-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Apa Itu Endorse? Arti dan Fungsi Endorse, Endorser dan Selebgram

Endorse Artinya Apa? Definisi Endorse, Endorser dan Selebgram

Endorse adalah strategi marketing dengan memanfaatkan seorang artis, entertainer, atlet atau publik figure yang dianggap cukup terkenal atau populer dibidang yang mereka tekuni. Menurut Soesatyo dan Rumambi (2013) menyatakan bahwa pengertian endorsement adalah salah satu bentuk promosi dari sebuah pemilik usaha yang bekerja sama dengan individu terkenal ditunjukkan melalui banyak pengikutnya.

endorser adalah
Endorser Selebgram - Pixels

Ilustrasi yang paling mudah misalnya, dalam pembuatan sebuah iklan diketahui sering diperlukan seseorang yang dapat menarik perhatian dan mampu menyampaikan pesan serta informasi sebuah produk yang biasanya dikenal dengan istilah Endorser. 

Jenis – Jenis Endorser 

Endorser adalah sebutan bagi mereka yang memiliki profesi atau ditunjuk oleh sebuah merek atau produk sebagai bagian dari promosi suatu produk. Penggunaan endorser dalam iklan dimaksudkan untuk memberikan dukungan atau dorongan kepada pesan iklan agar lebih mudah diterima oleh konsumen, sekaligus mempermudah tumbuhnya keyakinan dalam diri konsumen atas produk yang diiklankan. 

Menurut Shimp (2003:459) Endorser dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu: 

(a) Celebrity Endorser : Celebrity Endorser adalah tokoh (aktor, penghibur, atau atlet) yang dikenal masyarakat karena prestasinya di dalam bidang-bidang yang berbeda dari golongan produk yang didukung. 

Celebrity endorsement sendiri menunjukkan atribut dan kualitas produk, sehingga meningkatkan penerimaan dari konsumen. Karena kepercayaan konsumen terhadap celebrity endorsement, konsumen cenderung mentransfer persepsi celebrity endorse terhadap merek. Menggunakan selebriti dapat membantu perusahaan untuk membuat iklan yang unik dan menimbulkan efek positif pada sikap dan keinginan penjualan terhadap merek

(b) Typical-person Endorser : Typical-person Endorser adalah orang-orang biasa (non selebriti), yang digunakan dalam mempromosikan suatu produk atau jasa tertentu oleh suatu perusahaan.

Pemilihan jenis endorser ini biasanya digunakan sebagai bentuk promosi testimonial untuk meraih kepercayaan konsumen. Contohnya yang paling umum adalah dalam iklan layanan masyarakat yang cenderung menggunakan endorser tipe ini agar pesan yang disampaikan mudah dipahami dan dimengerti audiens karena  iharapkan audiens merasa bahwa presenter pesan tersebut merupakan salah satu dari mereka.

Apa Itu Selebgram Indorsement?

Selebgram adalah orang yang dianggap memiliki banyak (relatif) pengikut di sosial media Instagram. Selebgram dengan jumlah pengikut yang banyak di sosial media Instagram nya akan menunjukkan seberapa banyak orang yang mengenalnya.

Banyak bisnis atau produk yang akhirnya menjadikan selebgram sebagai endorser mereka. Pemilik bisnis sadar bahwa selebgram kecenderungan sudah memiliki followers dimana mereka akan  mengikuti aktivitas sehari dari selebgram tersebut. Bentuk perhatian yang diberikan pengguna Instagram terhadap selebgram yang di ikutinya adalah dengan memberikan like, comment di konten unggahan selebgram tersebut.

Kemunculan selebgram disebut sebagai seorang role model bagi pengikutnya. Role model ini dikatakan sebagai individu yang dijadikan idola atau panutan bagi orang lain. Semakin banyaknya jumlah pengikut akan semakin besar potensi produk yang di-endorse menjadi lebih populer. Endorsement yang ada, secara tidak langsungakan mempengaruhi followers di Instagram tersebut dan dapat membentuk kesadaran merek (brand awareness). 

Fungsi dan Pentingnya Endorsement Instagram 

Sebanyak 49,52 persen pengguna  internet berasal dari usia 19 hingga 34  tahun (Setiawan, 2018) dan kelompok ini  menghabiskan waktu dan menciptakan  profesi baru seperti selebgram (selebriti  Instagram) dan youtuber (orang yang  membuat konten di youtube) serta  membuka onlineshop melalui facebook,  instagram, twitter dan lainnya. 

Media sosial dimanfaatkan untuk banyak hal seperti menciptakan usaha kreatif, memperluas jaringan usaha yang tidak terjangkau dengan media konvensional serta mempromosikan produk secara cepat dan mudah untuk mendapatkan perhatian masyarakat mengingat tingginya intensitas digunakannya jejaring sosial hampir di seluruh dunia. Kondisi saat ini menunjukkan media sosial populer dikalangan anak muda dan dimanfaatkan dalam perkembangan ekonomi reatif era digital. 

Salah satu aktifitas pemasaran bisnis secara digital yang banyak digunakan adalah ndorsement Instagram. Instagram merupakan aplikasi untuk membagikan foto dan video serta suatu bentuk layanan jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya melakukan banyak hal seperti berbisnis dengan bantuan hastag yang ada dan dapat dilihat secara umum. 

