Solikhah

CEO Taupasar.

Mengukur Kepuasan Pelanggan Lewat Facebook Ads Customer Review

Pentingnya Kepuasan Pelanggan Dalam Iklan Facebook

Kepuasan pelanggan adalah salah satu indikator paling valid untuk menilai kinerja penjualan produk atau jasa kita. Sederhananya, jika kita bisa memperoleh nilai tinggi dalam segi kepuasan pelanggan maka secara linier hal itu akan membuat kita semakin besar medapat kepercayaan dari pelanggan.

kepuasan pelanggan facebook
Facebook Ads Review - Pixels


Salah satu platform sosial media yang sering digunakan untuk jual beli produk adalah Facebook. Bisa kita lihat berapa banyak orang berjualan baik dari postingan pribadi, postingan group, jualan di market place hinggan Facebook Ads. Dengan besarnya jumlah seller yang di FB maka sudah sangat perlu dimunculkan penilaian yang objektif dari sudut pandang kepuasan pelanggan.

Dengan jumlah pengguna yang mencapai angka milyaran orang, maka sudah pasti para penjual juga siap melakukan iklan untuk mendapatkan target audience yang cocok dengan market mereka. Sayangnya tidak semua iklan yang ada di Facebook membuat penggunanya nyaman. Bahkan banyak yang mengeluhkan beranda mereka saat ini lebih banyak iklan ketimbang postingan yang ingin mereka lihat.


Oleh sebab itu untuk mendukung ekosistem periklanan yang baik serta meningkatkan pengalaman audience saat berbelanja dari Facebook, maka Facebook melakukan penilaian kepuasan konsumen atas pembelian mereka dari advertiser Facebook. Hal ini menjadi dasar bagi Facebook dalam menilai kualitas suatu Fanpage dalam menjalankan bisnis.


Penilaian Fanpage Facebook

Penilaian Fanpage oleh Facebook dijalankan sangat objektif dimana Facebook merekap semua feedback yang diberikan oleh pembeli kita (dari iklan Facebook) dan menjadikan nya sebagai skor dari rentang 0-5.

Beberapa minggu setelah melakukan pembelian, Facebook akan mengirimkan notifikasi untuk pembeli memberikan penilaian kepada pihak penjual (dalam hal ini Fanpage).

Facebook akan menanyakan apakah mereka puas atau tidak puas dengan pembelian mereka. Kemudian pembeli juga akan memilih bagian apa yang mereka puas atau tidak puas dari hal-hal ini :
  • keberhasilan pengiriman produk
  • kecepatan pengiriman
  • kualitas produk
  • layanan konsumen (customer service)
  • hal lain nya
Penilaian-penilaian ini nantinya berguna bagi Facebook untuk memberikan data bagi para advertiser bagian apa yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.


Punishment Iklan Facebook

Selain menyorot soal tujuan utamanya, konsep penilaian ini juga berfungsi bagi Facebook untuk memberikan punishment bagi para advertiser-advertiser yang gagal memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Hal ini semacam “warning” bagi para pengiklan bahwa mereka sudah tidak bisa lagi menyepelekan review atau penilaian dari target audience mereka.

Berikut punishment yang diberikan Facebook jika skor Fanpage di bawah standar :
  • Score 1.5-2 : Delivery iklan akan dikurangi yang menyebabkan CPM menjadi mahal.
  • Score 0.5-1.5 : Fanpage mu akan dilarang beriklan selama 45 hari.
  • Score di bawah 0.5 : Fanpage mu akan dilarang beriklan selamanya

Tips Menghindari Punishement Iklan di Facebook

Untuk menghindari punsihment Facebook maka ada bebera tips yang bisa membatu menghindari adanya punishmenent iklan di Facebook :
  1. Perhatikan kualitas dan tampilan produk. Jangan sampai produk yang diterima konsumen berbeda jauh dengan tampilan dan kualitas produk di konten iklan
  2. Customer Service kita harus cepat tanggap untuk semua pertanyaan, komentar dan keluhan baik di kolom komentar, message inbox atau DM dan juga email support
  3. Pastikan durasi pengiriman produk disampaikan dengan jelas kepada pelanggan agar tidak ada keluhan produk lama sampai nya
Memang tidak semua fanpage mendapat penilaian seperti ini, karena Facebook fair dalam hal ini hanya menanyakan kepada pembeli. Maka biasanya Fanpage yang mendapatkan penilaian ini adalah Fanpage yang memiliki online store dan menjual produk fisik dan juga sudah banyak pembelian nya.

Mungkin kalau dilihat secara kasar, kita sebagai advertiser tidak diuntungkan di sini, tapi kita juga harus sadar bahwa Facebook ingin menjaga ekosistem iklan dan juga kenyamanan audience dalam berbelanja di FB. Jangan sampai para advertiser-advertiser yang bagus terkena imbas oleh advertiser-advertiser yang tidak berkualitas. Jadinya nanti audience pada gak percaya lagi beli barang dari iklan Facebook.

Juga tentunya data-data penilaian konsumen ini bisa kita gunakan sebagai advertiser untuk memperbaiki hal-hal yang dianggap lemah oleh konsumen. Jadi, selalu berpikir positive bahwa penilaian kepuasan pelanggan ini adalah langkah penting dalam menjaga ekosistem bisnis yang baik..

Referensi : IG : @marketis.id
Editor : Sigit Ardho

Related Posts