taupasar.com

we read, we create and we share it.

Kenapa Asuransi Kesehatan Penting Dimiliki Sejak Dini?

Hidup tidak bebas dari risiko, termasuk risiko sakit dan risiko menderita kerugian finansial akibat sakit. Faktanya, tidak ada orang yang bisa mengetahui kapan dirinya bisa sakit. Di sinilah pentingnya asuransi kesehatan guna melindungi dari risiko kerugian finansial akibat sakit. Untuk itu, Anda dapat memilih macam-macam produk asuransi PFI Mega Life untuk melindungi diri dari berbagai risiko.

pentingnya asuransi kesehatan
sumber : pixel

Jaminan pelayanan kesehatan yang diberikan asuransi kesehatan biasanya meliputi rawat inap di rumah sakit mitra perusahaan asuransi, rawat jalan, konsultasi dokter umum, konsultasi dokter spesialis, pemeriksaan laboratorium, dan berbagai jenis terapi spesifik.

Produk asuransi juga dapat dimanfaatkan untuk tindak perawatan pencegahan seperti imunisasi dan skrining kanker. Namun, banyak orang yang masih merasa asuransi kesehatan bukan suatu kebutuhan yang penting. Akibatnya, mereka menunda-nunda membeli asuransi kesehatan karena tidak dianggap sebagai prioritas dalam hidup.

Padahal, semakin cepat Anda memiliki asuransi kesehatan, manfaat yang akan Anda rasakan pun semakin besar. Bila Anda baru membeli asuransi kesehatan saat sudah sakit, manfaat yang akan Anda terima malah justru tidak maksimal.

Berikut berbagai keuntungan yang akan Anda dapatkan bila memiliki asuransi kesehatan sejak dini.

1. Lebih Ringan

Kebutuhan asuransi kesehatan perlu dimiliki oleh setiap orang, termasuk oleh mereka yang masih berusia muda, lajang, dan belum memiliki banyak tanggungan. Membeli asuransi kesehatan semestinya tidak menjadi beban yang berat.

Seiring perjalanan karier, biasanya pendapatan seseorang akan meningkat. Hal ini berbeda dengan yang sudah berkeluarga, yang terkadang menganggap ada berbagai kebutuhan lain yang lebih perlu diutamakan ketimbang membeli asuransi kesehatan.

Selain itu, saat dalam usia produktif, kemungkinan Anda masih sangat aktif bekerja sehingga memiliki risiko jatuh sakit lebih besar. Selain menjaga kesehatan, Anda juga perlu melindungi diri dari risiko kerugian finansial akibat sakit dengan memiliki asuransi kesehatan.

2. Terhindar dari Jebakan Utang

Sakit bisa terjadi kapan saja, saat Anda masih muda ataupun saat sudah tidak usia produktif lagi. Bayangkan bila saat baru mulai merintis karier, tiba-tiba Anda sakit sehingga harus menjalani pengobatan yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Tanpa memiliki perlindungan, Anda bisa-bisa harus menguras tabungan atau bahkan mengajukan pinjaman untuk membayar biaya pengobatan.

Kejadian seperti itu bisa dihindari bila Anda sudah memiliki asuransi kesehatan sejak memasuki dunia kerja. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda dapat tenang dan fokus bekerja dan meniti karier. Bila Anda jatuh sakit, kondisi keuangan tidak akan terganggu. Ini karena ada asuransi kesehatan yang akan membayar biaya pengobatan sesuai tercantum di polis.

3. Belajar Berinvestasi
 
Sebagian orang menganggap membeli asuransi kesehatan termasuk pengeluaran cukup besar. Hal ini yang kemudian membuat banyak orang menunda memiliki asuransi kesehatan.

Padahal, premi asuransi kesehatan bermacam-macam dan Anda bisa memilih paket sesuai kebutuhan maupun kemampuan Anda. Dengan kata lain, tidak ada alasan untuk tidak dapat memiliki perlindungan dari risiko kerugian finansial akibat sakit.

Selain itu, dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk memiliki perlindungan, Anda sama saja belajar berinvestasi. Anda memang tidak akan merasakan keuntungannya seketika, namun saat Anda sakit, barulah akan merasakan manfaatnya. Kondisi keuangan Anda tidak terganggu dan Anda dapat menjalani pemulihan dengan tenang.

Langkah tersebut mirip prinsip berinvestasi, yaitu memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi memperoleh keuntungan atau manfaat di masa depan. Bila Anda sudah berhasil memiliki perlindungan asuransi, berarti Anda sudah siap untuk mulai berinvestasi.

