taupasar.com

we read, we create and we share it.

Cara Upgrade Kartu Tri 3G ke 4G Terbaru

Cara Upgrade Kartu Tri 3G ke 4G Terbaru | Seiring perkembangan teknologi terutama di bidang telekomunikasi, penyedia jasa telekomunikasi atau provider seluler berlomba-lomba untuk menarik peminatnya dengan berbagai cara yaitu dengan promo-promo hemat. Namun ada yang lebih penting dari itu yaitu menyediakan jaringan yang mudah digunakan di pelosok-pelosok.

Tahap persiapan upgrade ke 4g kartu 3

Saat ini penyedia jaringan meningkatkan pelayanannya dengan adanya jaringan 4G yang tentunya jauh lebih baik dari jaringan 3G. Tidak hanya itu, provider-provider seluler pun mulai memberikan tarif lebih murah bagi pengguna jaringan 4G. Salah satunya yaitu provider 3 (dibaca Tri) yaitu salah satu provider jaringan telekomunikasi yang pada dasarnya sudah mendunia. Tri ini asalnya digunakan di beberapa jaringan yang ada di Eropa, Australia hingga Asia.

Meskipun Tri di Indonesia belum bisa menandingi provider-provider seniornya. Namun Tri telah memiliki pangsa pasarnya sendiri di Indonesia. Saat ini Tri menyediakan layanan 4G dengan tarif lebih hemat dan kecepatan yang tentunya sangat  jauh dibandingkan jaringan 3G. Namun banyak pengguna lama Tri yang belum mengetahui cara agar kartu Tri 3G nya bisa menjadi kartu 4G tanpa harus mengganti sim card nya.

Oleh karena itu kali ini saya akan memberikan cara upgrade kartu tri 3g ke 4g. Berikut ini step by step yang harus kalian lakukan agar kartu Tri 3G kalian menjadi kartu 4G.

Cara Cek Kartu 3 Sudah 4G atau Belum

Sebelum melakukan upgrade ada baiknya kamu cek terlebih dahulu apakah kartu yang kamu gunakan sudah 4G apa belum. Kamu bingung bagaimana cara cek kartu 3 yang kamu gunakan sudah 4G atau belum? Jika iya silahkan ikuti cara berikut ini.

  1. Silahkan buka smartphone kesayangan kamu
  2. Kemudian buka pengaturan atau Setting
  3. Untuk cek kartu 3 sudah 4G apa belum silahkan buka Jaringan Seluler
  4. Jika kamu hp kamu 2 SIM silahkan buka SIM yang digunakan untuk internet
  5. Nah disitu akan tertera nama jaringan mulai  2G, 3G, hinggan 4G LTE
  6. Jika belum ada 4G LTE silahkan untuk melakukan upgrade kartu.
  7. Selesai

Baca Juga : Cara Setting APN Indosat
 

Tahap Persiapan Upgrade ke 4G kartu 3

Setelah melakukan pengecekan apakah kartu 3 yang kamu gunakan sudah 4G atau belum, jika belum silahkan melakukan upgrade kartu 3. Dalam melakukan upgrade kartu 3 kamu harus mempersiapkan beberapa hal. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu siapkan.

  1. Siapkan kartu USIM 4G 3 terbaru, kamu bisa mendapatkannya di outlet outlet resmi
  2. Pastikan kamu dalam jangkauan jaringan 4G
  3. Pastikan Smartphone sudah 4G
  4. Siapkan kartu 3 yang lama
  5. Silahkan backup data yang ada di kartu SIM lama
  6. Siapkan identitas KTP jika ingin datang ke 3store
  7. Dan tentunya siapkan Hp nya.

Cara Upgrade Kartu Tri ke 4G

Dalam melakukan upgrade kartu tri ada dua cara yang pertama melakukan upgrade sendiri dan yang kedua dengan datang ke 3store. Langsung saja kamu simak kedua cara tersebut.

Cara Upgrade Kartu Tri 3G ke 4G Sendiri

Cara yang pertama adalah dengan melakukan upgrade sendiri. Seperti yang saya jelaskan diatas, kamu harus menyiapkan apa saja yang diperlukan dalam upgrade kartu 3 sendiri. Perlu diingat jika kamu melakukan upgrade sendiri kamu harus benar benar fokus dan teliti supaya tidak salah dalam melakukan upgrade. Langsung saja simak caranya berikut ini.

  1. Silahkan buka Hp yang masih menggunakan kartu 3 lama kamu (3G)
  2. Silahkan kirim SMS ke 123 dengan format : SIM spasi Nomor ICCID (20 digit)
  3. Untuk mendapatkan nomor ICCID silahkan perhatikan pada kartu 3 yang baru disana ada kode barkot dan dibawahnya ada nomor, itulah yang dinamakan nomor ICCID
  4. Berikut contoh format SMS nya: SIM 12345678912345678913 kemudian kirim ke 123
  5. Setelah melakukan SMS dengan nomor ICCID kartu 3 baru kamu akan mendapatkan balasan dari nomor 765 yang isinya menanyakan apakah kamu benar ingin melakukan upgrade kartu 3 dan pada SMS balasan itu ada Kode Verifikasi silahkan dicatat kode tersebut (Jangan sampai salah menulis kode baik huruf besar kecil dan angka)
  6. Setelah kode dicatat silahkan balas SMS tersebut OK
  7. Kemudian kamu akan mendapatkan balasan SMS lagi yang intinya nomor 3 lama kamu akan dinonaktifkan dan kamu akan disuruh memasukkan nomor 4G yang baru
  8. Silahkan matikan hp kemudian ganti kartu 4G yang baru ke slot SIM yang sama
  9. Setelah itu kamu akan mendapatkan SMS dari 765 yang intinya kamu disuruh melakukan verifikasi dengan kode yang sudah diberikan pada tahap kelima dan juga ada format SMS nya.
  10. Silahkan balas SMS tersebut dengan format : CODE spasi Kode Rahasia/ Kode Verifikasi
  11. Contohnya formatnya: CODE MNFY4UR1 jangan salah ya balasnya ke 765
  12. Setelah itu kamu akan mendapatkan SMS balasan yang intinya kamu berhasil melakukan Upgrade kartu 3G ke 4G.
  13. Selesai 

Upgrade Kartu 3 Datang ke 3Store

Cara yang kedua adalah dengan datang langsung ke 3Store terdekat. Cara ini cukup mudah dilakukan, kamu tidak perlu bingung bingung lagi, cukup datang ke 3Store kemudian langsung ke CS, kamu bilang saja ingin melakukan upgrade kartu 3 dari 3G ke 4G. Setelah itu CS akan melakukan cross cek apakah benar nomor 3 tersebut teregistrasi atas nama kamu sesuai KTP atau bukan. Jika benar maka CS akan memproses upgrade kartu 3 dari 3G ke 4G.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai dunia teknologi bisa ke idpintar.com. disana kamu akan mendapatkan berbagai informasi mengenai dunia hp, provaider, tutorial dan komputer.

Bagaimana mudah bukan? Ya iyalah mudah. Perlu diingat dalam melakukan cara upgrade kartu tri 3g ke 4g dengan cara mandiri harus benar benar berhati hari dan tentunya harus fokus dan teliti. Jika kalian gagal dalam melakukan cara upgrade kartu dengan cara ini saya tidak bertanggung jawab karena mungkin kamu melakukan kesalahan yang mengakibatkan gagal dalam melakukan upgrade.


Penulis : Muhammad Nurhidayat

Editor : Sigit Utomo

Related Posts