Jumlah Pengikut (followers) di instagram biasanya memiliki indikasi kepopuleran sebuah account Instagram tersebut. Orang bebas membuat konten apa saja yang mereka suka. Fenomena baru yang terjadi, tidak hanya artis yang memiliki jumlah pengikut yang fantastis, orang yang memiliki jumlah pengikut yang banyak karena konten kreatif, juga memiliki peluang besar untuk dapat menghasilkan uang melalui Instagram yang biasa disebut dengan selebgram (selebriti Instagram). Salah satu yang dilakukan oleh selebgram adalah menjadi objek endorsement. 

Endorsement media sosial yang sedang marak saat ini adalah bentuk kerjasama antara kedua pihak yang saling menguntungkan. Biasanya terjadi antara online shop dengan artis atau selebgram karena memiliki banyak penggemar dan pengikut yang bermanfaat untuk meningkatkan penjualan bagi online shop maupun produk serta jasa tertentu

Dimensi Pengukuran Celebrity Endorsement atau Endorser

Celebrity Endorsement adalah advertising yang cukup umum untuk melakukan promosi melalui aso-siasi eksplisit dengan menggunakan selebriti, produk kosmetik, produk jam tangan, alcohol, mobil, apotek, program penurun berat badan, dan jasa keuangan dengan tujuan meningkatkan Brand Awareness.

Celebrity Endorsement pada awalnya didefinisi-kan Freiden,(1984) bahwa selebriti yang berkoneksi langsung pada produk yang diiklankan. Menurut McCracken, (1989, p. 310) Celebrity Endorsement merupakan seseorang yang mendapat public recog-nition dan menggunakan kepopulerannya untuk mempengaruhi konsumen dengan iklan tersebut. 

Kotler et al, (2007) menuliskan bahwa Celebrity Endorsement adalah salah satu communication chan-nels yang digunakan oleh selebriti dengan meng-ekspresikan perkataan mereka untuk melakukan pro-mosi merek berdasarkan kepopularitasan dan personality mereka. 

Dimensi Celebrity Endorseement dalam pene-litian mengacu pada penelitian yang dilakukan oleh Rini & Astuti (2012) yang mengadopsi teori (Percy & Rossiter, 1987) yaitu diukur dari karakteristik endor-ser dalam komunikasi yakni VisCAP model (visibi-lity, credibility, attraction, power). 

1. Visibility 

Endorser adalah seorang yang memiliki karakter yang memadai untuk diperhatikan oleh audience. Pada umumnya dipilih endorser yang telah dike-nal dan berpengaruh luas dikalangan masyarakat, sehingga perhatian masyarakat bisa teralihkan ke merek yang diiklankan. 

2. Credibility 

Kredibilitas adalah seperangkat persepsi tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki sumber sehing-ga diterima atau diikuti oleh khalayak.Kredibilitas yang dimiliki seorang endorser sangat berperan besar.Karakter diri yang dimilikinya dapat me-nentukan tinggi rendahnya kredibilitas yang di-miliki. Dua faktor yang berperan dalam menentu-kan kredibilitas endorser antara lain:

  • Keahlian (expertise) Karakter keahlian dapat menunjukan seberapa luas pengetahuan yang dimiliki endorser. Seorang yang memiliki nilai yang tinggi pada faktor ini akan cerdas, mampu, ahli, tahu banyak, berpengalaman atau terlatih. Menurut Rakhmat (2005) ke-ahlian adalah kesan yang dibentuk komunikan tentang kemampuan komunikator dalam hubungannya dengan topik yang dibicarakan.
  • Kepercayaan (trustworthiness) Karakter ini memperhatikan bagaimana endorser dipan-dang dengan pertimbangan seberapa jujur dalam membawakan sebuah iklan.

3. Attraction. 

Terdapat dua karakteristik yang di-miliki oleh attraction yakni kepesonaan (likability) dan kesamaan (similiarity).

  • Kepesonaan (likability) Karakter ini akan me-lihat dari sisi penampilan fisik dan kepribadian. Melalui daya tarik endorser diharapkan bisa memberikan pengaruh yang positif kepada merek yang dibawakannya.
  • Kesamaan (similiarity) Kesamaan gambaran emosional dalam iklan dapat sangat membantu dalam mengefektifkan tujuan dalam beriklan. Alasan mengapa kesamaan menjadi salah satu penentu keefektifan komunikasi adalah:
  1. Kesamaan mempermudah penyandian ba-lik (decoding) yakni menerjemahkan lam-bang sehingga tanda menjadi gagasan.
  2. Kesamaan dapat membantu membangun premis yang sama.
  3. Kesamaan dapat membuat khalayak ter-tarik kepada komunikator. Kesamaan dapat menumbuhkan rasa hormat dan percaya kepada komunikator.

4. Power 

Karakter ini biasanya diikuti oleh besarnya peng-aruh yang dimiliki oleh seorang komunikator. Tingginya pangkat atau besarnya nama yang di-miliki komunikator sangat menunjang pada karak-ter ini.

 

Referensi :

  1. Durianto, Darmanto. (2003). Invasi pasar iklan yang efektif.Jakarta : Gramedia.
  2. Kompas.(2011, Oktober 19). Majukan Local brand Indonesia. Tersedia :http://forum.kompas.com [17 juni 2013]
  3. Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing manajemen 14 th edition.New Jersey: Pearson Education, Inc.


Related Posts