taupasar.com

we read, we create and we share it.

Peluang Pariwisata di Indonesia Pada Era Digital

Peluang Pariwisata di Indonesia Pada Era Digital 

Peluang pariwisata di Indonesia adalah dunia industri yang memiliki peranan penting bagi perekonomian di negara Indonesia. Hal ini juga terdapat adanya dukungan dari para pelaku usaha pada dunia pariwisata dalam skala besar ataupun SME.
Peluang Pariwisata
Apalagi pada era digital ini perkembangan bisnis tersebut semakin melejit. Simbiosis mutualisme yang menawarkan berbagai jenis kemudahan baik mancanegara maupun wisata domestik.

Peranan Penting Dunia Industri Pariwisata 

Dunia pariwisata semakin melebar berkat pemerintah Indonesia yang telah mempromosikan destinasi wisata. Destinasi wisata Indonesia yang sangat istimewa, yaitu:
  • Tanjung lesung.
  • Tanjung kelayang. 
  • Danau Toba.
  • Kepulauan seribu.
  • Bromo.
  • Tengger.
  • Borobudur.
  • Labuan bajo. 
  • Morotai.
  • Wakatobi.
Itulah yang menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang berkunjung ke Indonesia. Di tahun 2015 perekonomian Indonesia secara signifikan menaik berkat adanya pariwisata yang diminati oleh sebagian besar wisatawan mancanegara.

Terbukti pada tahun 2017 Indonesia dapat menarik para wisatawan untuk datang. Bahkan hingga 14 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Indonesia. Dengan demikian, maka akan memiliki peluang pariwisata di Indonesia. Apalagi di era digital yang semakin memudahkan para wisatawan untuk memesan mulai dari travel hingga penginapan.

Peran Penting Adanya Digital di Dunia Pariwisata

Dengan adanya media digital maka para wisatawan yang ingin memesan tiket wisata dapat langsung menggunakan smartphone atau mengunjungi website dari Wahana tersebut. Untuk mengetahui apa saja manfaat adanya identitas digital bagi pariwisata yaitu sebagai berikut.

1. Adanya Contactless Travel 

Perjalanan tanpa kontak langsung merupakan manfaat bagi penerapan di dunia pariwisata. Dapat disimpulkan bahwa proses dalam booking hingga untuk check in pemilihan Hotel dapat menggunakan jarak jauh. Bahkan para penyedia jasa pariwisata dunia pun juga telah menerapkannya sebagai contoh adalah Best Western Hotels dan Resorts Australasia. 

2. Penerapan Pemilihan Baru

Untuk memulihkan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Penerapan strategi pada bagian sektor akomodasi sangat diperlukan. Contohnya adalah adanya fasilitas work from hotel. Rumah yang diterapkan di tanah air demi mempertahankan dunia pariwisata secara maksimal. Apalagi bagi mereka yang tengah sibuk pada aktivitas pekerjaan dan tidak dapat melakukan pemesanan secara langsung.

3. Pemesanan yang Sangat Singkat 

Dengan menggunakan digital maka proses dalam pemesanan sebuah tiket ataupun Hotel tidak perlu menunggu lama. Cukup dengan menggunakan smartphone maka para wisatawan tersebut dapat memesan lebih cepat. 

Tentunya sangat aman bahkan kualitas layanannya pun sudah termasuk ke dalam pembayaran. Maaf ini pun banyak dunia pariwisata beralih ke pembayaran digital dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).

Sebuah layanan yang sudah terintegrasi dengan sistem Qris. Bahkan penggunanya pun telah mencapai 8 juta di saat tahun Juli 2021. Dengan demikian, pelayanan ini akan semakin melejit dari tahun ke tahun yang mana menawarkan kemudahan bagi para wisatawan dalam pemesanan serta bertransaksi.

Pada sektor pariwisata seringkali menggunakan aplikasi dalam mempromosikan sebuah Wahana wisata.
Pihak pengelola biasanya akan membuat Wahana wisata tersebut menarik salah satunya menjadi sangat instagramable. Dengan menggunakan strategi dalam promosi ini dapat meningkatkan promosi secara gratis dan melejitkan.

4. Mempermudah dalam Akomodasi

Di bidang pariwisata terdapat akses untuk memudahkan dalam akomodasi. Semua tentunya hal tersebut dapat dilakukan via digital. Kegiatan ini pun akan sangat memudahkan para wisatawan dalam melakukan pemesanan hotel secara langsung Via smartphone.

Dengan adanya faktor pendukung kenyamanan dan keselamatan dalam akomodasi untuk layanan menginap hotel. Terdapat sertifikat CHSE. Agar para wisatawan dapat mengakses berbagai jenis layanan di bidang pariwisata perlu menggunakan identitas digital yang mana memiliki sertifikasi elektronik sebagai contoh privy.

Layanan prive merupakan aktivitas yang menyediakan tanda tangan digital. Hal ini dapat diakses semua orang untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan dengan sangat mudah. Layanan ini merupakan layanan pertama di Indonesia yang sangat membantu para wisatawan dalam melakukan transaksi. 

Mulai dari transaksi keuangan hingga pemesanan hotel dan tempat wisata dengan sangat mudah semua itu hanya membutuhkan perangkat elektronik.

Simak juga informasi menarik lainnya berikut ini.

Baca juga:





Itulah beberapa informasi mengenai peluang pariwisata di Indonesia. Dimana memunculkan sebuah dunia industri pariwisata inovatif dalam pengaplikasian identitas digital.
Related Posts