4. Membantu Mengatur Pengeluaran

Setelah membeli asuransi kesehatan, Anda akan membayar premi setiap bulan. Adanya pengeluaran rutin ini akan memaksa Anda untuk mengatur keuangan secara saksama. Anda harus cermat mengalokasikan anggaran untuk pengeluaran. 

Ini termasuk dalam membayar premi asuransi, sehingga arus kas Anda lancar dan pos keuangan yang lain tidak terganggu. Memiliki kehidupan finansial yang sehat tak kalah pentingnya dengan memiliki tubuh yang sehat.

5. Menghindari Risiko Bangkrut


Ada yang bilang, membeli asuransi kesehatan adalah bentuk pengeluaran yang mahal. Apalagi, pemiliknya harus membayar premi setiap bulan selama bertahun-tahun.

Sekilas, membayar premi selama puluhan bulan memang seperti pengeluaran yang besar. Namun, pembayaran premi itu lebih ringan ketimbang risiko yang harus dihadapi bila jatuh sakit dan harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk biaya pengobatan.

Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda dapat terhindar dari risiko kebangkrutan akibat sakit. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya pengobatan dan rawat inap Anda, sebagaimana tercantum di polis asuransi Anda.

Faktanya, banyak orang yang harus menguras tabungan hingga menjual asetnya demi menutupi biaya kesehatan yang membengkak. Pentingnya asuransi kesehatan adalah melindungi Anda dari kerugian finansial yang bisa sampai membuat Anda bangkrut.

Pastinya, pentingnya asuransi kesehatan tidak hanya melindungi Anda dari risiko kerugian finansial akibat sakit. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda juga akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak, sesuai jumlah premi yang sudah Anda bayarkan.

Saat ini ada banyak penyedia produk asuransi kesehatan. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat hendak membeli asuransi kesehatan. Beberapa di antaranya adalah manfaat asuransi, paket sesuai kebutuhan/kemampuan, serta reputasi perusahaan penyedia asuransi.

Asuransi kesehatan Mega Hospital Investa dari PFI Mega Life memberikan perlindungan maksimal bagi Anda berupa manfaat santunan harian rawat inap, pengembalian premi (no-claim bonus), dan santunan meninggal dunia. Manfaat santunan rawat inap diberikan karena sakit atau kecelakaan, beserta santunan rawat inap ICU/ICCU. Santunan meninggal dunia diberikan karena sakit dan kecelakaan.

Solusi perlindungan dari PFI Mega Life dapat disesuaikan untuk kebutuhan spesifik Anda, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk melindungi diri dari risiko kerugian finansial akibat penyakit kritis, Anda dapat memilih Mega Comforta. Produk asuransi jiwa ini memberikan manfaat asuransi berupa perlindungan dari meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan, saat mendapat diagnosis satu dari 10 penyakit kritis berikut untuk pertama kali:

  1. Infarks miokard
  2. Penyakit pembuluh darah arteri koroner yang membutuhkan operasi bypass
  3. Operasi penggantian katup jantung
  4. Stroke
  5. Kanker
  6. Gagal ginjal
  7. Gagal hati
  8. Koma
  9. Transplantasi organ tubuh utama
  10. Luka bakar hebat 20% dari luas permukaan tubuh

Asuransi penyakit kritis dari PFI Mega Life akan memberikan uang pertanggungan kepada pemegang polis, jika tertanggung pertama kali mendapat diagnosis dari salah satu dari 10 penyakit kritis di atas.

Manfaat perlindungan dari asuransi kesehatan maupun asuransi penyakit kritis membuat Anda dapat lebih tenang menjalani hidup dan mewujudkan mimpi di masa depan. Bila suatu saat Anda terkena musibah sakit, kedua asuransi tersebut akan meringankan beban Anda, dan melindungi Anda dari risiko finansial akibat harus membayar berbagai biaya pengobatan.

Sumber:

  1. finansial.bisnis.com/read/20201111/215/1316332/pentingnya-miliki-asuransi-kesehatan-sejak-dini
  2. pfimegalife.co.id/literasi-keuangan/proteksi/read/manfaat-asuransi-kesehatan-yang-membantu-hidup-kalian
  3. biz.kompas.com/read/2018/08/07/190506228/masih-muda-cek-dulu-pentingnya-asuransi-kesehatan-sejak-dini
  4. femina.co.id/money/pentingnya-asuransi-untuk-kesehatan-finansial
  5. pfimegalife.co.id/produk/proteksi/mega-hospital-investa
  6. pfimegalife.co.id/produk/proteksi/mega-comforta


Related Posts