taupasar.com

we read, we create and we share it.

5+ Tugas dan Tanggung Jawab Admin Marketing

Sebuah kegiatan pemasaran di dalam suatu perusahaan merupakan hal yang paling utama. Hal ini juga bertujuan untuk menjangkau konsumen yang sudah menjadi target sasarannya. Kegiatan pemasaran inilah yang biasanya ditangani oleh bagian pemasaran atau yang bisa disebut dengan marketing

tugas dan kewajiban admin marketing

Banyak orang yang menginginkan berkarier di bidang yang satu ini. Banyak sekali alasan yang melatarbelakangi keinginan tersebut. Namun, sebelum itu penting sekali untuk menegtahui deskripsi admin marketing tersebut.

Admin marketing merupakan orang-orang yang terlibat dalam persiapan dan juga melakukan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan. Keterlibatan admin masketing tersebut diharapkan mampu melakukan pemasaran secara tepat sasaran sehingga tujuan perusahaan bisa dicapai. 

Tugas marketing yang lebih spesifiknya lagi adalah erat kaitannya dengan pencatatan penjualan, perekapan pesanan, pengunggahan produk, dan juga melayani konsumen yang akan memesan suatu produk.

5+ Tanggung Jawab dan Tugas Admin Marketing

Di bawah ini merupakan tugas admin marketing yang wajib Anda ketahui. 

1. Mengelola Data Penjualan

Tugas admin marketing yang pertama adalah mengelola data penjualan. Segala hal yang ada kaitannya dengan penjualan akan ditangani langsung oleh admin marketing melalu beberapa tahapan. Di antara tahap tersebut adalah:

- Pemeriksaan ulang status data penjualan secara teliti

- Melakukan tagihan dan tindak lanjut terhadap penjualan yang belum terinput di sistem

- Melakukan laporan kepada supervisor mengenai masalah teknis yang ditemukan

2. Melakukan Pengecekan Ulang pada Input Data

Data yang sudah diinput sebelumnya wajib untuk diperiksa ulang. Sebab, jika ada kesalahan, meskipun terbilang keci, hal tersebut akan memberikan dampak terhadap perhitungan layanan penjualan. Salah satu caranya adalah melakukan cross check dengan pelanggan apabila terjadi perbedaan antara invoice perusahaan dengan data yang sebenarnya.

3. Membuat Laporan

Dalam hal ini, admin marketing akan melakukan laporan tentang:

- Merekap transaksi pada periode tertentu

- Melakukan distribusi salinan invoice

- Bekerjasama dengan supervisor admin dalam mengelola semua laporan penjualan

4. Melakukan Kegiatan Administrasi dan Pengarsipan

Tugas admin marketing selanjutnya adalah mengelola arsip dan kegiatan yang berhubungan dengan administrasi. Jika data-data telah dipastikan lengkap dan juga terorganisir, maka hal selanjutnya dilakukan adalah menyimpannya ke dalam arsip degan sesuai. Kegiatan merekap tersebut harus dilakukan secara sistematis dan urut sehingga memudahkan untuk mencari di kemudian hari.

Admin marketing juga merekap kebutuhan alat tulis kantor. Dalam hal ini, admin marketing akan merekap dan juga mengajukan persediaan alat tulis kantor kepada supervisor admin untuk mendapatkan persetujuan.

5. Melakukan Pengelolaan pada Database Konsumen

Database konsumen atau pelanggan adalah suatu kebutuhan yang utama bagi sebuah perusahaan. Hal ini dilakukan dengan tujuan menjangkau konsumen agar tetap menjadi pelanggan tetap. Tidak hanya itu, adanya database ini juga untuk mengakrabkan pelayanan yang diinginkan oleh pelanggan.

Tugas admin marketing-lah yang wajib mengelolanya. Admin marketing jugalah yang akan memberikan informasi sesuai data yang diberikan oleh pelangan.

6. Melakukan Promosi Menggunakan Direct Mail Pelanggan

Direct mail pelanggan merupakan hal yang umum dalam suatu bisnis. Dalam hal ini, seorang admin marketing dapat memanfaatkan secara maksimal berbagai platform media sosial untuk melakukan promosi. Kegiata ni dilakukan untuk menawarkan beragam produk terbaru dari suatu perusahaan.

7. Melakukan Prosesn Penjualan

Tidak hanya melakukan persiapan, admin marketing juga bertugas untuk melakukan proses penjualan. Proses penjualan tesebut berupa:

- Penerimaan pesanan dari konsumen kemudian melakukan pencatatan

- Mengecek stok

- Mencetak surat pesanan dan menyampaikannya pada bagian produksi dan gudang

- Melakukan koordinasi dengan ekspedisi pengiriman

8. Melayani Konsumen

Seorang admin marketing juga bertugas untuk melayani konsumen dengan membalas pertanyaan maupun keluhan yang disampaikan oleh konsumen. Admin marketing juga dapat melakukan pomosi mengenai produk terbaru atau yang paling sesuai dengan kebutuhan konsumen. 

Pemaparan yang akan disampaikan oleh admin marketing tersebut diharapkan mampu menjawab pertanyaan konsumen dan juga memberikan informasi yang lengkap sehingga membuat konsumen tertarik untuk membeli.

Setelah mengetahui tugas admin marketing, apakah ada minat untuk menjalani profesi tersebut? Jika disimpulkan, untuk menjadi admin marketing, dibutuhkan beberapa keterampilan.   Salah satunya adalah sifat teliti sehingga dapat meminimalisir adanya kesalahan terhadap data. 

Related Posts