-->

Solikhah

CEO Taupasar.

Tempat Jual Beli Barang Second atau Bekas Lewat Situs Online

Barang second atau bekas bukanlah sesuatu yang tanpa nilai jual. Bahkan oleh beberapa orang katagori barang bekas ini dijadikan komoditas yang memiliki target pasaran yang spesifik. Jadi jika kita memiliki barang bekas atau sedang mencari barang bekas maka sebenarnya barang - barang tersebut sudah memiliki market tersendiri.

jual beli barang second
jual beli produk bekas atau second - pixels
 

Dimana kita bisa menemukan pasar jual beli barang bekas atau second? Di zaman sekarang segala sesuatu sangat mungkin dilakukan secara online, termasuk dalam urusan jual beli barang bekas. Nah, bagi kamu yang sering belanja dan mengoleksi berbagai macam barang hingga membuat barang barang lama terlantar jangan dulu membuangnya. 

Daripada dibuang, ada baiknya apabila kamu merubah barang tersebut menjadi uang. Barang-barang tersebut dapat berupa barang elektronik, buku, perlengkapan rumah tangga, baju, dan berbagai perlengkapan lainnya yang masih berkualitas. Namun sebelumnya, tempat jual beli yang kamu mau "pakai" memiliki kredibilitas yang jelas. Hal yang palig sederhana adalah dengan melihat review atau komennya.

Untuk mejual sendiri sebenarnya caranya cukup gampang, kamu hanya tinggal membuat akun di beberapa media social atau situs online dan mengunggah foto-foto barang bekasmu serta memasang iklan untuk menarik para pengguna situs. Kamu dapat memilih situs atau media social untuk memasarkan barang-barang yang ingin kamu jual tersebut. beberapa situs dan media social yang dapat kamu pilih diantaranya yakni:

 

1. Media Social Instagram

Instagram saat ini merupakan social media yang memiliki begitu banyak pengguna. Bahkan tidak melihat umur mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. pengguna instagram sendiri telah mencapai lebih dari satu milyar. Jadi, media social yang satu ini sangat cocok untuk digunakan sebagai perantara dalam menjual barang bekas yang kamu miliki. Kamu dapat membuat akun khusus untuk berjualan.

Cara paling sederhana saat mencari akun jual beli barang second di IG adalah dengan menggunakan #jualbelisecond. Atau jika mau lebih spesifik maka bisa menggunakan misalnya #jualgitarsecond, #jualbelimotorbekas dan sebagainya. Dari sana jika bisa menemukan banyak sekali akun yang memnag fokus menjual dan membeli produk second.

 

2. Facebook

Media social yang satu ini juga telah banyak memiliki pengguna, bahkan lebih dulu daripada instagram. Kamu dapat menjual barang-barang bekasmu di sini dengan mencantumkan deskripsi dan harga yang terjangkau.

Fitur marketplace pada facebook sebenarnya sudah cukup baik untuk membantu kita menawarkan atau mencari produk second yang kita inginkan. Mulai dari foto, harga, spesifikasi bahkan area. Artinya saat menawarkan atau mencari kita sudah dibantu oleh FB, tergantung kita memakainya. 

Khusus barang second ada juga spesifikasi pilihan pada menu "kondisi", tinggal pilih saja "second". Namun jangan lupa pastikan meskipun second harus kita berikan informasi detail, bahkan jika ada cacat atau kondisi yang kurang sesuai.

 

3. Kaskus

Situs lain yang memiliki pengguna dengan berbagai umur, dari muda hinggga tua adalah Kaskus. Awalnya situs ini hanya untuk forum diskusi saja, akan tetapi akhir-akhir ini digunakan sebagai akun jual beli juga. Forum yang dikenal dengan sebutan pengguna gan untuk pria dan ganwati untuk wanita ini lebih diminati karena menawarkan fitur yang mudah untuk berbincang. 

Kekuatan Kaskus adalah pada forum dan komunitasnya. Artinya saat mencari atau menawarkan produk pastikan kita paham kemana produk ini akan ditawarkan. Jika bertemu dengan komonitas atau forum diskusi yang tepat, menjual di Kaskus adalah satu alternatif yang sangat baik.

 

4. Carousell

Carousell merupakan situs Jual Beli Barang Bekas Online yang dimiliki oleh Negara tetangga, yakni Singapura. Namun, sudah cukup dikenal oleh kalangan masyarakat Indonesia. Kamu dapat memanfaatkan situs tersebut untuk menjual barang bekas agar dapat menarik para pengguna situs luar Indonesia. Aplikasi ini bahkan dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup mudah untuk digunakan dengan proses pembayaran yang aman serta terjamin. 

Akan tetapi, perlu kamu tahu bahwa situs ini hadir untuk penjualan dan pembelian secara online khusus untuk baju dan make up wanita. Jadi, bagi kamu para wanita yang ingin menjual barang-barang branded mudah tapi masih layak pakai, situs ini dapat dijadikan pilihan. Menariknya lagi staff operasional Carousell akan stand bay selama 24 jam untuk melayani dan memberikan kepuasan semua kebutuhan para pengguna secara online.

 

5. eBay

eBay menjadi salah satu situs jual beli online untuk barang bekas yang cukup populer dan mendunia. Di situs ini kamu dapat mencari berbagai macam barang preloved yang masih berkualitas. Akan tetapi, produk tersebut hanya dijual di luar negeri saja. Untuk para pembeli eBay, sering kali dimanjakan dengan adanya bermacam diskon dan kupon potongan harga untuk menarik minat semua masyarakat dari seluruh penjuru dunia.

  

6. Jualo

Situs jual beli barang bekas lainnya yang dapat kamu kunjungi adalah Jualo. Melalui situs ini kamu dapat tawar menawar (bernegosiasi) harga dengan si calon pembeli. Mengenai sistem pembayaran kamu tidak perlu khawatir, karena di dukung oleh sistem pembayaran yang mudah dan terjamin aman. Selain itu terdapat hal menarik lainnya yakni Jualo mempunyai fitur GEO Search untuk barter barang dengan sesame pengguna.

 

7. Prelo

Ketika pertama kali diluncurkan, situs Prelo adalah situs jual beli barang yang dikhususkan untuk pelanggan wanita saja. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu ditahun berikutnya situs ini berkembang menjadi marketplace yang melayani kebutuhan wanita serta pria. Bahkan situss ini juga digunakan untuk jual beli barang preloved. 

Disini kamu bisa menawarkan berbagai macam barang seperti barang elektronik, gadget, sepatu, baju, make up, furniture hingga alat-alat dapur. Situs ini dilengkapi dengan fitur jastip (jasa titip) yang merupakan fitur yang memperbolehkann kita menitip atau merequest barang yang belum tersedia pada akun penjual hingga fitur persewaan barang lainnya. 


Dari beberapa situs Jual Beli Barang Bekas Online tersebut diatas, kamu dapat memanfaatkan salah satu situs atau media social sebagai perantara dalam menjual barang-barang bekas yang masih berkualitas. Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan membuangnya. Jadi, manakah yang menarik perhatianmu untuk menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai namun tetap berkualitas? Semoga ulasan tersebut bermanfaat dan dapat memberikan informasi bagi kamu semua. 


Penulis : Irma

Editor : Sigit Ardho

Related Posts