Solikhah

CEO Taupasar.

Kuota Maksimal Google Search Console Index Per Hari

Google Search Console adalah situs resmi daro Google untuk mempermudah pemilik situs dalam pengindexkan artikel atau website mereka ke search engine Google. Tujuan meng-index tentu saja adalah mempercepat halaman atau URL yang kita buat masuk ke mesin pencari, syukur bisa langsung masuk jajaran atas pencarian.

Namun yang perlu diketahui saat melakukan index di GSC adalah soal kuota maksimal untuk submit URL setiap hari lewat GSC. "Lho, memang ada kuotanya ya?" Pertanyaan ini muncul ketika situs taupasar.com ini sedang meng-index ulang beberapa artikel yang error akibat AMP dan Breadcrum. Kurang lebih gambarnya sebagai berikut:

kuota google search console

Berapa Kuota Per Hari Untuk Submit URL di GSC?

Jika membaca di support google sejauh ini belum ada info berapa pastinya angka kuota maksimalnya. Dalam penjelasannya hanya dikatakan bahwa akan ada pembatasan jumlah URL yang disubmit setiap harinya.

Tujuan pembatasan kuota ini sebenarnya apa? Ilustrasi sederhananya, bisa kita bayangkan berapa situs atau URL yang harus di-index oleh mesin atau robot google setiap hari. Jika tidak dibatasi, maka "antrean" masuk ke mesin pencari ini juga semakin panjang. Imbasnya, kita akan protes mengapa artikel yang mungkin sudah kita anggap sangat SEO tidak masuk - masuk ke mesin pencarian.

Kasus kuota ini pernah kami alami dua kali. Sehingga saat ada kesempatan index yang cukup banyak lagi kami coba hitung dengan cermat berapa kali kami maksimal bisa meng-index. Saat itu perhitungan kami mencapai 25 URL dalam sehari. Apakah angka itu pasti? minimal ini yang kami alami saat itu. Karena setelahnya kami baru bisa meng-index lagi setelah kurang lebih 24 jam.

Masalahnya, saat sudah 1x24 jam kuota itu tidak kunjung kembali. Di hari ke 2 setelah itu kami hitung ulang jumlah URL yang bisa disubmit hanya 7 URL. Artinya angka 25 tadi juga tidak bisa menjadi patokan. Analis "asal-asalann"nya adalah mungkin dari 25 URL yang kita minta antri diindex itu, baru 7 yang sudah benar - benar selesai di-index oleh google.

Sekali lagi, analisa tadi silakan diluruskan jika salah di kolom komentar. Hehe

Solusi Alternatif Jika Kouta GSC Sudah Habis
  1. Paling masuk akal adalah menunggu. Mengapa, karena dari pengalaman kami, semakin kita banyak submit URL, semakin lama artikel kita akan dimuat di google. Biarkan saja dulu antrean URL kita masuk. Bagaimana tahu sudah masuk atau belum, ya ketik saja kata kunci yang kita bidik di mesin pencari google, kalau sudah masuk berarti kemungkinan besar sudah di index.
  2. Coba alternatif submit ke situs lain (yang sering direkomendasikan alah Bing). Terdengar aneh memang, karena yang kita bahas adalah Google Search Console namun malah lari ke Bing yang notabennya punya kompetitor google. Kata konsultan kami minimal itu "nyicil" submit karena tidak jarang URL yang disubmit di Bing muncul di Google.
Apakah kita bisa request penambahan kuota? kami belum menemukan artikel yang membahas soal pembahan kouta ini. Jadi jika ada teman - teman yang punya alternatif lain, silahkan share saja di kolom komentar. Terima kasih.

Penulis : Sigit Ardho


Related Posts