taupasar.com

we read, we create and we share it.

Yuk Kenali Apa Itu Money Management Saham? dan Simak Tips Serta Manfaatnya

Yuk Kenali Apa Itu Money Management Saham? dan Simak Tips Serta Manfaatnya

Berinvestasi bisa dilakukan melalui banyak cara, dimulai dari emas hingga trading saham. Bahkan dewasa ini istilah trading saham tentu tidak lagi menjadi hal yang tabuh dan asing untuk kebanyakan orang. Bagaimana mungkin tidak popular, jika kini banyak sekali trader yang melakukan trading saham.
Apa Itu Money Management
Namun, walaupun menjadi salah satu, istilah dan jenis investasi yang sudah sangat popular. Faktanya hanya segelintir orang saja yang sudah benar-benar memahami istilah investasi yang satu ini. Bisa dikatakan semua orang memang bisa mengetahui trading saham, tetapi tidak semua orang mampu memiliki pemahaman yang mendetail tentang itu.

Oleh karena itulah, jika Anda ingin berkecimpung di dunia trading, terlebih menjadikan saham sebagai bahan invetasi. Maka pelajarilah lebih lanjut terkait apa itu trading? Dan miliki pemahaman yang lebih mendalam terkait itu. 

Tidak hanya mengetahui pengertian, cara melakukan atau bermain. Dalam trading saham, terdapat satu istilah penting yang juga tak boleh dilewatkan oleh para trader. Yap itulah money management yang memiliki peranan cukup krusial dalam keberlangsungan proses trading yang dilakukan.

Lalu sebenarnya apa itu money management trading saham? simak terlebih dahulu pengertiannya berikut ini.

Apa Sebenarnya Money Management Saham?

Sederhananya money management ini bisa dikatakan sebagai sebuah metode yang akan digunakan untuk membantu trader dalam melakukan pengelolaan terhadap saham yang dimiliki. Tujuan utamanya sudah tentu agar bisa lebih meningkatkan potensi dari keuntungan itu sendiri, serta tentu saja dengan besar harapan risiko dari kerugian bisa lebih berkurang.

Pada dasarnya money management saham baik untuk investasi maupun juga trading memiliki perbedaan. Oleh karena itulah Anda tidak bisa membuatnya sejajar dan sama untuk kemudian digunakan dalam dua kegiatan berbeda tersebut.

Jika dilihat dari sejumlah aspek yang ada, contohnya saja dari tujuannya, trading saham memiliki tujuan yang digolongkan dalam kriteri waktu jangka pendek, sedangkan investasi sebaliknya. Dengan demikian, dari sisi money management saham nya juga tentu saja berbeda.

Tidak hanya itu, perbedaan lain yang bisa dijadikan acuan adalah perihal strategi dari keduanya. Yang mana untuk investasi saham akan cenderung menggunakan strategi yang pasif, tetapi untuk trading saham biasanya akan lebih menggunakan strategi yang aktif contohnya saja seperti day trading yang sudah tentu akan terus membutuhkan monitoring pasar secara berkala.

Salah satu poin yang paling mudah membedakan money management saham baik untuk trading dan investasi adalah dari segi manajemen keuangannya itu sendiri. Tentu saja dalam investasi saham, fokus penggunaan dari money management itu sendiri adalah untuk bisa mengelola risiko yang ada melalui diversifikasi dari portfolio serta pemantuannya yang dilakukan secara terus menerus.

Sementara itu, di dalam trading saham biasanya fokus money management digunakan untuk bisa membantu trader dalam mengelola setiap risiko yang ada dengan cara melakukan penetapan batasana kerugian dan juga biasanya melakukan penggunaan stop loss, tidak hanya itu juga akan digunakan untuk mengatur ukuran posisi yang ada.

Tips Money Management Saham

Tidak hanya pengertian dan perbedaan mendasar dari kedua hal tersebut saja yang perlu Anda ketahui, informasi lain yang tak boleh terlewatkan adalah perihal tips membuat money management saham untuk Anda gunakan kelak. 

