Solikhah

CEO Taupasar.

7 Tips Menabung Supaya Rumah Idaman Cepat Terwujud

Bagaimana supaya bisa membeli rumah impian kita? Sudah pasti paling masuk akal adalah menabung. Lalu pertanyaannya, apa kita sudah mulai menabung untuk beli rumah? Tentu bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin dilakukan.


Meski mungkin kita memiliki gaji sebatas UMR, jangan khawatir, banyak bukti dengan pendapatan terbatas tetap bisa membeli rumah impian dalam waktu yang relatif lebih cepat. Semua itu tergantung bagaimana mengatur kesehatan keuangan kita. Bagaimana caranya? Simak tips-tips menabung berikut ini agar beli rumah terasa lebih mudah.

1. Siapkan rencana keuangan secara detail

Rumah, Uang, Euro, Koin, Uang Kertas, Kalkulator

Sering kali gaji bulanan yang diterima hanya sekadar mampir di rekening dan habis hanya dalam waktu singkat. Namun, hal ini tidak lagi terjadi ketika kita memiliki rencana keuangan yang jelas. Untuk itu, pastikan kita telah menuliskan rencana keuangan dalam jangka tertentu secara detail agar tetap fokus dan bersungguh-sungguh untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini juga efektif mencegah kita menghamburkan uang untuk sesuatu yang tidak benar-benar dibutuhkan.

2. Miliki lebih dari satu nomor rekening

Penggajian, Gaji, Uang Elektronik

Agar beli rumah cepat terwujud, jangan ragu untuk memiliki dua rekening berbeda. Satu rekening ditujukan untuk menerima gaji dan keperluan sehari-hari, sementara satu lagi rekening khusus untuk menabung. Dengan begitu, uang tabungan tidak terganggu dengan kebutuhan dan keinginan yang bermacam-macam. Jangan lupa, selalu sisihkan uang tabungan sesegera mungkin setelah menerima gaji!

3. Targetkan jumlah tabungan dengan jelas

Koin, Kalkulator, Anggaran, Anggaran Rumah Tangga, Uang

Setelah kita sudah terbiasa menabung secara rutin, sekarang saatnya untuk menentukan target tabungan yang tepat agar bisa beli rumah dengan cepat. Mulai dengan target harian, mingguan, hingga bulanan. Cara ini akan memudahkan kita mengontrol dan mengelola keuangan pribadi. Tenang, kita tak perlu menetapkan target dalam jumlah besar sekaligus. Sedikit-sedikit asal dilakukan secara rutin dan disiplin juga tentu akan membuahkan hasil maksimal.

4. Mencoba mulai belajar berinvestasi

Uang, Rumah, Koin, Investasi, Bisnis, Keuangan, Bank

Siapa bilang kita tidak bisa berinvestasi dengan modal minim? Saat ini tersedia jenis investasi dengan biaya terjangkau apa lagi jika kita masih sambil kuliah, ada pilihan seperti emas, deposito, maupun reksa dana. Ketiga instrumen investasi ini cocok bagi pemula seperti Anda karena minim risiko dan cukup terjangkau. Menabung dalam instrumen investasi dapat dijadikan pertimbangan, terutama jika Anda berencana mengumpulkan sejumlah dana untuk beli rumah.

5. Cobalah Hindari utang

Kartu Kredit, Gunting, Memotong, Keuangan, Utang

Untuk bisa lebih berfokus dalam menabung, pastikan kita terbebas dari urusan piutang termasuk utang transaksi kartu kredit. Tanpa utang, proses menabung jauh lebih mudah dilakukan. Anda pun tak perlu khawatir dan tertekan karena harus melunasi utang dalam kurun waktu tertentu. Selain itu, jika Anda memiliki catatan kredit yang bersih, maka pengajuan KPR lebih mudah disetujui oleh pihak bank.

6. Mulailah terapkan pola hidup hemat

Dewasa, Pertanian, Sepeda, Asia, Keranjang, Indah

Nah, poin terpenting agar kita bisa cepat beli rumah adalah dengan menerapkan pola hidup hemat. Meski terlihat mudah, ternyata tidak semua orang bisa melakukan hal ini. Hidup hemat bisa dimulai dengan hal-hal sederhana, seperti membawa bekal makan dan minum dari rumah. Selain lebih hemat, makanan dan minuman yang dibawa dari rumah juga tentu lebih higienis dan menyehatkan daripada yang dijual di tempat-tempat makan umum, bukan?

7. Bersikap disiplin dan memegang teguh komitmen yang dibuat

Gadis, Wanita, Muda, Cantik, Makeup, Rambut, Cerah

Saat kita yang ingin beli rumah dengan cepat tentu wajib menjaga kedisiplinan dan komitmen yang telah dibuat. Mengingat harga rumah yang terus mengalami peningkatan, maka mulailah menabung sekarang juga. Jangan ragu untuk meminta dukungan dari anggota keluarga yang lain sehingga kita lebih semangat dalam menabung.