Solikhah

CEO Taupasar.

Konsep Dasar Komunikasi dalam Pemasaran

Komunikasi adalah bagian yang tak terpisahkan dari dunia marketing. Bahkan dalam konsep marketing mix modern, bauran pemasaran 4C menyebutkan bahwa komunikasi adalah bentuk baru dari promosi. Artinya suatu program atau konsep promosi yang baik, seharusnya bisa memiliki fungsi dan tujuan sebagai sarana kumunikasi. Kepada siapa? tentu utamanya adalah ke target pasar mereka.

Komunikasi

Secara konsep, komunikasi sebagai proses menciptakan suatu kesamaan atau kesatuan pemikiran antara pengirim dengan penerima. Dengan kata lain, komunikasi mempunyai peranan penting dalam program marketing.

Pemasar melibatkan diri proses komunikasi dengan memperhatikan setiap aspek dalam model komunikasi untuk memastikan bahwa semua audiens menerima pesan secara konsisten. Mereka akan berusaha menghilangkan gangguan terhadap pengiriman pesan tersebut. Komunikasi dengan konsumen dan relasi bisnis membutuhkan Komunikasi Pemasaran yang kreatif dan menarik.

Proses Komunikasi

Memahami proses komunikasi merupakan dasar untuk dapat mengembangkan fungsi Komunikasi Pemasaran, antara lain mengidentifikasi bagaimana orang menginterpretasikan informasi untuk memenuhi kebutuhan hidupannya.

Fungsi komunikasi adalah pertukaran informasi dan menyampaikan maksud kepada yang lain. Hal ini penting dimana Komunikator harus memahami cara penyampaian pesan dengan mengembangkan strategi komunikasi.

Insight 2 Journalism: MODELS OF COMMUNICATION

  1. Sender atau Source adalah sebagai pemberi pesan
  2. Encode sebuah pesan untuk mencapai tujuan komunikasi dengan bentuk simbolis seperti kata, struktur kalimat, simbol dan unsur nonverbal yang luas pilihannya.
  3. Message/pesan berupa sebagai suatu ekspresi simbolis dari pemikiran pengirim: berupa iklan, presentasi penjualan, rancangan kemasan dll.
  4. Medium/Signal/channel adalah pesan dan sarana untuk menyampaikannya
  5. Decode merupakan penafsiran pesan yang disampaikan oleh penerima pesan
  6. Feedback merupakan memungkinkan sumber pesan memonitor keakuratan pesan yang disampaikan dapat diterima
  7. Noise adalah elemen fisik maupun pikiran di dalam atau di luar proses komunikasi yang dapat mengganggu proses Komunikasi.
  8. Receiver adalah penerima pesan