1. Lakukan Penentuan Tujuan dari Investasi Anda

Poin pertama yang cukup krusial adalah perihal penentuan tujuan dari investasi itu sendiri. Dalam hal ini jika Anda sudah mampu menentukannya dengan baik, maka Langkah dan strategi dalam melakukan investasi atau trading saham bisa lebih berjalan lancar. Hal ini juga akan cukup membantu dalam mengelola modal dan risiko selama melakukan investasi saham atau juga trading.

2. Bekali Diri dengan Pemahaman yang Cukup

Tidak kalah penting, membekali diri dengan pemahaman yang cukup terkait instrument investasi yang akan dipilih juga menjadi sangat penting. Dengan memiliki bekal pemahaman tersebut, Anda tidak perlu takut dan khawatir Ketika akan bermain pada instrument saham yang lainnya, hal ini juga akan membuat Anda menjadi lebih mudah lagi Ketika harus berhadapan dengan risiko pasar yang memiliki skala besar.

3. Perhatikan dan Tentukan Diversifikasi Nya

Dalam money management diversifikasi menjadi bagian dari strategi untuk manajemen risiko yang biasanya dilakukan dengan cara membuat modal yang ada menjadi teralokasikan ke sejulah jenis saham yang tentu saja berbeda.

Tetapi, catatan penting sebelum melakukan pengalokasian tersebut, Anda perlu menentukan jumlah dari saham yang dimiliki di portfolio tersebut secara maksimal. Jika sudah, maka kategori saham menjadi bagian yang kemudian harus mampu ditentukan dengan baik. Pada saat proses melakukan diversifikasi tersebut, Anda juga bisa lebih memperhatikan strategi sektoralnya.

4. Hindari Mengambil Keputusan Ketika Emosi Tidak Stabil

Satu hal yang tak kalah penting dari sebelumya adalah perihal mengelola emosi pada saat melakukan investasi atau trading saham. emosi yang labil atau tidak stabil bisa memberikan kerugian bagi Anda Ketika melakukan instrument investasi. 

Terkadang ada saja moment yang membuat siapa saja merasa ingin menjual saham yang nilainya menjadi turun drastis pada saat itu juga. Padahal tentunya, Anda harus lebih bisa mempertimbangkan sejumlah risiko yang ada sebelum mengambil keputusan untuk menjual saham yang turun tersebut.

Setelah mengetahui pengertian dan juga tips dari money management itu sendiri, kini Anda perlu menyimak sejumlah informasi penting yang masih berkaitan dengan money management yakni perihal manfaat yang bisa dirasakan oleh para penggunanya.

Apa Saja Manfaat dari Money Management Saham?

1. Keuntungan yang Didapat Bisa Lebih Optimal

Manfaat pertama yang bisa dirasakan adalah dari segi keuntungan. Mendapatkan keuntungan secara maksimal dan optimal tentu saja menjadi keinginan bagi siapa saja yang melakukan proses investasi saham atau trading. Dengan kemampuan mengelola modal yang sudah baik, maka peluang meningkatkan keuntungan bisa lebih tinggi dan optimal lagi.

2. Mampu Membantu Meningkatkan Kedisiplinan

Tidak hanya memberikan manfaat untuk mengoptimalkan keuntungan, adanya money management juga mampu membantu para investor dan trader untuk bisa lebih disiplin. Dalam hal apa kedisiplinan ini bisa dirasakan? Tentu saja dalam hal perdagangan saham dengan jenis yang telah dipilih dan ditentukan.

3. Mampu Membantu Risiko Menjadi Lebih Minim

Risiko pasti akan selalu ada dalam setiap hal yang diambil dan dijalani, pun begitu juga dalam melakukan perdagangan saham. namun, meminimalisir risiko bisa dilakukan oleh Anda jika telah mampu menetapkan Batasan risiko yang tentunya sesuai dan juga bisa memberikan Batasan terkait jumlah uang yang digunakan untuk berinvetasi.

4. Mampu Membantu Mengelola Emosi Anda

Lebih dari itu, money management juga bisa lebih membantu Anda dalam mengelola emosi pada saat melakukan perdagangan saham tersebut. Degnan demikian, akan banyak sekali kesalahan yang bisa dihindari dengan baik.

Di bawah ini terdapat sejumlah informasi lainnya, simak jangan sampai terlewatkan.

Baca juga:





Demikianlah informasi yang bisa diberikan perihal money management saham, tips dan juga sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh yang menggunakannya. 
Related Posts