taupasar.com

we read, we create and we share it.

Prinsip 1I+ 6M Dalam Wirausaha Disertai Penjelasan Lengkapnya

Prinsip 1I+ 6M Dalam Wirausaha yang Sangat Penting

Memiliki usaha sendiri membuat semuanya harus dikendalikan sendiri, namun dalam mengendalikan usaha tidak boleh sembarangan, banyak sekali haal penting yang harus kamu perhatikan.

Dalam berwirausaha kamu harus memperhatikan beberapa unsur, unsur-unsur tersebut disebut juga dengan 1I+6M.

prinsip 6 M wirausaha


Apa aja sih unsur 1I+6M dalam wirausaha?


Dalam berwirausaha kamu harus memperhatikan unsur 1I+6M dibawah ini.

1. Information

1I dalam unsur 1I+6M yang harus diperhatikan yakni Informasi, informasi merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam kegiatan usaha kamu.

Sebelum memulai usaha sebaiknya kamu mencari informasi mengenai produk dan target pasar dari produk kamu. Tapi setelah usaha kamu berjalan pun kamu harus bisa menerima dan menyaring segala bentuk informasi seperti masukan, saran dari pelanggan kamu, agar usaha kamu terus berkembang.

Contoh informasi dalam usaha rumah makan misalnya seperti mencari informasi lahan yang strategis, dekorasi restauran dan lainnya.

2. Modal/ Money

Modal adalah unsur yang sangat penting dalam wirausaha, setiap kegiatan usaha membutuhkan modal awal, banyak sekali orang yang memiliki segudang ide usaha namun tidak memiliki modal, sehingga usaha pun tidak terlaksanakan, karena terkendala dengan modal atau uang/money.

Perputaran uang perusahaan akan menentukan hasil usaha, semakin mengurangnya jumlah uang yang dimiliki oleh perusahaan akan mempengaruhi pada kegiatan usaha. Dengan jumlah anggaran yang minim, kegiatan usaha akan tersendat bahkan menimbulkan masalah ditengah jalan.

Contoh usaha dengan 6M adalah rumah makan atau restauran, dalam membuka usaha rumah makan maka diperlukan peralatan makan dan peralatan dapur seperti piring, sendok, kompor, bahan makanan dan lainnya, itu semua membutuhkan uang atau modal untuk memilikinya.

3. Man / Manusia


Man disini maksudnya adalah sumber daya manusia, dalam mencapai tujuan perusahaan, manusia adalah unsur manajemen hal yang sangat penting.

Untuk mengisi posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan, kemampuan atau kompetensi yang dimiliki oleh sumber daya manusia, merupakan hal yang harus diperhatikan dalam memilih sumber daya manusia.

Jumlah sumber daya manusia yang direkrut harus sesuai dengan kebutuhan dalam kegiatan usaha. Jumlah yang direkrut jangan sampai lebih atau bahkan kurang dari kebutuhan yang dicari oleh perusahaan.

Contoh 6M+1I dalam kewirausahaan dibidang rumah makan adalah mencari tenaga kerja yang memiliki kompetensi dalam memasak, melayani pelanggan, dan kasir atau adminstrasi.

4. Material

Material maksudnya adalah bahan produksi, dalam kegiatan usaha atau membuka usaha pasti membutuhkan bahan baku untuk diproduksi, yang selanjutnya menghasilkan produk yang dapat dijual.

Untuk mendapatkan produk yang berkualitas tentunya dibutuhkan bahan yang juga berkualitas, bahan baku yang buruk akan berdampak pada daya jual yang kurang bagus, hal ini akan menimbulkan kerugian pada perusahaan.

Contohnya dalam usaha restauran makan membutuhkan bahan makanan seperti sayuran yang masih segar dan berkualitas.

Baca Juga : Contoh Proposal Usaha Makanan Ringan Mudah dan Sederhana

5. Machine/ Mesin/ peralatan


Unsur 6M dalam wirausaha yang harus diperhatikan selanjutnya adalah mesin, mesin disini maksudnya adalah peralatan yang digunakan dalam kegiatan usaha. Penggunaan mesin akan menentukan efektiitas dan maksimalitas suatu usaha dalam kegiatan produksi.

Perkembangan teknologi yang begitu cepat membuat banyaknya mesin-mesin baru yang dapat digunakan dalam segala kegiatan usaha kamu.

Contohnya mesin cuci piring dalam usaha restauran, ini akan mempermudah kamu dalam mencuci piring. Jika usaha restauran kamu menyediakan menu crepes, mesin crepes baker akan menjadikan kegiatan usaha restauran kamu lebih efektif.

6. Method/ Metode/ Cara

Maksud dari metode ini merupakan cara atau sistem dalam kegiatan usaha, atau disebut juga dengan standar prosedur dalam kegiatan usaha.

Dalam merancang standar operasional kamu harus memperhatikan biaya atau anggaran, waktu produksi dan sumber daya manusia, agar kegiatan usaha lebih efektif dan efisien maka dibutuhkan metode kerja yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kegiatan usaha kamu.

Metode atau cara yang harus diperhatikan diantaranya cara produksi, cara pengorganisasian, cara pemasaran, dan lainnya.

Contohnya mengenai cara produksi usaha restauran, adanya resep dan cara yang tepat dalam memasak, tingkat kematangan, besar kecilnya api ketika memasak, dan lainnya.

7. Market

6M selanjutnya adalah market, maksudnya adalah pemasaran. Agar usaha kamu terus berkembang, maka kamu harus memperhatikan kualitas dan pengemasan produk kamu agar mampu bersaing dipasaran.

Pemasaran yang tepat akan membuat produk tersebar dan penjualan meningkat, hal ini mempengaruhi perkembangan usaha kamu kedepannya.

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam pemasaran adalah target pasar, yang selanjutnya adalah mempertahankan target pasar agar dapat menguasai pasar.

Agar dapat bertahan dalam menguasai pasar, maka kualitas dan harga produk harus sesuai dengan target pasar produk yang kamu jual.

Memiliki usaha makanan khas daerah pun harus menerapkan 1I+6M ini, contoh penerapan 6M pada pengolahan makanan khas daerah dari unsur pemasaran yakni dengan diadakan bonus, diskon dan lainnya.

Melakukan analisis 6M dalam menjalankan usaha adalah hal yang paling penting dalam memulai dan mengembangkannya.

Itu tadi 1I+6M dalam wirausaha yang harus kamu perhatikan dalam kegiatan usaha, sebelum atau yang sedang dijalankan.

Penulis : Leli Ferlina

Editor : Sigit Utomo

Related Posts