taupasar.com

we read, we create and we share it.

Apa Manfaat Beli Rumah Secara KPR Untuk Milenial?

Apa Manfaat Beli Rumah Secara KPR Untuk Milenial?

Tidak bisa dipungkiri lagi, minat masyarakat untuk membeli rumah semakin meningkat. Harga rumah yang sekarang naik gila-gilaan tidak membendung keinginan masyarakat untuk mendapatkan rumah sendiri.

rumah KPR Milenial

Bagi Anda yang sedang berencana untuk membeli rumah, salah satu cara yang bisa Anda gunakan unutk menyiasati harga rumah yang semakin mahal adalah dengan menggunakan cara bayar Kredit Pemilikan Rumah atau yang biasa disingkat menjadi KPR.

KPR akan sangat bermanfaat sekali untuk Anda yang baru pertama kali membeli rumah. Untuk Anda yang sekarang masih belum berpikir apa keuntungan dari membeli rumah dengan menggunakan KPR, di dalam artikel kali ini akan dibahas dengan detail bagaimana keuntungannya.

Apa saja manfaat beli rumah dengan cara bayar KPR? Simak di bawah ini!


1. Dana Persiapan Relatif Lebih Mudah Dialokasi

Anda tidak perlu menyiapkan dana yang sangat besar. Dengan menggunakan KPR Anda tidak perlu menyiapkan dana yang sangat besar untuk melunasi rumah. KPR akan membagi harga rumah dengan cicilan per bulannya setelah dikurangi dengan uang muka.

Tentunya hal ini akan berbeda jika Anda membeli rumah dengan cara bayar tunai keras, dimana Anda harus menyediakan uang dalam jumlah besar guna membeli rumah impian Anda.

Dengan menggunakan KPR Anda hanya cukup membayar uang muka, yang besarannya kini semakin terjangkau, dan sisanya bisa Anda bayarkan dengan cara mengangsur setiap bulannya.

2. Bisa Segera Dihuni

Anda bisa langsung menempati rumah walaupun cicilan belum lunas. Keuntungan kedua adalah Anda bisa langsung menempati rumah walaupun cicilan KPR Anda sedang berjalan atau belum lunas. Bahkan ketika Anda sudah membayar sejumlah uang muka, kemudian aplikasi KPR Anda sudah disetujui oleh bank, Anda bisa langsung menempati rumah tersebut pada cicilan bulan pertama.

Ini adalah keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan KPR, khususnya untuk Anda yang baru saja menikah, sedang merantau dalam jangka waktu yang cukup lama, atau bahkan permanen.

3. Menekan Nilai Inflasi Harga Rumah

Beli Rumah dengan KPR akan menyelamatkan Anda dari kenaikan harga properti. Sebagai informasi, ketika Anda mengajukan KPR, beberapa bank akan menggunakan dua jenis bunga KPR. Pertama adan bunga fixed atau tetap, misalnya selama 2-3 tahun pertama bunga yang harus Anda bayarkan adalah 8%.

Lalu, kedua adalah bunga floating atau mengambang, ini adalah jenis bunga yang disesuaikan dengan pasar suku bunga. Jika ekonomi sedang bagus, maka bunga tidak akan terlalu besar, tetapi jika sebaliknya, bunga KPR bisa cukup tinggi.

Nah, walaupun bank Anda menggunakan sistem bunga KPR floating, harga akhir yang ditawarkan masih jauh lebih rendah jika Anda memutuskan untuk membeli rumah 3-4 tahun kemudian. Jadi, bisa dikatakan bahwa KPR ini sangat menyelamatkan Anda dari kenaikan harga properti yang cukup tinggi setiap tahunnya.

4. Investasi Dalam Bentuk Property

Anda bisa menggunakan KPR sebagai investasi jangka panjang. Manfaat terakhir dari Anda yang mengajukan KPR adalah Anda bisa menggunakan KPR sebagai investasi jangka panjang. Misalnya, Anda mengajukan KPR dengan waktu cicilan 15 tahun.

Katakanlah Anda membeli rumah dengan harga Rp400 juta dan akan lunas tahun 2025. Nantinya, harga rumah Anda yang sudah dilunasi tersebut akan naik hingga 50% bahkan sampai 100%. Jadi, ini bisa menjadi investasi jangka panjang karena Anda akan mendapatkan keuntungan sampai 100% dari harga rumah yang Anda beli di awal.

 Semoga Bemanfaat.

Related Posts