saat ini, GT Radikal sudah mempromosikan produknya sampai ke 80 negara di dunia. Mulai dari daratan Amerika Serikat, Timur Tengah. Asia (Kecuali Cina), Australia, Eropa, hingga Selandia Baru. Di Indonesia sendiri, jangan ditanya. GT Radikal hampir selalu menjadi primadona kendaraan bermotor.

7. Bagteria

Banyak orang menyangka Bagteria adalah produk luar negeri. Salah satu brand tas unik dan terkesan glamour ini adalah brand tas favorit para artis papan dunia seperti Paris Hilton, Blake Lively, Emma Thompson, dan Zara Philips. Bagteria adalah brand tas Indonesia yang mengangkat konsep craftmaship.

Bagteria merupakan produk craftmaship yang sangat terkenal dan dibuat oleh tangan-tangan pengrajin Indonesia. Sempat mendapatkan tawaran menjadi brand Italia, sang pemilik menolak dan tetap mempertahankan Bagteria sebagai produk Indonesia. Kini, Bagteria sudah menjelma menjadi produk eksklusif dan dipasarkan di berbagai negara.

8. The Executive

Brand fashion yang sangat popular di asia tenggara ini berasal dari Bandung, tepatnya diproduksi oleh PT Delami Garment Indonesia yang didirikan oleh Johanes Farial. Banyak orang menganggap brand satu ini bukanlah produk Indonesia karena namanya yang nampak tidak keindonesiaan.

Padahal, sangat mungkin sejak awal produk The Executive memang didesain menjadi produk internasional dan nantinya akan di pasarkan ke beberapa negara di dunia. Produk-produk The Executive banyak macamnya seperti baju, tas, dan beberapa aksesoris.

Jangan lupa tambah pengetahuan kamu tentang Indonesia, melalui sejumlah artikel di bawah ini.

baca juga:



9. Bucceri

Bucceri merupakan salah satu brand sepatu Indonesia yang sangat tenar di dunia. Produk Bucceri terbuat dari kulit berkualitas tinggi dengan model yang sangat elegant dan nampak berkelas. Bucceri sering kali menggunakan model orang asing untuk memasarkan produk mereka ke berbagai negara.

Bucceri sendiri adalah brand asli Pasar Baru, Jakarta Pusat. Pada tahun 1980, PT Vigano Cipta Perdana mulai membuka sebuah toko kecil di wilayah pasar baru Jakarta pusat dan menciptakan produk sepatu bernama Bucceri. Kini, brand tersebut sudah mendunia dan memiliki puluhan cabang di Indonesia.

10. Hoka-Hoka Bento

Kini, kita berbicara tentang salah satu  bisnis makanan Indonesia yang sangat terkenal yakni Hoka-Hoka Bento atau biasa disebut Hokben. Meskipun restoran ini banyak menyajikan jenis makanan Jepang namun pemiliknya adalah orang Indonesia bernama Hendra Arifin.

Perusahaan yang menaungi Hoka-Hoka Bento adalah PT. Eka Bogainti sejak tanggal 18 April 1985. Di Indonesia, perusahaan ini sudah sangat popular dan tidak asing di telinga setiap orang. Begitu pula di beberapa negara lain di Asia.

Demikian, 10 brand Indonesia yang mendunia, bahkan tak jarang dianggap sebagai brand luar negeri. Jangan sampai salah lagi perkara brand mana lokal mana saja yang sudah mencapai taraf internasional. Dengan ulasan ini, diharapkan kita bisa lebih bangga dengan produk negara sendiri.   

Penulis: Leli Ferlina

Editor: Tia
Related Posts